facebook

Seruput 7 Kopi Populer

Kamis, 27 July 2017 - 16:40:18 WIB
Diposting oleh : Berry
Seruput 7 Kopi Populer

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Seruput 7 Kopi Populer

Hai Berrykitcheners! Bicara tentang kopi, setuju nggak sih kalau kopi kini berhasil mendapatkan tempat di hati sebagian besar kalangan Ibu Kota? Nggak heran, banyak café atau tempat ngopi mulai berjamuran di Jakarta. Beberapa café pun terlihat selalu ramai pengunjung. Yap, café di Jakarta biasa menyuguhkan beberapa jenis kopi sebagai andalan mereka. Apa perbedaan jenis kopi yang wajib kamu tahu? Simak yuk!

 

1. Espresso

cdsa

 

Berasal dari bahasa Italia yang berarti “express” atau cepat, espresso dibuat dengan cepat untuk segera disajikan pada pelanggan. Terciptanya espresso ditandai dengan ditemukannya mesin kopi oleh Luigi Bezzera tahun 1901.  Memesan espresso dan ternyata disajikan dalam gelas yang sangat kecil? Jangan kaget, Berrykitcheners. Espresso sendiri merupakan kopi hitam dengan aroma dan cita rasa yang sangat kuat. Mengingat kepekatannya, espresso biasa hanya disajikan dalam secangkir gelas bervolume 40 milimeter. Espresso pun kemudian banyak dijadikan bahan dasar pembuatan berbagai jenis kopi lainnya yang akrab di telinga kamu.

 

2. Latte

asda

 

Jika ditilik, cita rasa susu pada latte sering kali lebih terasa dibanding cappucino. Lebih dari itu, perbedaan kedua kopi ini terletak pada proses steaming susu yang digunakan. Latte menggunakan susu yang dihangatkan menggunakan uap air sesuai suhu yang diinginkan dengan tujuan untuk menghasilkan micro foam. Micro foam dihasilkan oleh udara yang masuk kedalam susu saat saat sedang dihangatkan. Proses ini pun menimbulkan bunyi “hisss” yang biasa kamu dengar di coffee shop. Dengan tekstur micro foam yang sempurna, barista pun menciptakan latte art yang jadi favoritmu. Latte sendiri menggunakan 2/6 espresso shot, 3/6 susu, dan 1/6 micro foam.

 

3. Cappucino

dew

 

Bagi sebagian orang, cappucino dan latte memiliki ciri dan rasa yang serupa, namun pecinta kopi pasti mengetahui perbedaannya. Berasal dari Italia, bagian atas cappucino dipenuhi oleh buih atau froth susu, lalu kopi pun dihidangkan dengan taburan bubuk cokelat sehingga menambah kelezatan dan daya tarik tampilannya. Tidak hanya terletak pada buih dan cokelat, perbedaan cappucino dan latte pun bisa ditilik dari komposisinya. Secangkir cappucino terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 steam milk, 1/3 milk froth.

 

4. Macchiato

dqwdq

 

Racikan kopi dan susu terbukti menghasilkan berbagai minuman, salah satunya macchiato. Macchiato sendiri dikenal terbagi atas dua jenis yaitu latte macchiato dan espresso machiato. Late macchiato merupakan perpaduan antara segelas susu yang ditambahkan sedikit espresso. Sebaliknya, espresso macchiato merupakan hasil racikan segelas espresso yang dituang sedikit susu. Mau rasa kopi atau susu yang lebih kuat? Pilih sesuai seleramu.

 

5. Frappucino

dwe

 

Bila ditilik penemuannya, frappucino berasal dari frappe, sejenis racikan kopi yang diciptakan di Yunani secara tidak sengaja. Nggak seperti jenis kopi lainnya, frappe dibuat dengan air dingin sehingga tercipta es kopi. Frappe pun kemudian dikembangkan menjadi frappucino yang menggabungkan frappe dan capucino. Paduan kopi espresso dan buih susu, yang kemudian diblender dengan es, krim kocok, dan bahan lainya. Frappucino pun jadi salah satu kopi yang disuguhkan oleh salah coffee shop kenamaan dunia.

 

6. Mocha

dd

 

Berbeda dengan minuman lainnya, mocha dihasilkan dari perpaduan espresso dan cokelat yang menghasilkan rasa manis, kuat, dan lezat di setiap tegukan. Mocha pun dapat diracik dari menggunakan aneka jenis cokelat seperti dark chocolate, milk chocolate, dan chocolate syrup. Mocha yang menggunakan dark chocolate pun biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu manis dibanding milk chocolate atau chocolate syrup. Menggabungkan espresso dan cokelat, kopi ini biasa disajikan dengan latte style steamed milk. Beberapa istilah seperti mochachino dan mocha Mochalatte yang ada di coffee shop merujuk pada cappucino dan latte yang ditambahkan cokelat. Mocha pun kian terasa nikmat dengan tambahan whipped cream diatasnya. Setuju?

 

7. Flat white

dede

 

Berbeda dengan kopi lainnya, terdapat berbagai persepsi tentang kopi ini. Ada yang mendefinisikan flat white sebagai latte dalam porsi yang lebih kecil. Di lain pihak, beberapa pendapat mengatakan, perbedaan flat white dan latte terletak pada porsi espresso yang dicampurkan. Jika latte menggunakan double shot espresso, maka flat white menggunakan single shot espresso. Flat white sendiri terdiri dari espresso dan velvet microfoam, menghasilkan rasa espresso yang dominan namun tetap creamy dan lembut. Kopi yang berasal dari Australia dan New Zealand ini pun sangat digemari di negara asalnya lho.

Nggak perlu bingung lagi saat ngopi di coffe shop bukan? Mengandung kafein yang mampu menyegarkan serta membangkitkan mood kamu seketika, kopi pun sering diseruput sembari mengerjakan tugas atau pekerjaan di kantor. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Seruput 7 Kopi Populer
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup