facebook

Resep Eggnog, Minuman Khas Natal

Kamis, 13 December 2018 - 23:21:45 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Eggnog, Minuman Khas Natal

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Eggnog, Minuman Khas Natal

Telur ternyata tidak hanya cocok untuk masakan, tapi juga bisa dijadikan minuman. Kalau di Indonesia ada teh talua, orang Amerika Serikat dan Kanada akrab dengan eggnog. Minuman berbahan dasar telur yang biasanya ditambahi alkohol ini sering disajikan menjelang liburan Natal.

 

Eggnog berwarna putih agak krem dengan tekstur kental berbusa. Karena putih telur dikocok terpisah dengan kuning telurnya, minuman yang tadinya terasa berat dan kental jadi lebih ringan dan berbuih. Minuman ini biasanya disajikan dingin, namun bisa juga dihangatkan. Karena berbahan dasar telur dan susu atau krim, eggnog seperti custard beralkohol dengan aroma rempah.

 

Di Amerika, banyak produk eggnog siap buat atau siap minum di pasaran. Biasanya produk tersebut menggunakan gelatin atau pengental lainnya agar minuman kental namun lebih hemat telur dan krim. Kita tinggal menambahkan alkohol saat ingin meminumnya.

 

Produk eggnog siap pakai sering menjadi pilihan karena minuman ini agak mahal dibuat. Sebab, dibutuhkan krim, telur, dan alkohol yang cukup banyak. Selain itu, banyak orang khawatir dengan keamanan telur mentah yang digunakan.

 

Sebenarnya, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan kandungan telur mentah dalam eggnog. Menambahkan alkohol dalam jumlah yang cukup serta menyimpan eggnog di kulkas selama beberapa waktu dapat mematikan bakteri Salmonella dalam telur mentah.

 

Menurut penelitian Rockefeller University Laboratory of Bacterial Pathogenesis and Immunology pada 2010, Salmonella dalam eggnog beralkohol 20% yang disimpan di kulkas hilang setelah tiga minggu. Tak hanya itu, menyimpan eggnog juga membuat rasa dan teksturnya lebih baik.

 

Kalau kamu tidak ingin menggunakan alkohol, kamu bisa menggunakan cara lain untuk memastikan eggnog-mu aman dikonsumsi. Misalnya, menggunakan telur pasteurisasi atau memanaskan campuran telur dan susu. Lagipula, sebenarnya risiko keracunan bakteri dari telur mentah cukup kecil, kok.

 

Eggnog memang cocok dinikmati saat musim salju. Di dalamnya terkandung alkohol dan gula untuk energi, telur untuk protein, serta susu atau krim untuk lemak. Tambahan rempahnyapun membantu menghangatkan badan.

 

Tapi, jangan minum banyak-banyak, ya. Sebab, dalam satu gelas (250 ml) eggnog terdapat 343 kalori (17% dari kebutuhan harian), 34,4 gram karbohidrat (11% dari kebutuhan harian), 21,4 gram gula, 19 gram lemak (29% dari kebutuhan harian), dan 9,7 gram protein (19% dari kebutuhan harian).

 

Mau coba bikin eggnog sendiri? Kamu bisa memilih mau menggunakan alkohol atau tidak. Ini resepnya:

 

Bahan Eggnog:

  • 4 buah telur, pisahkan putih dan kuning telurnya
  • 68 gram + 1 sdm (total 80 gram) gula pasir
  • 473 ml susu cair
  • 237 ml heavy cream
  • 90 ml bourbon (opsional)
  • 1 sdt pala parut atau pala bubuk

 

Cara Membuat Eggnog:

  1. Kocok kuning telur menggunakan mikser sampai warnanya memucat. Perlahan tambahkan 68 gram gula dan teruskan mengocok sampai gula larut sempurna. Sisihkan.
  2. Campur susu, heavy cream, dan pala di panci lalu masak dengan api besar hingga mendidih sambil diaduk sesekali. Matikan api.
  3. Ambil satu sendok sayur campuran susu dan tuangkan ke campuran telur. Aduk rata. Tuangkan kembali ke panci dan masak lagi sampai mengental (jangan sampai mendidih). Matikan api.
  4. Tuangkan bourbon (jika pakai alkohol) dan aduk rata. Dinginkan di kulkas.
  5. Saat akan dinikmati, kocok putih telur hingga soft peak (putih telur mengembang namun saat mikser diangkat, ujungnya terkulai). Selagi mikser masih menyala, perlahan tambahkan 1 sdm gula dan kocok hingga stiff peak (putih telur mengembang kaku, ujungnya runcing).
  6. Tuangkan putih telur ke adonan eggnog yang sudah dingin sambil diaduk lipat hingga merata.
  7. Tuangkan eggnog ke gelas-gelas dan beri topping. Eggnog siap dinikmati.

 

Tips Membuat Eggnog:

  • Selain pala, kamu juga bisa menggunakan rempah lain seperti vanili, cengkih, atau kayumanis
  • Jenis alkohol yang bisa kamu tambahkan selain bourbon di antaranya brandy, cognac, whiskey, sherry, dan
  • Untuk eggnog yang lebih creamy, kamu bisa menambahkan es krim vanili atau menambah proporsi krim dibanding susu. Krimnya juga bisa kamu kocok agar teksturnya lebih ringan berbusa. Selain susu dan krim, kamu juga bisa menambahkan susu kental manis atau susu evaporasi.
  • Untuk eggnog versi vegetarian atau untuk kamu yang mengalami intoleransi laktosa, susu sapi bisa digantikan dengan susu kedelai, susu almond, susu beras, atau santan.
  • Kamu juga bisa membuat eggnog versi tidak dimasak yang lebih praktis dibuat. Caranya, kocok kuning telur dan 68 gram gula. Tambahkan susu, heavy cream, pala, dan bourbon lalu aduk rata. Di wadah terpisah, kocok putih telur dan tambahkan 1 sdm gula lalu kocok lagi sampai kaku. Kemudian, campur putih telur dan adonan kuning telur tadi, lalu kocok rata. Dinginkan. Eggnog siap dinikmati.
  • Topping eggnog biasanya berupa pala parut dan kayumanis batangan. Bisa juga berupa batang vanili, kayumanis bubuk, parutan cokelat, atau whipped cream.
  • Eggnog bisa disimpan cukup lama di kulkas, bahkan rasanya lebih enak dan teksturnya jadi lebih kental. Kamu bisa menggunakan alkohol dengan proporsi setengah dari susu dan krim agar lebih awet. Jika dirasa terlalu kuat, kamu bisa menambahkan ekstra krim sebelum menyajikan eggnog.

 

Menikmati segelas eggnog ditemani sepiring popcorn chicken? Hmm… Kamu perlu coba, nih!

 

Sumber resep: Alton Brown via Food Network

Foto: https://homemadehooplah.com

 

Kata Kunci: Resep Eggnog, Minuman Khas Natal
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup