facebook

Resep Bolu Marmer

Kamis, 15 June 2017 - 11:18:08 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Bolu Marmer

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Bolu Marmer

Hai Berrykitcheners! Pernah nggak sih kamu merasa lemas selama menjalankan puasa? Walau kadang terasa ringan, tidak bisa dipungkiri puasa juga dapat menguras tenaga seiring dengan aktivitas harian yang kamu lakukan. Walau begitu, puasamu nggak boleh terganggu. Seimbangkan kebutuhan gizimu dengan minum susu yuk. Kerap tersedia di rumah, apa sih kandungan penting susu bubuk untuk tubuhmu? Simak yuk!

 

1. Protein

Jangan takut dengan kandungan lemak dulu, Berrykitcheners. Susu bubuk justru juga mengandung whey, kasein, dan protein jenis lain. Bagi kamu yang gemar fitnes, tentu akrab dengan whey protein. Whey protein memiliki beberapa manfaat seperti membantu menurunkan kadar lemak, menaikkan massa otot, membantu melawan kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

2. Asam amino

Nggak cuma salmon yang mengandung asam amino, susu bubuk juga lho. Susu bubuk mengandung asam amino esensial seperti lisin, isoleusin, valin, fenilalanin, triptofan, dan jenis lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino membantu memperbaiki jaringan tubuh, meguraikan makanan, dan sebagai sumber energi tubuh. Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menyantap salmon secara rutin, kini tubuhmu bisa mendapat asupan asam amino setiap hari dengan minum susu.

 

3. Laktosa

Us Diary Export Council menuturkan galaktosa laktosa dan glukosa dapat bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan pada bayi. Laktosa juga disinyalir aman untuk penderita diabetes karena tidak menaikkan kadar glukosa dalam darah dan memiliki proses pencernaan yang lebih lambat dari glukosa dan fruktosa. Laktosa juga membantu tubuhmu untuk menyerap kalsium lho.

 

4. Vitamin

Yap. Kandungan yang satu ini sudah kamu ketahui tentunya. Balik kemasan kardus susu bubukmu, maka kamu akan menemukan banyak kandungan vitamin di dalam susu. Sejumlah kandungan vitamin tersebut sangat penting untuk tubuhmu. Vitamin A dapat membantu sistem kekebalan tubuh, sistem reproduksi dan mendukung pertumbuhan sel. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang berguna bagi tulang dan jantung. Serta kandungan Vitamin E yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Dilihat dari fisiknya pun, susu bubuk memiliki beberapa keunggulan dibandingkan susu cair, yaitu selain lebih  tahan lama, kandungan gulanya juga lebih sedikit lho. Di samping bisa diminum, susu bubuk pun dapat dijadikan bahan untuk membuat aneka kue lezat, seperti bolu marmer. Simak resepnya yuk!

 

Bahan-bahan :

  • 175 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 125 gram margarin
  • 75 ml minyak sayur
  • 30 gram tepung maizena
  • 30 gram susu bubuk
  • 6 butir telur ayam
  • 1 1/2 sendok teh pasta coklat
  • 1 1/2 sendok teh emulsifier
  • 1 1/2 sendok teh essence vanila

Cara membuat :

  1. Pertama-tama campurkan tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, minyak sayur, susu bubuk, telur ayam, emulsifier dan essence vanila menjadi satu, kemudian aduk-aduk hingga bahan menjadi satu.
  2. Setelah mixer adonan tersebut dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan berwarna putih.
  3. Kemudian masukkan margarin yang telah dicairkan sebelumnya kedalam adonan secara perlahan-lahan, aduk-aduk hingga rata.
  4. Sebelum lanjut ketahap selanjutnya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu margarin tidak mengendap didasar adonan. Setelah selesai ambillah 1 hingga 2 sendok makan adonan, lalu masukkan pasta coklat, aduk-aduk rata, sisihkan.

cdwwc

5. Panaskan oven dengan suhu api sedang dan siapkan loyang tulban atau bundar dengan diameter 20cm, kemudian olesi loyang dengan margarin dan taburi diatasnya dengan tepung terigu.

6. Tuang adonan kedalam loyang dan tuangkan juga adonan coklat diatas adonan sebelumnya, acak-acak dengan menggunakan sumpit hingga adonan terbentuk seperti marmer.

sad

 

7. Terakhir masukkan kedalam oven selama 30 hingga 45 menit atau hingga kue bolu matang. Angkat dan dinginkan.

8. Kue bolu marmer siap untuk dihidangkan.

Sebagai kue yang diwariskan sejak dulu, bolu marmer berhasil jadi favorit banyak orang, karena tekstusnya yang lembut serta rasa manisnya yang menyatu nikmat dengan harum aroma susu. Tidak hanya jadi teman berbuka puasa, kamu juga bisa membuat bolu marmer sebagai sajian Lebaran lho. Selamat mencoba, Berrykitcheners!

Sumber: www.resepnona.com

Kata Kunci: Resep Bolu Marmer
Bagikan ke teman Kamu