facebook

Perayaan Thanksgiving di Berbagai Negara

Kamis, 22 November 2018 - 01:58:41 WIB
Diposting oleh : Berry
Perayaan Thanksgiving di Berbagai Negara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Perayaan Thanksgiving di Berbagai Negara

Seperti namanya, Thanksgiving berarti adalah momen untuk berterima kasih dan mengucap syukur. Tradisi ini tidak hanya diselenggarakan di Amerika, tapi juga di berbagai negara lain di seluruh dunia. Biasanya Thanksgiving adalah festival panen yang berakar pada tradisi agama dan budaya yang kemudian dijadikan hari libur nasional.

 

Tiap negara punya cara merayakan Thanksgiving yang unik, lo. Ini contohnya:

 

Amerika Serikat

Awalnya, Thanksgiving adalah festival panen di Amerika Serikat. Sekarang, Thanksgiving dijadikan hari libur nasional yang dirayakan di Kamis keempat di bulan November. Tahun ini, Thanksgiving jatuh pada tanggal 22 November. Hari istimewa ini sering dijadikan ajang berkumpul dengan keluarga dan memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan.

 

Makanan khas Thanksgiving adalah kalkun, sampai-sampai hari spesial ini juga dikenal dengan sebutan ‘Hari Kalkun (Turkey Day)’. Daging kalkun dipanggang dan diisi dengan berbagai bahan, lalu disajikan dengan makanan pendamping seperti kentang lumat dengan saus daging, saus cranberry, jagung manis, ubi, serta dessert pumpkin pie.

 

Kanada

Seperti di negara tetangganya, Kanada punya Thanksgiving yang dijadikan hari libur nasional. Tapi tanggalnya berbeda, yakni pada Senin kedua di bulan Oktober karena musim panennya datang lebih awal. Hidangan yang tersaji sama dengan di Amerika Serikat, tapi biasanya disantap di hari Minggunya.

 

Orang Kanada menghias gereja dengan berbagai bunga dan buah saat Thanksgiving. Hari istimewa ini juga diisi dengan parade dan pertandingan sepakbola.

 

India

Pongal adalah istilah untuk festival panen di India Selatan. Perayaan ini berlangsung selama empat hari di pertengahan Januari. Hari pertama disebut Bhogi Pongal dan digelar untuk menghormati Dewa Indra yang menguasai hujan. Orang-orang India membuang barang-barang lama dan menghias rumah.

 

Hari kedua (Thai Pongal) diperuntukkan bagi Surya, dewa matahari. Persembahannya berupa nasi yang dimasak dengan susu, serta tebu, kelapa, dan pisang. Para peserta upacara mengenakan pakaian tradisional. Sementara itu, Maatu Pongal di hari ketiga adalah waktunya berterima kasih kepada sapi, kerbau, dan banteng dengan menghiasnya dan membawanya keliling kota.

 

Di hari terakhir atau Kaanum Pongal, orang-orang India pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga, berbagi hasil panen, dan bersyukur atas kesuksesan panen tahun itu.

 

Jepang

Perayaan serupa Thanksgiving di Jepang adalah Kinrō Kansha no Hi yang berarti hari terima kasih pada buruh. Hari libur nasional ini diselenggarakan setiap tanggal 23 November untuk memperingati jasa para tenaga kerja dan produksi serta untuk saling mengucapkan terima kasih.

 

Di hari ini, anak-anak sekolah dasar biasanya membuat gambar dan memberikannya sebagai hadiah kepada polisi-polisi setempat.

 

Jerman

Di Jerman ada Erntedankfest, festival umat Kristiani untuk mensyukuri hasil panen, yang biasanya digelar di Minggu pertama Oktober. Hasil bumi dibawa ke gereja untuk diberkati lalu dibagikan kepada orang-orang miskin.

 

Setelah pelayanan-pelayanan gereja di siang hari, ada parade lentera di malam hari yang biasanya ditujukan untuk anak-anak. Makanan khas Thanksgiving di Jerman bukan kalkun, melainkan ayam yang sudah digemukkan.

 

Liberia

Liberia adalah sebuah negara di Afrika Barat yang pernah dijajah Amerika. Di sini, Thanksgiving juga jadi hari libur nasional, namun biasanya jatuh pada Kamis pertama di bulan November. Makanan khasnya berupa daging ayam panggang, singkong lumat, dan casserole buncis.

 

United Kingdom

Festival panen semacam Thanksgiving tidak punya tanggal resmi di United Kingdom. Biasanya, acara ini digelar di hari Minggu di bulan panen yang paling dekat dengan musim gugur.

 

Orang-orang Inggris dan sekitarnya akan membuat boneka dari jagung dan bersantap besar dengan hasil-hasil panen. Anak-anak membawa buah dan sayur ke gereja dan sekolah, yang kemudian akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

Kalau di Indonesia, seremoni apa, ya, yang bisa dikategorikan Thanksgiving?

 

Foto: bettycrocker.com

 

Kata Kunci: Perayaan Thanksgiving di Berbagai Negara
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup