facebook

Peran Air dalam Tubuh

Senin, 07 August 2017 - 11:15:23 WIB
Diposting oleh : Berry
Peran Air dalam Tubuh

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Peran Air dalam Tubuh

Hai Berrykitcheners! Sudah minum air putih hari ini? Berfungsi sebagai penumpas dahaga, air putih kerap jadi minuman paling sederhana dan praktis untuk kamu minum kapan saja. Walau begitu, kamu tidak boleh meremehkan manfaatnya untuk tubuhmu lho. Seberapa penting air putih dan apa peranannya bagi tubuhmu? Simak ulasannya yuk!

 

1. Pembentuk sel dan cairan tubuh

adqs

 

Bukan cuma sebagai pelepas dahaga, air ternyata mengisi sebagian besar area dalam tubuhmu lho. Air merupakan komponen utama untuk membentuk sel tubuh, yaitu sebesar 60 – 70 persen. Beberapa organ dalam tubuhmu pun mengandung air dalam jumlah besar seperti paru-paru sebesar 90 persen, kulit 80 persen, darah 82 persen, bahkan hingga otak kita sendiri memiliki kandungan air sebanyak 70 persen. Jumlah yang cukup fantastis bukan?

 

2. Media transportasi

ddq

 

Pernah bertanya bagaimana semua nutrisi yang masuk dalam perutmu dialirkan ke seluruh tubuhmu? Air membantu pertumbuhan dan regenerasi sel secara efektif serta berperan sebagai media beragam zat yang memiliki kutub ion dan sifat yang berbeda. Mirip seperti kendaraan, air juga membawa oksigen untuk dialiran ke seluruh tubuh dan membawa gas karbondioksida saat kamu mengeluarkan napas. Masih ingat percobaan ilmiah yang kamu lakukan waktu SD bukan? Hembuskan napasmu pada kaca dan kamu akan melihat uap air yang juga terbuang bersama napas dari dalam tubuh.

 

3. Melarutkan dan membantu pencernaan

wqq

 

Berrykitcheners setuju nggak sih, saat lidah dipenuhi rasa makanan yang pekat, kamu juga butuh air putih untuk menyegarkan mulutmu? Bukan hanya membantu saat kesulitan menelan makanan, air juga membantu melarutkan makanan yang kamu santap lho. Air membantu memproduksi air liur dalam mulut yang mengandung enzim untuk membantu melumatkan, melarutkan dan melumasi makanan agar dapat masuk ke tenggorokan. Hingga pada akhirnya, air membawa sisa metabolisme ke luar dari tubuh melalui saluran kemih, napas dan kulit.

 

4. Pelumas dan bantalan

dwdq

 

Nggak cuma sistem metabolisme dan pernapasan saja yang butuh air, tapi sendimu juga, Berrykitcheners. Dalam tubuh, air juga dapat diubah menjadi cairan sendi yang berfungsi sebagai lubrikan atau pelumas sehingga sendi dapat bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi. Selain menjadi pelumas, air juga berperan sebagai ‘bantalan’ tahan getar pada sejumlah jaringan tubuh seperti otak, mata, dan kantong amnion dalam rahim.

 

Memegang peranan penting, kebutuhan air pun berbeda pada setiap orang. Umumnya, orang dewasa dengan aktivitas ringan, bekerja di kantor berpenyejuk ruangan membutuhkan asupan cairan sebanyak 2,5 liter per hari. Jumlah air dalam tubuh orang dewasa pun tercatat sebesar 70 persen lho, Berrykitcheners. Kebayang kan seberapa penting pemenuhan asupan air dalam tubuh kita setiap hari?

Kata Kunci: Peran Air dalam Tubuh
Bagikan ke teman Kamu