facebook

Resep Chocolate Fondant Melted

Jumat, 06 July 2018 - 02:07:02 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Chocolate Fondant Melted

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Chocolate Fondant Melted

Makanan dengan bagian tengah yang meleleh saat dibelah sering dijadikan objek food porn. Siapa, sih, yang tidak ngiler melihat telur setengah matang dengan bagian tengah yang meleleh saat dikenai garpu, atau keju mozzarella yang mulur panjang saat ditarik?

 

Begitu pula dengan chocolate fondant yang dikenal juga dengan sebutan molten chocolate cake atau lava cake. Bagian tengah kue yang meleleh saat kue dipotong bikin siapapun yang melihatnya jadi kepingin menikmatinya. Kue cokelat yang disajikan hangat ini disendokkan ke mulut bersama es krim vanili yang menyertainya. Aduhai, kombinasi suhu yang berbeda serta kelezatannya menimbulkan foodgasm!

 

Konon, molten chocolate cake sudah ada sejak lama di Prancis dengan sebutan petit gâteau (kue kecil), fondant au chocolat (cokelat meleleh), atau chocolat moelleux (cokelat lembut). Namun kue ini diklaim dipopulerkan oleh Chef Jean-Georges Vongerichten di Amerika Serikat pada 1987.

 

Molten chocolate cake ditemukan secara tidak sengaja. Waktu itu Chef Vongerichten mengeluarkan sponge cake cokelat dari oven namun ternyata belum matang. Bagian tengah kuepun masih encer. Tapi, saat dicicipi, rasa dan tekstur kue yang masih hangat ini enak. Sekarang, lava cake hampir selalu ada di menu dessert restoran kelas atas.

 

Yuk, langsung coba resep lava cake berikut ini dan perhatikan tips-tipsnya agar kue yang dihasilkan sukses!

 

Bahan Chocolate Fondant:

  • 4 sdm kakao/cokelat bubuk
  • 50 gram white cooking chocolate, potong-potong
  • 200 gram dark cooking chocolate, potong-potong
  • 200 gram mentega, ditambah sedikit untuk olesan cetakan
  • 4 butir telur utuh ditambah 3 buah kuning telur
  • 90 gram golden caster sugar
  • 25 gram tepung terigu serbaguna, ayak

 

Cara Membuat Chocolate Fondant:

  1. Olesi cetakan chocolate fondant dengan mentega. Tuangkan sesendok kakao bubuk ke dalamnya lalu putar-putar cetakan agar kakao menempel ke seluruh bagian dalam cetakan. Keluarkan kelebihan kakao bubuk dari cetakan dan tepuk-tepuk agar lapisan kakao yang menempel di cetakan tipis saja.
  2. Panaskan oven dengan suhu 180 C.
  3. Masukkan white cooking chocolate dan dark cooking chocolate ke dalam panci. Letakkan panci tersebut di atas panci lain yang berisi air dan panaskan dengan api kecil. Aduk-aduk cokelat agar cepat meleleh. Matikan api jika hampir seluruh cokelat sudah meleleh. Nantinya, sisa cokelat yang belum meleleh akan mencair dengan sendirinya karena suhu panci masih panas.
  4. Di mangkuk lain, kocok telur utuh, kuning telur, dan golden caster sugar sampai mengembang, kental, dan berwarna pucat. Akan ada jejak yang tertinggal saat mikser diangkat.
  5. Tambahkan tepung ke adonan cokelat dan aduk rata. Kemudian, tuangkan adonan cokelat ke adonan telur. Aduk rata dengan gerakan seperti melipat (dari bawah ke atas).
  6. Tuangkan adonan ke cetakan dengan menyisakan sekitar 1 cm untuk adonan mengembang.
  7. Masukkan cetakan ke oven dan panggang selama 10 menit.
  8. Keluarkan cetakan dari oven. Diamkan selama 30 detik sebelum mengeluarkan chocolate fondant dari cetakan.
  9. Sajikan selagi hangat bersama satu scoop es krim vanili.

 

Tips Sukses Membuat Chocolate Fondant:

  • Golden caster sugar adalah gula pasir berwarna kekuningan yang memiliki butiran lebih kecil daripada gula pasir biasa, sehingga lebih mudah larut saat dikocok. Caster sugar berbeda dengan gula halus/tepung gula/gula bubuk yang seringkali ditambahi tepung jagung dan rasanya kurang manis. Jika tidak ada golden caster sugar, kamu bisa menggantinya dengan caster sugar/castor sugar/gula kastor biasa, atau gula pasir biasa yang diblender sampai agak halus.
  • Penambahan sedikit kopi, ekstrak vanili, garam, atau kayu manis bubuk akan membuat rasa chocolate fondant unik
  • Cetakan yang digunakan untuk chocolate fondant biasanya berupa ramekin, mangkuk kecil yang terbuat dari keramik. Tapi, kamu juga bisa menggunakan cetakan muffin atau cupcake Pilih yang berukuran kecil saja agar chocolate fondant yang dihasilkan tidak terlalu besar dan membuat enek saat dinikmati.
  • Hiasi chocolate fondant dengan gula halus yang diayak di atasnya, lalu beri buah stroberi atau rasberi.

 

Setelah menikmati lava cake yang manis pekat, enaknya menetralkan lidah dengan Organic Apple Cider Vinegar. Coba, yuk!

 

Sumber resep: olivemagazine.com

Foto: https://w-dog.net

 

Kata Kunci: Resep Chocolate Fondant Melted
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup