facebook

Resep Es Kulkul Pisang

Selasa, 09 January 2018 - 17:02:41 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Es Kulkul Pisang

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Es Kulkul Pisang

Hai Berrykitcheners! Seminggu setelah perayaan tahun baru, masih setia dengan resolusi tahun 2018 kamu? Yap. Kamu tentu harus mulai menjalankan rencana yang kamu persiapkan untuk mencapai resolusi kamu. Di tengah usaha yang kamu jalankan, tubuhmu harus selalu sehat dan berstamina. Nggak perlu makan supplement, kamu bisa mengandalkan pisang untuk menutrisi tubuhmu. Apa saja sih manfaat yang kamu peroleh dengan mengonsumsi buah yang satu ini? Berikut ulasannya.

 

1.Mencegah anemia

Kesibukan memang kerap membuatmu merasa lelah dan lemas. Ini juga menandakan kamu terkena anemia lho. Anemia merupakan kondisi turunnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan ini dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah. Kandungan vitamin B6 pisang pun mampu menyeimbangkan glukosa darah yang membantu tubuh anemia.

 

2. Mengenyangkan

Yap. Kamu tentu tahu bahwa pisang merupakan salah satu buah padat yang mengenyangkan. Selain praktis dan mudah dijumpai dimana saja, pisang bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengenyangkan perut kamu. Psst! Aroma pisang ternyata juga dapat menekan nafsu makan dan kelaparan yang datang tiba-tiba. Sebuah penelitian di Chicago mengungkapkan, mencium aroma pisang ketika lapar bisa mengelabui otak kamu, sehingga berpikir kamu sudah benar-benar makan.

 

3. Membantu pencernaan

Selain mengandung potasium, pisang juga mengandung serat yang tinggi. Para penggiat diet tentu tahu serat merupakan kandungan penting yang membantu melancarkan pencernaan. Pisang juga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama di perut dan membantu masalah sembelit. No wonder, pisang jadi buah yang baik untuk diet.

 

4. Menjaga kesehatan

Musim pilek dan batuk nih. Nggak mau kerjaan dan aktivitasmu ikut terganggu karena pilek dan batuk kan? Sebab itu, vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang wajib kamu konsumsi untuk menangkal aneka penyakit, termasuk pilek dan batuk. Tidak hanya buah jeruk, pisang juga ternyata mengandung vitamin C lho. Nyatanya, pisang menyediakan 15 pesen lebih besar dari kebutuhan harian vitamin C.  

 

Nggak hanya dimakan langsung atau dibuat bolu, pisang juga bisa disantap dalam bentuk es kulkul. Yes! Bagi anak 90an, jajanan ini jadi salah satu jajanan wajib di kala bermain di siang hari. Kangen sama jajanan ini? Berikut resepnya!

 

Bahan-bahan:

  1. 10 buahpisang (belah dua jika ukurannya besar)
  2. 20 buahtusuk sate
  3. Bahan saus coklat:
  4. 3 sdmcoklat bubuk
  5. 2 sdmgula halus
  6. 5 sdmminyak sayur (bisa diganti margarin cair)

 

Cara membuat:

  1. Belah pisang menjadi dua bagian lalu tusuk masing2 bagian dengan tusuk sate. Bekukan dalam freezer sampai mengeras.

ddqw

2. Saus coklat: panaskan minyak sampai matang, angkat dan tunggu sampai hangat. Campurkan cokelat bubuk, gula bubuk, dan minyak yang sudah hangat, aduk sampai tercampur rata. Campurkan gula sesuai selera.

sqwdq

 

3. Celupkan pisang yag sudah beku ke dalam saus coklat sampai tertutup rata. Masukkan kembali ke dalam freezer.

swqd

 

4. Tambahkan aneka topping seperti meses dan bahan lainnya bila perlu.

sqwdq

 

 

Lebih dari 10 tahun berlalu, jajanan favorit anak 90an yang satu ini memang mulai sulit ditemukan. Nggak perlu kangen, jajanan ini ternyata bisa kita buat sendiri di rumah lho. Dengan resep mudah di atas, es kulkul pisang dapat kamu nikmati kapan saja di rumah. Jangan lupa turunkan jajanan ini ke generasi selanjutnya ya!

 

Sumber : https://foodsoldier.com/

Kata Kunci: Resep Es Kulkul Pisang
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup