facebook

Resep Keju Mozzarella KW Hemat

Rabu, 04 April 2018 - 10:27:56 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Keju Mozzarella KW Hemat

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Keju Mozzarella KW Hemat

Penggemar pizza tentu tahu keju mozzarella. Keju lunak yang berasal dari Italia ini memiliki ciri khas mulur ketika ditarik. Sensasi inilah yang bikin orang tergila-gila dengan mozzarella!

 

Mozzarella tradisional terbuat dari susu kerbau, namun sekarang banyak dibuat dari susu sapi. Warnanya putih dan dibentuk bulat, terasa empuk ketika dipegang. Karena kandungan airnya tinggi, mozzarella tradisional langsung dikonsumsi setelah dibuat. Agar lebih awet, mozzarella bisa disimpan di air garam, dikemas kedap udara, atau dikurangi tingkat kelembapannya dan disimpan di lemari pendingin.

 

Cara Membuat Mozzarella Tradisional

Secara tradisional, keju mozzarella dibuat dari susu, air, asam sitrat, rennet, dan garam. Pertama, asam sitrat dan rennet masing-masing dilarutkan dengan air di wadah terpisah. Kemudian, susu dipanaskan dan ditambahi larutan asam sitrat tadi. Setelah api dimatikan, barulah larutan rennet dituangkan ke susu dan diaduk rata.

 

Campuran ini lalu didiamkan selama beberapa menit. Susu akan mulai menggumpal. Kamu bisa memotongnya berbentuk kotak-kotak dengan pisau, lalu panaskan lagi dan aduk perlahan sesekali. Gumpalan susu akan semakin terbentuk dan terpisah dengan whey yang berwarna kuning. Angkat dan tiriskan.

 

Kemudian, ambil setengah gumpalan susu dan rendam di whey yang masih panas tadi. Jika gumpalan mulai agak meleleh, ambil gumpalan tersebut dengan tangan. Hati-hati panas! Celupkan tangan di air dingin atau pakai sarung tangan terlebih dulu sebelum mengambil gumpalan.

 

Tarik melebar gumpalan susu tersebut, taburi garam, lalu lipat setengah seperti menutup buku. Ulangi langkah tersebut 2-3 kali sebelum membentuk gumpalan menjadi bulat. Caranya, genggam gumpalan, lalu remas sampai gumpalan keluar melewati lubang yang dibentuk telunjuk dan ibu jari. Tempatkan gumpalan yang sudah menjadi keju tersebut di air dingin, lalu ulangi langkah-langkah tadi untuk setengah bagian gumpalan susu lainnya.

 

Cara Membuat Mozzarella KW

Sebenarnya mozzarella bisa didapatkan di supermarket di kota-kota besar, namun harganya relatif mahal. Kalau kamu sulit mendapatkan keju lembut ini atau mau menikmati mozzarella secara hemat, kamu bisa coba resep keju mozzarella KW ini, Berrykitcheners. Cuma butuh tiga bahan yang mudah didapat, lho!

 

Bahan:

  

  • 300 ml susu cair full cream
  • 180 gram keju cheddar, parut
  • 2 sdm tepung sagu (bisa diganti tapioka atau maizena)

 

Cara membuat:

 

  1. Campur susu dan tepung di wajan antilengket. Aduk sampai larut.
  2. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk.
  3. Masukkan keju sedikit-sedikit sambil terus diaduk.
  4. Setelah 10-15 menit, adonan akan mengental. Matikan api. Biarkan dingin.
  5. Setelah uap panasnya hilang, bungkus keju per porsi sesuai kebutuhan menggunakan cling wrap. Tempatkan keju-keju yang sudah dibungkus di dalam wadah, lalu bekukan di freezer.
  6. Jika akan digunakan, keluarkan seporsi keju, lalu parut dan panggang atau panaskan. Keju akan meleleh dan siap dinikmati.

  

Keju mozzarella KW yang sudah jadi bisa kamu gunakan untuk topping pizza, pasta, dan sajian lainnya. Bagaimanapun juga, karena ini bukan keju mozzarella sebenarnya, teksturnya memang meleleh namun tidak bisa elastis saat ditarik.

 

Sedikit tips saat mempraktikkan resep di atas: bekukan keju terlebih dulu agar teksturnya lebih halus saat diparut dan gunakan sendok plastik untuk menyendokkan adonan ke bungkus atau wadah agar tidak lengket.

 

Kalau kamu suka banget sama keju, Berrykitchen punya Salisbury Steak ala Chef Vindy Lee yang menggunakan keju parmesan sebagai salah satu bahannya. Dijamin gurih dan enak!

 

Sumber resep: Cookpad

 

Kata Kunci: Resep Keju Mozzarella KW Hemat
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup