facebook

Tradisi Lebaran Mancanegara

Senin, 19 June 2017 - 15:37:44 WIB
Diposting oleh : Berry
Tradisi Lebaran Mancanegara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Tradisi Lebaran Mancanegara

Hai Berrykitcheners! Setiap tahun, bulan Ramadan dan Idul Fitri selalu mendatangkan nikmat dan pengalaman baru bagi kita. Apa pengalaman barumu di tahun ini? Jika Indonesia mengenal ketupat dan sungkeman sebagai bagian dari tradisi Idul Fitri, lalu bagaimana dengan negara-negara lain di belahan dunia? Simak yuk!

 

1. India

xcds

 

Selain dikenal sebagai negara Bollywood, India juga dikenal memiliki kebudayaan dan tradisi yang sangat kental. Jika biasa banyak festival yang diadakan, bagaimana dengan perayaan Idul Fitri di negara ini ya? Pemeluk Islam akan berkupul di Jama Mesjid, New Delhi, untuk melakukan shalad Id. Mereka juga akan menyiapkan hidangan khusus yang disebut siwaiyaan. Siwaiyaan adalah hidangan yang terbuat dari campuran bihun manis dengan buah kering dan susu. Siwaiyaan hadir dalam beragam bentuk dan warna lho.

2. Turki

wqq

 

Berbeda dengan India, Turki memiliki nama Idul Fitri tersendiri lho. Idul Fitri di Turki sendiri dinamakan Seker Bayram atau Festival Gula. Dalam tradisi ini warga Turki akan saling mengantarkan manisan di hari raya Idul Fitri. Nggak cuma Indonesia, Turki juga mengenal tradisi sungkeman lho. Di hari Idul Fitri, anak-anak Turki akan bersalaman hingga melakukan sembah sujud pada orang tua mereka. Ritual itu pun kemudian dibalas dengan ciuman di kedua pipi sebagai simbol kasih sayang dari orang tua mereka. Setelah itu, anak-anak pun mendapat hadiah berupa manisan, permen, atau koin uang.

 

3. Arab

wq

 

Di negara asalnya, Idul Fitri tentu dirayakan dengan sangat meriah. Di Riyadh, Arab Saudi misalnya, Idul Fitri dirayakan sangat kental dengan kesenian. Aneka pagelaran pun diadakan seperti pertunjukan musik, teater, dan parade. Jika kita merayakan Idul Fitri dengan ketupat dan opor ayam, maka Arab Saudi memiliki daging domba yang dicampur dengan nasi dan sayuran tradisional.

 4. China

dsefdwe

 

Berpikir China merupakan negara komunis atau mungkin sama sekali tidak ada yang beragama muslim? Well, nyatanya menginjak tahun 2016 lalu, penduduk muslim di China sudah menembus angka 50 juta lho, Berrykitcheners. Tak heran, terdapat lebih dari 3 ribu mesjid di negeri Tirai Bambu tersebut. Bagaimana Idul Fitri dirayakan oleh masyarakat Islam di China? Dalam merayakan Lebaran, China memiliki tradisi mengunjungi makan leluhur, untuk membersihkan dan mempersembahkan doa bagi leluhur. Tradisi ini juga dilakukan untuk menghormati ratusan ribu umat muslim yang tewas saat Dinasti Qing, dan selama periode Revolusi Kebudayaan. Mereka pun melakukan shalat Id, makan bersama dan silaturahmi.

5. Amerika serikat

 

dsaxa

Sebagai negara yang menjunjung tinggi kebebasan, Amerika juga dikenal sebagai negara destinasi imigran dari berbagai belahan dunia. Salah satu kalangan imigran yang terbentuk di negara adidaya tersebut ialah kalangan imigran muslim. Idul Fitri akan diumumkan melalui telepon atau internet. Karena berasal dari berbagai negara, maka para imigram muslim akan mengenakan pakaian berwarna-warni sesuai dengan negara asalnya. Usai shalat Id, prosesi dilanjutkan dengan saling mengucapkan Happy Eid atau Eid Mubarak antar sesama jamaah shalat Id, maupun para sahabat dan kenalan.

 

Setelah sebulan penuh berpuasa, Idul Fitri dijiwai sebagai hari kemenangan dari segala dosa dan nafsu. Idul Fitri pun identik dirayakan dengan permohonan maaf yang saling bertautan. Jika negara-negara di atas memiliki tradisinya tersendiri dalam merayakan Idul Fitri, bagaimana dengan tradisi Idul Fitri di kampung halamanmu?

Kata Kunci: Tradisi Lebaran Mancanegara
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup