facebook

Peran Air Alkali dalam Tubuh

Rabu, 09 August 2017 - 13:12:44 WIB
Diposting oleh : Berry
Peran Air Alkali dalam Tubuh

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Peran Air Alkali dalam Tubuh

Hai Berrykitcheners! Apa kabar harimu? Semoga makin ceria dan semangat ya! Dikonsumsi setiap hari, pemilihan air putih berkualitas tentu sangat penting untuk tubuhmu. Selain menghidrasi, air yang kamu minum juga diubah menjadi berbagai ‘bentuk’ dalam tubuh, dan berfungsi sebagai media transportasi. Nggak hanya air putih, air alkali juga baik untuk tubuhmu lho. Apa itu air alkali dan bagaimana cara kerjanya dalam memberi manfaat bagi tubuh? Simak ulasannya yuk!

 

ddw

 

Berbeda dengan air putih biasa, air alkali yang dapat dikonsumsi memiliki pH basa yang diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan, berkisar 7 – 8,5. Masih ingat dengan pelajaran ‘asam-basa’ yang kamu peroleh waktu SMA? pH merupakan skala untuk mengukur konsentrasi ion hidrogen dalam cairan. Skala pH berkisar antara 0-14. Dengan pengertian semua zat di bawah angka tujuh dikategorikan sebagai asam, tepat berada pada angka tujuh bersifat netral, sementara di atas angka tujuh maka dikategorikan sebagai basa.

 

xasa

 

Air putih biasa memiliki pH berkisar tujuh yang tak lain bersifat netral, sementara air alkali dengan pH di atas tujuh tentu memiliki sifat basa. Mengapa air alkali penting untuk kamu konsumsi? Umumnya, darah manusia memiliki pH sekitar 7,4 yang berarti sedikit basa. Sangat penting bagi kita untuk menjaga pH tubuh dalam kisaran yang ketat. Kenaikan atau penurunan sekecil 0,05 pH dalam darah saja berpotensi menimbulkan resiko kesehatan yang berat.

Bahkan Budwig Center, sebuah klinik pengobatan kanker alternatif yang berbasis di Spanyol percaya, pH tubuh harus dipertahankan dengan ketat pada 7,4 untuk memeroleh dan memertahankan kesehatan yang optimal dan melawan kanker.

 

qwdq

 

Kendati begitu, hidangan yang kerap kamu konsumsi sehari-hari bersifat asam. Yap. Kamu tentu akrab dengan beberapa hidangan seperti daging, seafood, unggas, telur, gorengan, hingga minuman seperti teh, kopi, dan minuman berkarbonasi bukan? Semua jenis makanan tersebut ternyata bersifat asam lho.

Budwig Center pun percaya bahwa memiliki asam terlalu banyak di tubuh dapat melemahkan semua sistem dalam tubuh. Hiii.. Nggak mau kan? Sebab itu, air alkali dapat berperan penting bagi tubuhmu. Dengan sifatnya yang basa, air alkali akan membantu kamu untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh.

 

ddw

 

Selain membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, beberapa studi juga menunjukkan air alkali membantu menangani beberapa masalah kesehatan. Studi “Shanghai Journal of Protective Medicine” menemukan, minum air alkali 3 sampai 6 bulan, dapat menurunkan tingkat tekanan darah, glukosa darah, hingga kolesterol. Sementara dalam studi “Annals of Otology, Rhinology, dan Laryngology”, Juli 2012, menunjukkan bahwa air dengan pH bersifat basa dapat secara efektif menetralkan asam lambung dan pepsin. Air alkali  pun dapat digunakan sebagai bagian dari pengobatan refluks asam.

Walau bersifat basa, kamu tidak perlu khawatir air alkali akan memiliki rasa pahit kok. Air alkali memiliki pH basa namun masih terasa netral di lidah. Nggak hanya sebagai penuntas dahaga, air alkali juga mampu menjaga pH dalam tubuhmu. Pas banget kan buat kamu yang doyan menyantap aneka kuliner lezat? Jaga pH tubuhmu dari sekarang yuk!

Kata Kunci: Peran Air Alkali dalam Tubuh
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup