facebook

Resep Kerak Telor

Selasa, 17 January 2017 - 15:10:55 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Kerak Telor

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Kerak Telor

Hai Berrykitcheners! Sejak dulu telur dikenal sebagai sumber pangan yang kaya akan protein. Selain nikmat, telur pun tergolong sebagai bahan makanan yang mudah didapat di warung maupun swalayan terdekat dengan rumahmu. Salah satu telur yang banyak dikreasikan untuk hidangan ialah telur bebek. Apa saja manfaat telur bebek? Berikut ulasannya.

1. Menjaga mata

 

Telur beberk dikenal mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Mata yang kurang vitamin akan cenderung berwarna keruh. Satu butir telur bebek mengandung vitamin 472 IU. Kandungan tersebut sangat direkomendasikan sebagai asupan tubuh sehari-hari.

 

2. Menangkal radikal bebas

 

Ternyata, vitamin A nggak cuma baik untuk matamu lho, Berrykitcheners! Selain menjaga agar matamu tetap sehat, vitamin A juga berperan dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun, bahkan memperkuat kesehatan tulang dan gigi.

 

3. Membantu metabolisme

 

Wah! Kebetulan banget nih buat kamu yang doyan makan, tapi memiliki pencernaan yang lambat. Selain enak, telur bebek juga mengandung vitamin E. Vitamin E dalam telur bebek  membantu melancarkan pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Terdapat sekitar 0,9 miligram vitamin E dalam satu butir telur bebek. Kandungan tersebut merupakan 3 persen dari kebutuhan vitamin E dalam tubuh. Mengonsumsinya tentu sangat baik bagi tubuhmu.

 

4. Membantu produksi sel darah merah

 

Telur bebek mengandung zat besi yang berfungsi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah sendiri berfungsi membawa oksigen dan mengangkutnya ke seluruh bagian tubuh. Zat besi juga membantu menghasilkan energi dalam tubuh.

 

 

Nggak cuma punya rasanya yang lezat dan berukuran lebih besar dari telur ayam, telur bebek punya kandungan gizi yang tinggi. Tidak heran ya, kalau kamu kerap menjumpai makanan yang dikresiakan dengan telur bebek. Salah satunya kerak telor. Yuk intip resepnya!

 jkjn

Bahan – bahan :

 

  1. 100 gram beras ketan putih
  1. 250 ml air
  2. 100 gram kelapa parut, sangrai untuk penabur
  3. 15 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan
  4. 5 butir telur bebek
  5. 30 gram bawang merah, goreng kering
  6. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus
  7. Bawang merah goreng khusus untuk taburan

 

 

Bumbu yang dihaluskan

 

  1. 4 buah cabai merah keriting
  1. 1/2 sdt merica butiran
  2. 3 cm kencur
  3. 1 cm jahe

 

iojoi

Cara membuat:

  1. Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering.
  4. Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.
  5. Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.
  6. Terakhir, taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

 

ygiyib

Kini kamu nggak perlu nunggu festival kuliner atau ulang tahun Jakarta lagi kan untuk menyantapnya? Tunggu resep – resep selanjutnya ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Resep Kerak Telor
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup