facebook

Resep Kering Tempe untuk Stok Lauk

Rabu, 09 May 2018 - 14:41:29 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Kering Tempe untuk Stok Lauk

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Kering Tempe untuk Stok Lauk

Bulan puasa tinggal beberapa hari lagi, nih, Berrykitcheners. Sudah stok makanan apa di kosan? Kalau belum, kamu bisa bikin lauk kering dari sekarang. Lauk ini bisa jadi teman makan nasi yang praktis dan enak.

 

Ada beberapa jenis lauk kering yang bisa kamu buat, di antaranya kering kentang, teri kacang, dan kering tempe. Kali ini, Berrykitchen akan membahas cara membuat kering tempe karena tempe tergolong bahan makanan yang mudah didapat, murah, dan bergizi.

 

Kelebihan Tempe Dibanding Kedelai

Kamu tentu tahu kalau tempe berbahan baku kedelai. Namun, ternyata, tempe bisa dibilang memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari kedelai. Mengapa?

 

Komposisi gizi tempe (misalnya protein, lemak, dan karbohidrat) dibanding kedelai tidak banyak berubah. Nah, proses fermentasi kedelai menggunakan kapang lah yang membuat tempe lebih unggul gizi dibanding kedelai. Kapang yang disebut ragi tempe ini mengubah senyawa kompleks dalam kedelai menjadi senyawa sederhana yang lebih mudah dicerna manusia.

 

Karena itu, tempe bisa dikonsumsi bayi sampai lansia. Bahkan, konsumsi tempe dapat mengatasi gizi buruk dan diare. Sebab, dibandingkan kedelai, tempe lebih tinggi kadar padatan dan nitrogen terlarut, asam amino dan asam lemak bebas, nilai cerna, serta nilai efisiensi dan skor proteinnya.

 

Bahkan, tempe disebut-sebut sebagai satu-satunya bahan nabati yang mengandung vitamin B12. Dalam 100 gram tempe kering, terdapat 1,5-6,3 mcg vitamin B12 yang bisa memenuhi kebutuhan harian seseorang. Jadi, meski vitamin ini umumnya terdapat pada produk-produk hewani, kaum vegan atau vegetarian tidak perlu khawatir kekurangan vitamin B12 selama mengonsumsi tempe.

 

Terbukti, kan, kalau yang murah bukan berarti murahan? Tidak perlu gengsi makan tempe, Berrykitcheners, karena kandungan gizinya tidak kalah dengan bahan makanan mahal. Apalagi, tempe yang berasal dari Indonesia kini sudah dikenal bahkan diproduksi di mancanegara. Kita patut bangga!

 

Resep Kering Tempe

Setelah membaca keunggulan tempe dibanding kedelai, ini saatnya kamu mengolah tempe menjadi stok lauk kering yang awet disimpan. Untuk membuat kering tempe yang enak, kamu perlu menggoreng tempe sampai garing. Penggunaan gula merah dan asam Jawapun tak hanya membuat rasa kering tempe lebih enak, tapi juga lebih tahan lama. Yuk, langsung bikin!

 

Bahan:

  • 2 papan tempe, potong korek api, goreng
  • 50 gram kacang tanah, goreng
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 75-100 gram gula merah, sisir
  • 1 sdt air asam Jawa
  • Garam secukupnya
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halus

 

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah cabai merah

 

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum dan matang.
  2. Masukkan lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Aduk.
  3. Masukkan air asam Jawa, gula merah, garam, dan air. Masak sampai mengental dan ‘berambut’.
  4. Masukkan tempe dan kacang. Aduk rata. Matikan api.
  5. Biarkan sampai dingin. Kering tempe siap dinikmati atau disimpan di wadah kedap udara.

 

Kamu bisa menambahkan kentang yang diiris tipis, teri, atau bahkan pangsit yang sudah digoreng sampai renyah agar kering tempe lebih meriah. Tambahkan cabai rawit dalam bumbu halus jika kamu suka pedas. Selamat mencoba!

 

Resep: Dapoer Sarie (via Cookpad.com)

Foto: masakanmu.com

 

Kata Kunci: Resep Kering Tempe untuk Stok Lauk
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup