facebook

Resep Es Lidah Buaya Segar

Kamis, 03 May 2018 - 00:57:45 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Es Lidah Buaya Segar

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Es Lidah Buaya Segar

Kalau melihat tanaman lidah buaya yang berduri kecil-kecil dan tajam, rasanya tidak menyangka, ya, kalau bagian dalamnya enak dikonsumsi. Daging lidah buaya berbentuk seperti gel, sehingga cocok dijadikan dessert atau minuman menyegarkan.

 

Selain bermanfaat untuk kulit dan kecantikan, lidah buaya alias aloe vera juga punya berbagai kebaikan jika dimakan atau diminum. Di dalamnya terkandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk tubuh kita. Apa saja manfaat mengonsumsi lidah buaya untuk kesehatan?

 

Baik untuk Penderita Penyakit Jantung dan Diabetes

Menurut laporan American College of Angiology, lidah buaya memiliki efek potensial terhadap penyakit jantung dan diabetes. Sebanyak 5.000 pasien yang mengidap penyakit jantung atheroma atau diabetes dan mengonsumsi aloe vera dan psyllium (sejenis serat pangan) mengalami penurunan serum trigliserida, lipid, dan kadar kolesterol total yang cukup signifikan.

 

Sementara itu, kadar kolesterol baik mereka meningkat. Kadar gula darah pada penderita diabetes juga membaik sehingga mereka bisa mengurangi penggunaan obat.

 

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi jus lidah buaya setiap hari dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi, asam lambung, dan perut kembung. Aloe vera juga bisa meningkatkan nafsu makan dan menjaga berat badan tetap ideal.

 

Membuang Racun dari dalam Tubuh

Konsumsi lidah buaya di pagi hari tidak hanya dapat mengatasi gangguan pencernaan, tapi juga bisa membuang racun dari dalam tubuh.

 

Mengatasi Gangguan Hati dan Empedu

Di India, aloe vera banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda yang disebut Kumari Asava. Fungsinya di antaranya untuk mengatasi masalah hati, anemia, sakit kuning, serta penyakit yang berhubungan dengan saluran dan kantung empedu.

 

Menyeimbangkan Hormon

Lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah hormon serta gangguan pankreas dan limpa.

 

Terbukti, kan, kalau lidah buaya tak sekadar menyegarkan jika diminum, tapi juga baik untuk kesehatan?

Nah, karena sebentar lagi Ramadan datang, Berrykitchen punya resep minuman lidah buaya yang cocok banget untuk berbuka puasa. Dicampur mentimun, jeruk nipis, selasih, dan daun mint, rasanya jadi makin menyegarkan! Sekarang, simpan dulu resep ini:

 

Resep Es Lidah Buaya Segar

 

Bahan:

  • 1 lembar lidah buaya yang tebal dan besar
  • 1 liter air
  • 1 helai daun pandan
  • 10 sdm gula pasir
  • 1 buah mentimun, serut
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 3 sdm selasih
  • 10 lembar daun mint, remas-remas
  • 1 liter air dingin
  • Es batu secukupnya

 

Cara Membuat:

  1. Kupas lidah buaya lalu potong-potong dadu.
  2. Cuci lidah buaya berkali-kali sampai lendirnya hilang.
  3. Panaskan air, gula, dan pandan sampai mendidih dan gula larut, lalu masukkan lidah buaya. Masak lagi sampai mendidih. Matikan api. Biarkan dingin.
  4. Masukkan lidah buaya ke kulkas. Simpan beberapa jam sampai lidah buaya jadi lebih dingin.
  5. Keluarkan lidah buaya dari kulkas. Campur lidah buaya beserta airnya, mentimun serut, air jeruk nipis, selasih, daun mint, air es batu di wadah besar. Aduk sampai rata dan cicipi.
  6. Tuangkan es lidah buaya segar ke gelas-gelas. Nikmati selagi dingin.

 

Kamu bisa menambahkan satu sendok garam saat mencuci lidah buaya agar lendirnya lebih cepat hilang. Selain itu, kamu juga bisa mengganti jeruk nipis dengan lemon untuk cita rasa asam segar yang berbeda. Bikin, yuk!

Referensi: https://foodsoldier.com/

 

Kata Kunci: Resep Es Lidah Buaya Segar
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup