facebook

Resep Gingerbread

Rabu, 20 December 2017 - 13:56:29 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Gingerbread

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Gingerbread

Hai Berrykitcheners! Natal sebentar lagi nih. Nggak cuma Natal, kita juga akan memasuki tahun baru. Nggak heran sejumlah karyawan memanfaatkan momen ini untuk menghabiskan cuti tahunan mereka. Kamu salah satunya? Well, it means kamu akan memadatkan pekerjaanmu sebelum cuti dimulai. Di tengah kesibukan dan liburan yang menanti, kamu nggak boleh sakit. Konsumsi jahe ternyata dapat membantu lho. Apa saja manfaat jahe untuk tubuhmu? Berikut ulasannya.

 

1. Pusing

 

Cuti memang jadi hak bagi semua karyawan. Namun untuk mengambilnya, kamu wajib menyelesaikan semua pekerjaan dan mengalihkan tugasmu pada partner kerja pengganti kamu selama cuti. Nggak heran kepalamu bisa terasa ringan, pusing, hingga vertigo. Nggak perlu minum obat terus-terusan. Kamu bisa mengonsumsi jahe untuk meringankan pusing karena jahe dapat merangsang aliran darah ke otak.

 

2. Morning sickness

 

Bagi kamu yang sedang dalam masa kehamilan, tentu akrab dengan rasa mual yang menyerang terutama di awal masa kehamilan. Morning sickness dapat diminimalisir dengan jahe. Bagi yang sudah pernah memanfaatkan jahe untuk mengurangi morning sickness, kamu pasti setuju bila bahan panganan  satu ini memiliki wangi dan rasa hangat yang khas sehingga mampu mengurangi rasa mual. Kendati begitu, kamu wajib mengonsultasikan konsumsi jahe pada dokter terlebih dulu ya.

 

3. Nyeri menstruasi

 

Aktivitas keseharianmu terganggu oleh nyeri menstruasi? Yes, it’s a girl’s problem. Di saat seperti ini, jahe mampu jadi sahabat baik para wanita lho. Pasalnya, sejumlah penelitian menunjukkan, jahe dapat membantu mengurangi rasa nyeri di awal menstruasi. Kamu bisa mengonsumsi estrak jahe 4 kali sehari selama 3 hari di awal menstruasi.

 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

Wedang jahe memang pas diseruput di musim hujan seperti saat ini. Bukan cuma menghangatkan tubuh, ternyata jahe memiliki khasiat lainnya lho. Salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yap. Minuman wedang jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk merasakan manfaatnya yang satu ini, kamu harus mengonsumsi wedang jahe secara teratur.

 

Dengan rasa hangat dan wanginya yang khas, jahe dapat dijadikan bahan baku aneka minuman hingga masakan. Selain menambah sensasi cita rasa hangat dan harum, penambahan jahe bahkan ampuh untuk menghilangkan bau amis dalam aneka masakan. Tidak hanya masakan dan minuman, jahe juga bisa disajikan sebagai bahan baku kue lho. Gingerbread yang identik dengan perayaan Natal. Berikut resepnya.

Bahan-bahan:

  • 300 gr tepung terigu
  • 170 gr margarin
  • 100 gr gula palem
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 3 sdt jahe bubuk (bisa diganti 2 sdt jahe parut segar)
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • 1/2 sdt cengkeh bubuk

Cara membuat:

  1. Panaskan dulu oven suhu 175 derajat Celcius.
  2. Campur tepung terigu dengan kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, jahe bubuk, baking powder dan garam hingga tercampur rata. Saring untuk memisahkan dari yang menggumpal. Jika menggunakan jahe parut, masukkan dan campur setelah tepung disaring.

xsqdq

3. Di wadah terpisah, kocok margarin dengan gula hingga berubah putih dan lembut. Kemudian masukkan telur, kocok hingga tercampur rata. Tambahkan air dan aduk rata.

4. Masukkan tepung terigu dan campur rata hingga jadi adonan kue. 

5. Ambil adonan, gulung dengan roll roti, cetak dengan cetakan sesuai selera atau bisa juga dengan cetakan kue jahe.

ugi

6. Siapkan loyang, alasi dengan kertas kue, letakkan kue jahe pada loyang.

7. Panggang selama kurang lebih 10 menit, keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Baru bisa disimpan di wadah toples.

8. Jika kamu suka menambahkan gula hias warna-warni, kamu bisa memberinya sebelum di-oven.

gvh

 

Merayakan Natal memang belum lengkap tanpa kue-kue kering yang tertata rapi di ruang tamu. Banyaknya variasi kue pun mampu menambah “kelezatan” Natal kali ini. Dari pada bingung memilih Gingerbread lezat, kamu bisa membuat kue asal Inggris ini di rumah sendiri. Have a blessed Christmas!

Sumber: Resep Masakan Nusantara

Kata Kunci: Resep Gingerbread
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup