facebook

Warna Paskah Indonesia

Kamis, 20 April 2017 - 16:50:52 WIB
Diposting oleh : Berry
Warna Paskah Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Warna Paskah Indonesia

Hai Berrykitcheners! Sebagai negara besar, kamu boleh jadi kagum dengan tanah air, karena memiliki toleransi dan perpaduan budaya yang membuat Indonesia unik dan kaya. Nggak hanya itu, perpaduan agama dan budaya setempat bahkan melahirkan beberapa tradisi unik, termasuk tradisi perayaan Paskah. Mau tahu keseruan beberapa daerah di Indonesia dalam merayakan Paskah? Simak yuk!

 

1. Kure

wdw

 

Kure merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin yang berarti berdoa sambil mengunjungi keluarga-keluarga yang beragama Katolik. Tradisi Kure diadakan oleh masyarakat Kote, Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Eits, tradisi ini sedikit berbeda dengan yang biasa kamu lakukan di ibu kota untuk merayakan hari raya dengan mengunjungi kerabatmu. Tradisi ini diawali dengan membersihkan patung-patung Yesus dan Maria yang dibawa oleh Portugis. Kemudian anggota suku akan menyerahkan persembahan berupa uang, sayur, buah-buahan, pinang, dan sirih kepada Tuhan. Setelah itu, persembahan tersebut akan dibagikan pada kelompok doa, peziarah, dan pengunjung yang turut hadir dalam upacara tersebut.

 

2. Semana santa

ceww

 

Semana Santa merupakan nama lain dari Pekan Suci yang dirayakan selama empat hari berturut-turut di Larantuka, Flores Timur. Dimulai dengan ritual Tikam Puro yang dilakukan saat Kamis Putih untuk mempersiapkan jalur sepanjang 7 km yang akan ditempuh oleh jemaat. Pemasangan lilin dilakukan oleh jemaat di sepanjang jalan tersebut. Patung Perawan Maria atau yang biasa disebut masyakrat setempat dengan nama Tuan Ma akan dimandikan dan dikenakan pakaian berkabung warna hitam, ungu, atau mantel beludru biru untuk menggambarkan perasaan berduka Bunda Maria terhadap peristiwa penyaliban Yesus. Sementara prosesi Jumat Agung akan diisi dengan pengusungan tubuh Yesus Kristus. Sabtu Suci dan Minggu Paskah pun diadakan di hari berikutnya.

 

3. Momento Mori

dew

 

Dari sekian banyak tradisi Paskah, Momento Mori bisa jadi tradisi yang paling berbeda dengan upacara Paskah lainnya di Indonesia. Wah kenapa bisa gitu ya, Berrykitcheners? Dalam tradisi yang ada di Kalimantan Tengah ini, umat Kristiani merayakan Paskah dengan mengunjungi makam keluarga di malam hari. Mereka akan menyalakan lilin, menabur bunga serta berkumpul di atas makam dari malam hingga subuh menjelang. Karena Momento Mori sendiri memiliki makna “ingalah akan kematian”. Selain menjadi sebuah perenungan yang mendalam, upacara yang diadakan semalaman di pemakaman ini sepertinya mampu membuat kamu jadi sedikit bergidik ya, Berrykitcheners?

 

Terdiri atas ribuan pulau yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke, budaya Indonesia tentu berbeda di setiap jengkal tanah air. Agama yang masuk sejak dulu ke Indonesia pun juga telah melebur dengan darah kebudayaan setempat. Tidak heran bila beragam upacara keagamaan tercipta di beberapa daerah. Bagaimana dengan perayaan Paskah di daerah asalmu? 

Kata Kunci: Warna Paskah Indonesia
Bagikan ke teman Kamu