facebook

Resep Donat Indomie

Rabu, 30 May 2018 - 09:24:39 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Donat Indomie

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Donat Indomie

Setelah es kepal Milo, kini giliran donat Indomie yang viral. Keduanya sama-sama berangkat dari merek makanan dan minuman yang mudah kita temui sehari-hari namun dikreasikan menjadi makanan yang berbeda. Hal ini membuat orang-orang penasaran sampai menjadi perbincangan ramai di dunia maya.

 

Donat Indomie mulai jadi pembicaraan setelah beredar informasi bahwa Donut Papi, sebuah toko donat di Sydney, Australia, bekerja sama dengan Indomie Australia menghadirkan ‘MiGoreng Donut’. Donat yang dijual terbatas pada 25-27 Mei 2018 lalu ini dengan cepat sold out setiap harinya, terutama dibeli oleh komunitas orang Indonesia di sana. Kalau mau mencoba, donat ini baru ada lagi tahun depan, lho!

 

Tapi, tak perlu khawatir. Sebuah kafe di Jakarta, X Coffee, dengan cepat menangkap tren ini dan menyajikan donat Indomie seharga Rp 16.000 per buah. Sebenarnya sebelum Donut Papi menjual MiGoreng Donut, restoran TOT Aw di Jakarta sudah menjual donat Indomie sejak Februari lalu dengan harga Rp 100.000 per boks isi enam buah.

 

Sebenarnya secara rasa, rata-rata orang yang pernah mencobanya mengatakan bahwa tidak ada yang istimewa. Saat lapisan luarnya digigit, tekstur renyahnya mengingatkan kita akan risol atau nugget. Tapi saat kita mengunyah bagian dalamnya, rasa mi instan goreng akan jelas terasa.

 

Donat Indomie bisa dibuat dengan mudah, lho. Mi instan direbus dan dicampur bumbu dan telur seperti martabak mi atau omelet mi. Tapi, tidak didadar di wajan, melainkan dicetak di cetakan donat dan dikukus. Setelah itu, donat Indomie dilapisi tepung panir dan digoreng. Selesai!

 

Cetakan donat Indomie bisa berupa loyang tulban mini, cetakan agar-agar kecil, atau kombinasi dua benda bundar yang menghasilkan bentuk cincin. Misalnya, kotak makan bundar dan cetakan kue talam untuk lubang di tengahnya.

 

Kamu bisa mengreasikan rasa donat Indomie sesuai seleramu. Adonan mi bisa kamu campur dengan kornet, keju parut atau keju mozzarella, irisan daun bawang, daging cincang, wortel parut, bumbu rendang, dan sebagainya. Agar lebih terlihat seperti donat, kamu juga bisa berkreasi dengan topping seperti saus sambal dan mayones, abon, irisan sosis, bakso, atau daging asap, dan lain-lain.

 

Sudah siap bikin sendiri donat Indomie? Ini resepnya!

 

Resep Donat Indomie

Bahan:

  • 1 bungkus mi instan goreng ukuran reguler
  • Air secukupnya untuk merebus mi
  • 1 butir telur
  • Tepung bumbu secukupnya, encerkan dengan air
  • Tepung panir atau tepung roti secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

 

Cara membuat:

  1. Buka bungkus mi instan dan keluarkan isinya. Potong bungkus mi setengah lalu simpan untuk dijadikan pembungkus donat Indomie.
  2. Di mangkuk, campurkan telur dan semua bumbu mi. Kocok rata. Sisihkan.
  3. Rebus mi sampai matang. Tiriskan.
  4. Tambahkan mi ke adonan telur dan bumbu. Aduk rata.
  5. Olesi cetakan dengan minyak. Masukkan mi ke cetakan dan tekan-tekan agar padat.
  6. Kukus mi sampai matang, kira-kira 10 menit. Angkat dan keluarkan mi dari cetakan.
  7. Celupkan mi ke tepung bumbu basah, lalu gulingkan di tepung panir sampai semua permukaannya tertutupi tepung
  8. Goreng mi sampai warnanya agak kecokelatan. Tiriskan.
  9. Masukkan donat Indomie ke bungkusnya. Hias bagian atasnya jika suka. Nikmati selagi hangat.

 

Porsi: 1

 

Mudah, kan? Bikin, yuk!

 

Foto: Instagram.com/donutpapi

 

Kata Kunci: Resep Donat Indomie
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup