facebook

Sejarah Cap Go Meh

Senin, 06 February 2017 - 17:48:01 WIB
Diposting oleh : Berry
Sejarah Cap Go Meh

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Sejarah Cap Go Meh

Hai Berryitcheners! Bagaimana perayaan Imlekmu tahun ini? Walau telah beberapa hari berlalu, ternyata Imlek masih memiliki serangkaian acara untuk dirayakan lho. Cap Go Meh. Sebagian dari kamu pasti tak asing mendengar kata ini. Apa dan bagaimana sejarah perayaan Cap Go Meh? Berikut kisahnya!

Cap Go Meh diambil dari bahasa Hokkian yang berarti malam ke 15. Sementara di daratan Tiongkok sendiri, Cap Go Meh dikenal dengan sebutan Yuan Xiao Jie.  Cap Go Meh pun memiliki nama yang berbeda di masing-masing negara, dan terdapat beberapa versi mengenai sejarah terciptanya.

iuhiu

Cap Go Meh dirayakan sebagai bagian dari serangkaian kegiatan Imlek yang biasa jatuh pada malam ke 15 bulan pertama menurut penanggalan kalender Tionghoa. Perayaan Cap Go Meh sendiri dimulai sejak abad ke-17.

Pada masa dinasti Zhou, para petani akan memasang lampion –lampion yang diberi nama Chau Tian Can di sekeliling ladang mereka untuk menakuti binatang perusak tanaman atau mengusir hama. Pemasangan lampion inilah yang kemudian menciptakan pemandangan indah pada setiap malam ke 15 di bulan pertama.

kuu

Tidak hanya lampion, untuk mengusir binatang atau hama perusak tanaman, mereka pun menambahan bunyi-bunyian dan permainan barongsai di malam itu. Di bawah bulan purnama yang bersinar sempurna, penduduk akan berkumpul dan bersuka ria.

Di Barat, Cap Go Meh dinilai sebagai perayaan yang identik dengan etnis Tionghoa. Umumnya, saat perayaan berlangsung, pawai yang dimulai dari Kelenteng pun turut di lakukan. Tradisi inilah yang kemudian dirayakan sebagai malam Cap Go Meh secara turun temurun hingga kini.

ug

Namun, terdapat versi lain mengenai sejarah Cap Go Meh. Versi lain tersebut mengisahkan bahwa perayaan Cap Go Meh dimulai dari masa dinasi Xie Han dan dirayakan sebagai bentuk penghormatan terdahap Dewa Thai-Yi. Upara ini dirayakan setiap tanggal 15 bulan pertama kalender Tinghoa.

Semasa dinasti Han, upacara ini dilakukan secara tertutup dan hanya diperuntukkan bagi kalangan istana. Namun saat dinasti Tang memimpin Tionghoa, upacara ini mulai dirayakan secara luas. Selain berkumpul dan menyalakan lampion, warga Tionghoa juga biasa akan menyantap Yuan Xiao, makanan khas berbetuk bola yang terbuat dari tepung beras.

kjjlk

 

Setiap perayaan tentu memiliki makna dan harapan untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik. Karena umur perayaan yang dapat dikatakan sudah tua, Cap Go Meh pun memiliki beberapa versi sejarah kelahirannya, bagaimana dengan versimu dan keluarga?

Kata Kunci: Sejarah Cap Go Meh
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup