facebook

Resep Jamu Kunyit Asam

Rabu, 18 April 2018 - 12:09:22 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Jamu Kunyit Asam

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Jamu Kunyit Asam

Sejak dulu, kekayaan alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit. Kita mengenal ramuan kesehatan dari berbagai macam tumbuhan dengan istilah jamu. Salah satu racikan jamu yang paling banyak dikenal adalah kunyit asam.

 

Ternyata, kunyit tidak hanya digunakan dalam masakan seperti nasi kuning dan ayam woku Manado. Asam Jawa juga tidak cuma digunakan sebagai bahan bumbu rujak dan garang asem. Keduanya punya kandungan yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh.

 

Kunyit mengandung zat bernama curcumin dan bahan lainnya yang dapat mengurangi inflamasi (pembengkakan). Bahan aktifnya juga berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri) dan antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam). Sementara itu, bahan aktif di dalam asam Jawa bersifat antiinflamasi, antipiretik, dan menenangkan.

 

Kombinasi kunyit dan asam dalam jamu kunyit asam ternyata baik untuk kesehatan wanita, lho, Berrykitcheners. Mereka yang rajin meminum kunyit asam merasakan manfaat sebagai berikut:

 

Membuat Kulit Lebih Cantik

Kunyit mengandung vitamin C yang berfungsi membuat kulit tampak lebih halus dan cerah. Produksi kolagen dan minyak alami kulit juga terjaga, sehingga kulit selalu terlihat segar dan lembap. Kamu yang bermasalah dengan jerawat bisa mulai rutin mengonsumsi kunyit asam agar jerawat lebih cepat kempis. Selain rajin merawat kulit dari luar, kamu juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam, ya.

 

Mengurangi Bau Badan

Kamu mudah berkeringat? Keringat berlebih berpotensi menimbulkan bau badan tak sedap. Konsumsi kunyit asam secara rutin bisa membantumu mengurangi bau badan. Jadi, kalau biasanya sehabis olahraga bau badanmu tak enak, setelah rajin minum jamu kunyit asam, bau badan tak sedap itu akan hilang, lho!

 

Meredakan Nyeri Haid

Curcumin pada kunyit dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin, yakni hormon yang menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan. Kombinasi bahan aktif dalam asam Jawa juga membantu otak mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim. Tak heran, banyak wanita memuji kehebatan kunyit asam dalam mengatasi keluhan nyeri saat datang bulan.

 

Menurunkan Berat Badan

Sifat antiinflamasi pada curcumin berguna untuk menekan respons peradangan pada sel tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan kondisi metabolik lainnya. Selain menurunkan risiko obesitas, kunyit juga bisa membuat tubuh lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah mengonsumsi jamu kunyit asam.

  

Masih banyak manfaat kunyit asam yang bisa kamu peroleh. Sayang, sekarang penjual jamu sudah sulit ditemui, baik jamu gendong, jamu keliling, maupun toko jamu. Sebenarnya sudah banyak kunyit asam yang diproduksi secara pabrikan dalam bentuk bubuk maupun cair. Tapi, kamu bisa bikin sendiri, kok, agar lebih fresh. Ikuti saja cara mudah membuat jamu kunyit asam berikut ini.

 

Resep Jamu Kunyit Asam

Bahan:

  • 100 gram kunyit, kupas dan cuci sampai bersih
  • 3 sdm daging buah asam Jawa
  • 150 gram gula merah, sisir
  • 1 liter air

Cara membuat:

  1. Parut kunyit dan masukkan ke dalam panci.
  2. Campur semua bahan di dalam panci. Rebus hingga mendidih. Matikan api.
  3. Jika rasanya sudah pas, saring kunyit asam sambil tekan-tekan asam Jawa di saringan dengan sendok.
  4. Kunyit asam bisa dinikmati hangat atau dingin.

 

Berrykitchen punya beberapa tips membuat kunyit asam. Sebaiknya gunakan kunyit tua agar warnanya lebih kuning. Kalau kamu memakai kunyit muda, kamu bisa menambah jumlah kunyit yang digunakan. Selain diparut, kunyit juga bisa diblender sampai halus.

 

Agar rasanya lebih pas, kamu bisa menambahkan sedikit garam saat merebus kunyit asam. Kamu juga bisa mengurangi penggunaan gula merah dan menggantinya sebagian dengan gula pasir jika ingin rasa yang lebih manis. Bahkan, kamu bisa menambahkan temulawak, jahe, daun jeruk, jeruk nipis, sirih, dan sebagainya untuk khasiat yang lebih mantap. Selamat mencoba, Berrykitcheners!

Referensi: https://foodsoldier.com/ 

Kata Kunci: Resep Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan Wanita
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup