facebook

Tradisi Unik Sambut Ramadhan

Senin, 29 May 2017 - 12:29:15 WIB
Diposting oleh : Berry
Tradisi Unik Sambut Ramadhan

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Tradisi Unik Sambut Ramadhan

Hai Berrykitcheners! Bagaimana minggu pertama puasamu di tahun ini? Semoga lancar dan penuh berkah ya. Sebagai salah satu agama yang diakui di Nusantara, sejak dulu Islam masuk dan mampu berbaur dengan tradisi nusantara. Hingga akhirnya melahirkan karya budaya yang sarat dengan agama, salah satunya tradisi unik dalam menyambut puasa. Bagaimana keunikan daerah-daerah di Indonesia dalam merayakan bulan Ramadhan? Simak yuk!

 

1. Meugang - Aceh

dwq

 

Dimulai dari wilayah paling barat, Aceh, memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Meugang merupakan tradisi menyembelih hewan ternak yang diadakan di Aceh. Biasanya meugang dilakukan 2 hari sebelum Ramadhan tiba. Setelah disembelih, sebagian daging akan dibagikan kepada tetangga, dan sebagiannya lagi dinikmati bersama keluarga.

 

2. Balimau - Sumatera Barat

wqdq

 

Bukan ini bukan di Bali. Ini merupakan nama dari salah satu tradisi yang ada di Sumatra Barat. Balimau ialah tradisi mandi menggunakan jeruk limau. Dengan Balimau, masyarakat Sumatra Barat percaya mereka dapat membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Bukan dilakukan secara personal di rumah, sebaliknya, Balimau biasa dilakukan dengan cara berendam atau mandi bersama di tempat pemandian umum. Mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Balimau juga dilakukan beberapa hari sebelum Ramadhan tiba. Wah, sepertinya menyenangkan ya, Berrykitcheners?

 

3. Dugderan - Semarang

sa

 

Berbeda dengan Balimau, Semarang memiliki caranya tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Di sini, Ramadhan dirayakan secara meriah. Dugderan merupakan festival ala masyarakat Semarang yang menandakan dimulainya bulan Ramadhan. Tradisi ini didentik dengan kembang api, dentuman meriam, tari japing, arak-arakan, serta yang tidak boleh ketinggalan, acara tabuh bedug dan ritual pengumuman awal puasa. Namun, seiring dengan bergesernya perkembangan zaman, dentuman meriam kini diganti dengan petasan.

 

4. Apeman - Yogyakarta

deww

 

Sebagai daerah istimewa yang dipimpin secara kesultanan, Yogyakarta tentu memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Diwariskan secara turun temurun, apeman biasa diawali dengan ziarah terlebih dulu untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal. Setelah itu, penduduk akan memasak kue apem, lalu membagikannya kepada keluarga dan tetangga. Bukannya tanpa arti, pemberian kue yang terbuat dari tepung beras ini bermakna permohonan maaf atas dosa yang dilakukan.

 

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan budaya. Kehadiran agama pun melebur harmonis dengan budaya setempat. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia senantiasa bisa menjaga kebhinekaannya sejak dulu. Ramadhan pun seakan menjadi tali perekat silahturahmi dan persaudaraan di antara umat beragama Nusantara. Selamat menunaikan ibadah puasa, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Tradisi Unik Sambut Ramadhan
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup