facebook

Super Besar dari Indonesia

Jumat, 17 March 2017 - 10:34:14 WIB
Diposting oleh : Berry
Super Besar dari Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Super Besar dari Indonesia

Hai Berrykitcheners! Setuju nggak sih kalau kuliner nusantara selalu behasil memanjakan lidahmu dengan semua varian rasa dan rempahnya? Yap, mulai dari makanan berat hingga jajanan pasar semua diolah dengan nikmat hingga dapat bertahan dari masa ke masa. Tidak hanya melakukan inovasi dalam berbagai varian rasa serta penyajiannya, makanan-makanan ini juga dibuat dalam ukuran super besar lho, Berrykitchenes. Apa saja ya makanan super besar menurut museum rekor Indoneisa (MURI)? Yuk simak!

 

1. Kerupuk

d3ds

 

Kriuk kriuk..! Yap, rasanya yang asin gurih dan sensasi renyahnya, membuat kerupuk banyak dijadikan kudapan sebagai teman lauk pauk dikala menyantap nasi. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis kerupuk, mulai dari kerupuk keriting, kerupuk udang, hingga kerupuk ikan yang terkenal dari Palembang. Adalah PT Sekar Laut yang behasil memecahkan dua rekor MURI sekaligus, rekor pembuatan kerupuk terbesar dan rekor makan kerupuk terbanyak yakni sebanyak 10 ribu peserta. Kerupuk yang memperoleh rekor sebagai kerupuk terbesar ini memiliki panjang 400 cm, lebar 50 cm, dan tebal 0,3 cm. Kerupuk yang beratnya hampir mecapai 5 kilogram ini menggunakan bahan baku alami seperti udah 15 kilogram dan digoreng dengan 1000 liter minyak!

 

2. Burger

3e32

 

Nggak cuma di luar negeri, roti berlapis daging ham, keju, dan sejumlah irisan sayuran ini pun digemari oleh berbagai kalangan di penjuru dunia termasuk di tanah air.  Tertantang dengan kudapan ala Western yang satu ini, tim kitchen The Food Hall membuat burger terbesar di Indonesia! Burger berdiameter 1 meter dan tinggi ini dibuat di Grand Indonesia dan berhasil memperoleh rekor MURI sebagai burger terbesar.

 

3. Lumpia

dw3d

 

Dikenal sebagai makanan khas Semarang, lumpia biasa dijadikan oleh-oleh dan digemari karena rasanya yang renyah dan berbumbu asin gurih. Lumpia sendiri diketahui memiliki sejarah yang cukup panjang sebagai makanan cina peranakan di Indonesia. Lumpia terpanjang dibuat dalam rangka memeringati hari ulang tahun salah satu bank daerah asal Jawa Tengah. Tak ketinggalan, dalam acara tersebut, ada 5200 peserta yang menyantap lumpia secara serentak. Kamu kah salah satunya?

 

4. Pempek

kjhkjnl

 

Dengan adonan ikan yang terasa nikmat dan gurih di mulut, pempek kerap memanjakan lidahmu. Berbeda dengan Jakarta, penjual pempek hampir bisa ditemui di setiap ruas jalan di Palembang. Jika biasa pempek dibuat dalam ukuran normal, beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2009, pempek berukuran super besar dibuat di Palembang. Yap, pempek tersebut berukuran 205 cm x 103 cm x 15 cm. Beratnya pun bahkan mencapai 812 kg. Pempek ini dibuat bukan semata untuk memecahkan rekor MURI saja, Berrykitcheners. Pempek ini merupakan trik dari pemerintah kota Palembang untuk menarik para wisatawan. Menarik wisatawan dengan kulinernya? Wah, kamu si pecinta kuliner pasti tertantang.

 

Dimana pun kita menapakkan kaki, kuliner nusantara kerap menjadi idaman lidah. Karena secara turun temurun, hidangan nusantara telah diwariskan sejak kecil hingga menjadi akrab dengan lidah kita. Beribu cara telah dilakukan untuk melestarikan kuliner tanah air dan mengenalkannya pada dunia. Jika beberapa orang mencoba membuat ukuran super besar untuk melestarikannya, bagaimana denganmu?

Kata Kunci: Super Besar dari Indonesia
Bagikan ke teman Kamu