facebook

5 Langkah Membuat Susu Kedelai

Selasa, 08 November 2016 - 10:57:04 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Langkah Membuat Susu Kedelai

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > 5 Langkah Membuat Susu Kedelai

Hai Berrykitcheners! Sejak dulu, alam memang menyediakan yang terbaik untuk kita. Daging, susu, sayuran, semua sumber pangan memiliki gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Daging dan susu sapi dikenal sebagai sumber pangan hewani yang tinggi protein. Protein sendiri merupakan salah satu zat esensial yang diperlukan tubuh. Namun bagaimana jika kamu alergi dengan susu sapi? Jangan khawatir, kamu bisa menggantinya dengan susu kedelai. Seperti susu sapi, susu kedelai juga dikenal memiliki beberapa kandungan, di antaranya:

  1. Protein

Kandungan protein dalam susu kedelai hampir sama banyak dengan susu sapi. Kalorinya pun lebih rendah.

  1. Kalsium

Jika kamu biasa mengetahui kalsium hanya terdapat pada susu sapi, kini kamu tahu kalau susu kedelai ternyata juga memiliki kandungan kalsium lho. Kandungan kalsium dan magnesium dalam susu kedelai membantu mengurangi sakit yang kamu rasakan ketika gejala pra-menstruasi muncul, mencegah migraine atau sakit kepala sebelah, dan lainnya.

 

  1. Asam lemak omega 3

Kandungan ini dikenal mampu membantu mengurangin kadar lemak dalam darah. Sehingga dengan kata lain, susu kedelai dapat dikatakan membatu mengurangi resiko serangan jantung dan jantung koroner.

 

Wah, ternyata susu kedelai tidak kalah penting dari susu sapi ya, Berrykitcheners. Namun, seringkali kita tidak puas bila minum susu kacang yang kita beli. Entah karena rasa kedelainya yang tidak pekat, atau karena bau lungu kedelai yang masih dapat tercium di dalam beberapa merk susu kedelai. Untuk itu, kini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Simak caranya yuk!

 

Bahan-bahan

200 gr kacang kedelai

125 gr gula pasir

½ sendok teh garam

1 liter air

2 lembar daun pandan

½ sendok teh vanili bubuk

 

 

Cara membuat:

  1. Cuci kacang kedelai dengan air hingga bersih

  2. Rendam kacang kedelai dengan air panas selama 6 -8 jam hingga mekar dan mengembang, lalu kupas kulitnya

  3. Blender kacang kedelai hingga halus, saring menggunakan kain putih atau kain kain kasa

  4. Rebus air perasan kedelai dengan api sedang, masukkan daun pandan, gula pasir, garam, dan vanili bubuk. Aduk hingga mendidih
  5. Susu kedelai siap dinikmati

 

Kini kamu dapat menikmati susu kedelai murni kapan saja di rumah.

 

Kata Kunci: 5 Langkah Membuat Susu Kedelai
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup