facebook

Resep Ais Kepal Milo yang Lagi Viral

Jumat, 13 April 2018 - 03:12:50 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Ais Kepal Milo yang Lagi Viral

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Ais Kepal Milo yang Lagi Viral

Apa-apa yang berembel-embel ‘Milo’ sepertinya menarik perhatian, ya, Berrykitcheners? Serbuk campuran cokelat dan malt ini memang terkenal kelezatannya.

 

Baru saja penggemar Milo dihebohkan dengan es krim Milo yang akhirnya masuk ke Indonesia, sekarang mereka ramai memperbincangkan ais kepal Milo yang sedang viral. Sebenarnya, apa itu ais kepal Milo?

 

Sebelum kita berbicara lebih banyak tentang ais kepal Milo, kita cari tahu dulu, yuk, tentang Milo itu sendiri!

 

Sejarah Milo

Milo adalah campuran gula, cokelat, dan malt yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1934 di Australia. Nama Milo diambil dari Milo of Croton, pegulat di zaman Yunani kuno yang terkenal akan kekuatannya yang luar biasa. Sampai sekarang, Milo masih dipasarkan sebagai minuman berenergi atau minuman olahraga karena tinggi karbohidrat.

 

Di Indonesia, Milo mulai dijual pada tahun 1974. Tidak hanya populer di Indonesia dan Australia, minuman dengan kemasan hijau ini juga banyak digemari di Selandia Baru, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand, India, Nigeria, Afrika Selatan, dan lain-lain.

 

Tahukah kamu, komposisi dan rasa Milo ternyata berbeda, lho, di beberapa negara! Selain itu, Milo sebenarnya bukan minuman susu cokelat seperti yang selama ini kita kira, meski ada varian Milo yang sudah dicampur dengan susu bubuk. Ya, Milo itu sebenarnya adalah minuman cokelat dan malt.

 

Cara Menikmati Milo

Pada dasarnya, Milo dinikmati dengan cara diseduh dengan air lalu dijadikan minuman panas atau dingin. Orang Australia biasa mengonsumsi Milo dengan menaburkan bubuknya ke segelas susu atau diseruput menggunakan biskuit Tim Tam sebagai sedotan.

 

Mungkin kamu juga pernah mendengar atau mencoba Milo Dinosaur, yakni segelas besar Milo dingin yang disajikan dengan taburan Milo bubuk. Namun, Milo tak melulu disajikan sebagai minuman. Serbuk cokelat dan malt ini juga enak ditaburkan ke atas roti atau daging buah avokad, lho!

 

Sekarang, Milo juga bisa ditemui dalam wujud sereal sarapan, snack bar, dan es krim. Yummy!

 

Milo di Malaysia

Konon, orang Malaysia adalah konsumen terbesar Milo. Minuman ini memiliki 90% market share di negeri jiran. Milo hangat atau dingin banyak disajikan di kopitiam dan kios mamak di sana. Saat hari rayapun, orang Malaysia membuat kek batik yang menggunakan Milo sebagai salah satu bahannya.

 

Tak heran, saat sebuah kedai minuman kecil di pinggir jalan di Kuala Kangsar, Perak, menjual ‘Ais Kepal Milo’ pada akhir tahun 2017, warga Malaysia heboh. Antrean mengular demi tak ketinggalan tren mencicipi es serut rasa cokelat seharga 4 RM (setara Rp 14.000) ini. Sekarang, sudah banyak yang menawarkan ais kepal Milo di Malaysia, termasuk pula di Indonesia.

 

Resep Ais Kepal Milo

Ais kepal Milo alias es kepal Milo ternyata mudah sekali dibuat, lho, Berrykitcheners. Kamu hanya perlu tiga bahan utama dan berkreasi dengan topping-nya agar lebih enak. Ini resepnya:

 

Bahan:

  • 5 sachet (total 198 gram) Milo bubuk
  • 100 ml air
  • 1 pouch (220 gram) susu kental manis cokelat (bisa diganti dengan campuran ½ kaleng susu kental manis putih dan 1 sdm cokelat bubuk)
  • Semangkuk es serut, padatkan hingga berbentuk setengah bola
  • Topping sesuai selera, misalnya kacang, sereal, meses, granola, dan sebagainya.

 

Cara membuat:

  1. Encerkan Milo bubuk dengan 100 ml air. Aduk rata.
  2. Tuangkan susu kental manis ke campuran Milo. Aduk rata, lalu simpan di kulkas agar lebih kental.
  3. Saat akan disajikan, siapkan es serut di mangkuk, lalu tuangkan campuran susu kental manis tadi di atasnya.
  4. Tambahkan topping jika suka. Segera nikmati.

 

Gampang banget, ya? Yuk, langsung bikin es kepal Milo di rumah!

Referensi: https://foodsoldier.com/ 

Kata Kunci: Resep Ais Kepal Milo yang Lagi Viral
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup