facebook

Yee Sang, Salad Kemakmuran Khas Imlek

Kamis, 24 January 2019 - 01:11:42 WIB
Diposting oleh : Berry
Yee Sang, Salad Kemakmuran Khas Imlek

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Yee Sang, Salad Kemakmuran Khas Imlek

Makanan khas Imlek bukan cuma kue keranjang. Ada pula yee sang atau yu sheng, salad ikan yang sarat makna baik. Cara menyajikannyapun unik, lo.

 

Yee sang adalah salad ikan mentah ala Kanton yang identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek di Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Secara harfiah, yu sheng berarti 'ikan mentah'. Tapi, karena kata yu sheng homofon dengan 'kemakmuran' dalam Bahasa Kanton, tradisi yu sheng dijadikan simbol kemakmuran, kesejahteraan, dan semangat dalam mengawali tahun.

 

Yee sang dulu baru disajikan pada hari ketujuh Tahun Baru Imlek yang dikenal dengan sebutan Renri (Hari Manusia). Namun, sekarang yee sang sudah bisa dinikmati mulai malam Tahun Baru Imlek hingga Cap Go Meh (hari kelima belas di tahun yang baru).

 

Biasanya yu sheng disantap sebagai makanan pembuka karena menyimbolkan keberuntungan di tahun baru. Selain itu, karena keluarga Tionghoa biasanya makan di luar saat perayaan Tahun Baru, yee sang lebih sering dibeli di restoran dibanding dibuat di rumah.

Yee sang terdiri dari banyak bahan, mulai dari ikan, sayuran, saus, sampai pangsit. Warna-warninya menarik, deh, Berrykitcheners. Bahan-bahanpun ditambahkan satu per satu sesuai urutan diiringi perkataan berisi harapan positif. Total semua bahan yang digunakan sekitar 27 macam.

 

Biasanya, beberapa bahan ditata di piring lebih dulu. Berikut urutan bahan yang diletakkan di meja dan piring berikut maknanya:

 

  1. Saat menaruh piring di meja: “gong xi fa cai” (selamat atas kekayaanmu) atau “wan shi ru yi” (semoga semua harapanmu terkabul)
  2. Menaruh ikan: “nian nian you yu” (kelimpahan sepanjang tahun)
  3. Pomelo, air jeruk nipis, atau daun jeruk purut: “da ji da li” (keberuntungan dan kelancaran)
  4. Merica atau bubuk lima rempah (ngohiong): “zhao cai jin bao” (menarik kekayaan dan harta)
  5. Minyak (dituang memutar agar uang mengalir dari berbagai arah): “yi ben wan li” (buat 10.000 kali lipat keuntungan dengan modalmu) dan “cai yuan guang jin” (berbagai sumber kekayaan)
  6. Wortel: “hong yun dang tou” (keberuntungan menghampiri)
  7. Lobak hijau: “qing chun chang zhu” (awet muda)
  8. Lobak putih (terkait kemakmuran dalam bisnis dan promosi di tempat kerja): “feng sheng shui qi” (berkembang dengan cepat), “bubu gao sheng” (mencapai tingkat yang lebih tinggi di setiap langkah)

 

Piring yu sheng berisi bahan-bahan tadi bisa disimpan dulu, jadi nanti tinggal menambahkan bahan pelengkapnya. Namun, bisa juga jika prosperity toss langsung dimulai. Ini pelengkap yang ditambahkan kemudian:

 

  1. Kacang tanah: “jin yin man wu” (rumah tangga dipenuhi emas dan perak)
  2. Wijen: “sheng yi xing long” (kesejahteraan untuk bisnis)
  3. Saus (campuran saus plum atau madu, cuka beras, pasta kumquat, dan minyak wijen, dituangkan dengan royal ke atas bahan-bahan tadi): “tian tian mi mi” (semoga hidup selalu manis)
  4. Keripik pangsit: “man di huang jin” (lantai penuh dengan emas)



Setelah semua bahan dimasukkan, setiap orang mengelilingi yee sang. Menggunakan sumpit, mereka mengangkat-angkat isi yee sang tinggi-tinggi sambil mengucap “Lo hei! Lo hei!” (artinya: angkat, angkat!). Mereka percaya, semakin tinggi mengangkat yee sang, semakin tinggi pertambahan kekayaan orang tersebut. Bagian ini memang seru dan ramai, Berrykitcheners!

 

Wortel dan lobak sengaja diserut panjang seperti mi agar mudah ditarik-tarik tinggi. Setelah prosperity toss tersebut, yu sheng disantap bersama. Rasanya manis sedikit asam serta gurih lembut dari ikannya. Sayuran segar, kacang, dan pangsit membuat teksturnya renyah.

 

Kalau kamu tertarik mencoba yee sang tapi sulit mencari bahan-bahannya, kamu bisa memesan dan menikmatinya di restoran-restoran Tiongkok atau restoran hotel berbintang. Semoga harapan-harapan yang diucapkan saat menyajikan yu sheng bisa terkabul, ya!

 

Foto: http://blog.munchhnow.com

 

Kata Kunci: Yee Sang, Salad Kemakmuran Khas Imlek
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup