facebook

Resep Bola Ubi

Senin, 09 October 2017 - 16:08:58 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Bola Ubi

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Bola Ubi

Hai Berrykitcheners! Tidak hanya mengenyangkan perut, makanan yang kamu konsumsi sehari-hari juga wajib bernutrisi. Namun, mampukah kandungan gizi pada santapanmu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari? Selain mengonsumsi daging dan sayur, kamu bisa memasukkan ubi jalar ke dalam santapanmu lho. Apa saja kandungan nutrisi ubi jalar? Berikut ulasannya.

 

1. Beta karoten

 

Terdapat dalam ubi, zat ini memiliki fungsi untuk memberi warna cerah pada ubi. Saat disantap, kandungan beta karoten dalam ubi ternyata membawa sejumlah manfaat seperti melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, asma, dan dapat menunda penuaan. Beta karoten juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Yap. Tingginya kandungan vitamin A dalam ubi pun mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh lho.

 

2. Kolin

 

Selain beta karoten, ubi jalar juga mengandung kolin. Kolin merupakan zat serbaguna yang penting dalam tubuh. Sebagai zat serbaguna, kolin memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh di antaranya, mempertahankan struktur membran sel, membantu penyerapan lemak, dan transmisi dalam sel saraf. Kolin juga membantu kegiatan tidur, belajar, dan gerakan ototmu lho.

 

3. Kalium dan serat

 

Ubi jalar berukuran sedang mengandung 400 mg kalium dan 6 gram serat. Walau terlihat memiliki warna yang berbeda, fungsi dan kandungan ubi pun tetap sama. Kalium sendiri dikenal sebagai zat yang dapat meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kesehatan tulang dan giinjal. Sementara kandungan serat pada ubi bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh kamu.

 

Menyimak kandungan di atas, nggak ada salahnya kamu mulai rajin mengonsumsi bahan makanan yang satu ini. Nggak hanya di rebus kok, kamu bisa menyulap ubi jalar menjadi bola ubi. Gimana caranya? Berikut resepnya!

 

Bahan-bahan:

  • 750 gram ubi jalar.
  • 200 gram tepung tapioka.
  • 8 sendok makan gula pasir.
  • 3 sendok makan baking powder.
  • Icing sugar secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat:

xds

 

  1. Cuci ubi jalar yang dan kupas kulitnya. Lalu, kukus ubi yang telah dikupas selama 15-20 menit hingga empuk.
  2. Setelah dikukus, haluskan ubi tersebut hingga lembut menggunakan garpu atau alat masak lainnya.
  3. Campurkan ubi jalar yang sudah lembut tadi dengan tepung tapioka, gula pasir, dan baking powder. Lalu, aduk dengan tangan.
  4. Setelah semua bahan bercampur, ambil sedikit demi sedikit dan bulat-bulatkan di tangan hingga berbentuk bola. Besar kecilnya sesuaikan dengan selera, tapi jangan terlalu besar.
  5. Goreng di minyak dengan api medium. Api jangan terlalu besar karena bola ubi tersebut bisa cepat gosong. Bolak balikan bola ubi yang sedang digoreng tersebut sambil ditekan-tekan agar tengahnya menjadi kopong.

dqwq

6. Setelah cukup berwarna coklat, tiriskan. Tambahkan icing sugar untuk memperkaya rasa.

7. Bola ubi kopong pun siap dihidangkan.

dww

 

Disajikan selagi hangat, bola ubi memiliki tekstur luar yang renyah dan kenyal di dalam. Dengan rasa manis yang pas, nggak heran jajanan tradisional yang satu ini kembali ngehits di berbagai sudut ibu kota. Coba bikin sendiri yuk!

Sumber foto: http://foodsoldier.com/

Kata Kunci: Resep Bola Ubi
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup