facebook

Serba-serbi Operasi Plastik

Kamis, 11 October 2018 - 10:45:28 WIB
Diposting oleh : Berry
Serba-serbi Operasi Plastik

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Serba-serbi Operasi Plastik

Publik dihebohkan oleh ulah seorang aktivis politik yang akhirnya mengaku melakukan operasi plastik setelah sebelumnya berbohong telah dianiaya. Kini, topik tentang bedah kosmetik ramai diperbicangkan.

 

Yuk, ketahui serba-serbi operasi plastik, khususnya bedah kecantikan, lewat informasi yang Berrykitchen rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

 

Asal Mula Kata ‘Plastik’

Operasi plastik tidak benar-benar menggunakan bahan plastik seperti namanya, lho. Kata plastik diambil dari Bahasa Yunani πλαστική (baca: plastike) yang berarti seni membuat model dari bahan yang bisa dibentuk.

 

Dua Jenis Operasi Plastik

Operasi plastik adalah spesialisasi bedah yang meliputi restorasi, rekonstruksi, atau pengubahan tubuh manusia. Ada dua macam operasi plastik, yakni:

  • Operasi rekonstruksi bertujuan mengembalikan bagian tubuh yang atau memperbaiki fungsinya. Misalnya, memperbaiki kerusakan akibat luka bakar, cedera traumatik, cacat bawaan, cacat perkembangan, infeksi dan penyakit, serta kanker atau tumor.
  • Operasi aestetik atau bedah kosmetik berfungsi memperindah penampilan. Biasanya dilakukan atas keinginan pribadi pasien. Misalnya, memancungkan hidung, meniruskan wajah, dan sebagainya.

 

5 Prosedur Operasi Kecantikan Paling Populer di Dunia

  • Memperbesar payudara
  • Sedot lemak
  • Bedah kelopak mata
  • Operasi bentuk hidung
  • Abdominoplasty (operasi di bagian perut)

 

Botox

Botox sebenarnya adalah merek prosedur kecantikan nonoperasi yang terbuat dari botulinum toxin. Botulinum toxin adalah protein yang diperoleh dari bakteri Clostridium botulinum yang bisa menyebabkan penyakit langka dan fatal, botulisme. Namun, penggunaannya dalam bidang kecantikan tergolong aman dan efektif.

 

Botox dapat mengurangi kerut di wajah, terutama di sepertiga paling atas wajah, dengan merelaksasi otot wajah sehingga kulit di atasnya tampak halus. Botox disuntikkan ke otot di bawah area wajah yang berkerut. Efeknya biasanya hilang setelah 3-6 bulan, sehingga pasien perlu mengulangi suntik Botox lagi jika ingin kulit wajahnya tetap halus.

 

5 Negara Teratas untuk Bedah Kosmetik

Korea Selatan dan Thailand mungkin jadi tujuan favorit untuk melakukan bedah plastik. Namun, menurut data International Society of Aesthetic Plastic Surgeons (ISAPS) yang dipublikasikan pada 2017, prosedur operasi kecantikan paling banyak dilakukan oleh orang:

  • Amerika Serikat
  • Brazil
  • Jepang
  • Italia
  • Meksiko

 

Maraknya Operasi Plastik Dipicu Tren Selfie

Menurut Huffington Post, sebagian orang melakukan operasi plastik semata agar terlihat lebih menarik saat selfie. Tak heran, minat terhadap bedah kosmetik meningkat semenjak tren selfie mewabah.

 

Gangguan Dismorfik Tubuh

Body dysmorphic disorder (BDD) adalah gangguan psikologis ketika seseorang terobsesi terhadap kekurangan fisik mereka yang seringkali sangat sepele atau bahkan tidak nyata. Penderitanya bisa sampai mengurangi interaksi sosial dan tidak mau muncul di depan umum dengan tubuh mereka yang dinilai tidak sempurna.

 

Menurut berbagai sumber, sekitar 2% dari populasi mengalami gangguan ini. Sebanyak 6-15% pasien operasi plastik mengalami BDD. Seringkali mereka ditolak oleh dokter bedah karena mereka melihat bahwa pasien tersebut lebih membutuhkan perawatan psikologis daripada operasi.

 

Risiko Operasi Plastik

Semua tindakan bedah memiliki risiko. Komplikasi umum yang terjadi akibat bedah kosmetik di antaranya:

  • Hematoma (lebam)
  • Kerusakan saraf
  • Infeksi
  • Luka parut
  • Gagal implan
  • Kerusakan organ

 

Sebagian orang tergiur iming-iming harga miring dan tidak memilih dokter bedah yang tepat. Sehingga, bila hasilnya tak sesuai harapan, mereka harus kembali ke meja operasi dan mengeluarkan uang tambahan. Kalaupun berhasil, butuh waktu lama bagi tubuh untuk sembuh. Artinya, pasien terpaksa tidak bekerja dan berolahraga selama beberapa hari atau bahkan minggu.

 

Biaya Operasi Plastik

Menurut artikel dari Thetalko.com, abdominoplasty bisa menghabiskan biaya hingga USD 5.000 (Rp 76 juta) atau lebih, sementara rhinoplasty bisa mencapai USD 4.000 (Rp 61 juta). Facelift atau operasi untuk mengencangkan kulit wajah dan mengjilangkan kerutan bahkan bisa memakan biaya hingga USD 6.500 (Rp 99 juta).

 

Operasi plastik sering dijadikan jalan pintas untuk tampil lebih menarik. Padahal, kalau kamu tekun dan mau bersabar, perawatan kulit dengan menjalani gaya hidup sehat akan membuat kamu cantik luar dalam, lho. Contohnya adalah dengan rajin berolahraga, hindari rokok, dan makan makanan sehat.

 

Untuk pemanis makanan, pilih stevia yang alami dan lebih baik untuk tubuh seperti yang terdapat dalam Bango Light. Lebih dari sekadar tampil cantik dan awet muda, kesehatanmu juga akan terjaga, Berrykitcheners.

 

Foto: https://carilionclinicliving.com

 

Kata Kunci: Serba-serbi Operasi Plastik
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup