facebook

Popcorn si Camilan Bioskop

Rabu, 07 February 2018 - 14:15:47 WIB
Diposting oleh : Berry
Popcorn si Camilan Bioskop

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Popcorn si Camilan Bioskop

Hai Berrykitcheners! Memasuki bulan ke dua di tahun 2018, film bioskop apa saja yang sudah kamu tonton? Nggak hanya menghabiskan waktu luang, menonton film di bioskop juga mampu melepas penat dan stress kamu setelah seminggu penuh bekerja. Selain menonton, para pengunjung bioskop juga dimanjakan oleh hidangan maupun camilan yang bisa disantap sembari menonton. Popcorn salah satunya. Siapa sih yang nggak kenal dengan camilan yang identik sama bioskop ini? Dari sekian banyak camilan, kenapa popcorn seolah menjadi camilan “wajib” mereka ya? Kita cari tahu yuk!

Walau kini dijadikan komoditas oleh pihak bioskop selain film-film yang mereka, nyatanya popcorn dulu dilarang masuk ke bioskop lho. Whoa! Kok bisa?

sd

 

Dulu, berondong jagung atau yang populer dengan sebutan popcorn ini dilarang masuk dengan alasan bahwa camilan ini menimbulkan suara berisik saat kita menyantapnya. Beberapa makanan memang diketahui bisa menimbulkan suara ketika dikunyah, terutama makanan yang bersifat garing dan renyah seperti keripik. Sama seperti keripik, popcorn pun menimbulkan suara ketika dikunyah. Suara yang ditimbulkan saat menyantap popcorn ini lah yang dianggap dapat mengganggu penonton lain.

Tidak di dalam bioskop, kepopuleran popcorn dimulai pada tahun 1800 di dalam karnaval maupun pameran. Camilan yang mudah dibuat ini memiliki rasa lezat yang pasti akrab dengan lidah kamu. Begitu pun dengan orang-orang di masa lalu. Setiap sebuah pameran atau karnaval digelar, popcorn selalu menjadi camilan yang diserbu.

sqwq

 

Di masa itu, popcorn juga dianggap makanan yang berasal dari pinggir jalan yang tidak cocok untuk dihidangkan pada pengunjung bioskop kala itu. Yap. Hanya kalangan terpelajar dan “melek huruf” yang bisa menikmati gegap gempita teater di masa itu.

Sejak Great Depression di Amerika yang terjadi sekitar tahun 1927, target pasar bioskop mulai bergeser. Great Depression sendiri merupakan kejatuhan kondisi ekonomi hingga berada dalam tingkat keterpurukan. Semua orang membutuhkan hiburan untuk melupakan masalah mereka sejenak, sehingga film bioskop pun hadir dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

dww

 

Walau saat itu popcorn belum resmi jadi kudapan di bioskop, para penjualnya menjajakan kudapan ini di depan bioskop. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat, membuat pengunjung bioskop bisa menonton sambil menikmatinya.

Peluang usaha ini tentu tidak disia-siakan oleh para pengusaha bioskop yang pada masa Great Depression akan berusaha menjual apa saja yang disukai oleh pengunjung mereka. Mereka kemudian membuat popcorn sendiri lalu menjualnya pada para pengunjung bioskop.

Sejak saat itu, popcorn menjadi camilan yang selalu disajikan di bioskop hingga kamu bisa menikmatinya saat ini. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya!

 

Kata Kunci: Popcorn si Camian Bioskop
Bagikan ke teman Kamu