facebook

Paskah Dunia

Jumat, 21 April 2017 - 14:47:18 WIB
Diposting oleh : Berry
Paskah Dunia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Paskah Dunia

Hai Berrykitcheners! Menjelang seminggu setelah perayaan Paskah, perubahan apa yang mulai kamu lakukan terdahap diri dan lingkunganmu? Sebagai salah satu agama besar di dunia, hari raya umat Kristiani tentu dirayakan di berbagai belahan dunia, termasuk Paskah. Setiap negara pastinya memiliki cara berbeda untuk merayakan Paskah. Penasaran? Yuk intip!

 

1. Vatikan

jgy

 

Jika Paskah dirayakan di berbagai belahan dunia, terlebih di Vatikan. Penasaran nggak sih, Berrykitcheners bagaimana Paskah dirayakan di sana? Sebagai negara kota yang diberi kewenangan khusus dan pusat kepemimpinan agama Katolik oleh Paus, Vatikan tentu memeringati Paskah. Di Vatikan dan Italia, Paskah dirayakan dengan religius. Jumat Agung diperingati oleh Paus dengan melakukan doa Crucis Via atau Jalan Salib di Colosseum. Doa diucapkan dalam beberapa bahasa. Di saat yang sama, sebuah salib besar dengan obor yang menyala dipasang untuk menerangi langit. Sedangkan Sabtu Suci dan Minggu Paskah akan diperingati dengan menggelar Misa di Lapangan Santo Petrus. Warga pun akan menunggu berkat yang diberikan Paus dari balkon Gereja, yang dikenal dengan nama Urbi Orbi Et atau Untuk Kota da Dunia.

 

2. Hungaria

dewfw

 

Hungaria merayakan Paskah dengan tradisi Sprinkling atau disebut pula Duckling Monday. Berbeda dengan tanah air, sesuai dengan namanya, tradisi Paskah ini dirayakan pada hari Senin. Pada tradisi ini, para ayah akan menyiramkan air wangi kepada anak perempuannya. Ritual ini diyakini sebagai pembersihan, penyembuhan, rangsangan,dan kesuburan pada anak perempuannya. Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi ini sudah diganti dengan menyemprotkan air, parfum, atau cologne.

 

3. Bermuda

xscw

 

Jika Jumat Agung dan Paskah identik dengan perayaan religius dan pagelaran kesenian drama penyaliban Kristus di beberapa Gereja di Indonesia, maka berbeda dengan Bermuda. Uniknya, penduduk Bermuda akan merayakan Paskah dengan  menerbangkan layang-layang, menyantap hot cross buns, dan kue ikan kod. Tradisi menerbangkan layang-layang bermula ketika seorang guru lokal dari Angkatan Darat Inggris kesulitan menjelaskan kenaikan Kristus ke Surga pada dua kelas Sekoah Minggunya. Ia pun akhirnya membuat layang-layang berbentuk Salib untuk menggambarkan proses kenaikan tersebut.

 

4. Norwegia

xqdwq

 

Pecinta film thriller wajib mencicipi perayaan Paskah di Norwegia. Norwegia memiliki musim yang dikenal sebagai ‘Easter-Crime’. Sesuai namanya, perayaan Paskah pun banyak digunakan masyarakat Norwegia untuk membaca buku atau novel misteri yang hanya keluar pada hari Paskah. Momen ini pun dimanfaatkan sebagian besar stasiun televisi yang mengubah jadwal mereka dan hanya menayangkan film seri pembunuhan saat Paskah. Menonton film pembunuhan memang dapat memicu meningkatkan adrenalinmu. Nggak heran jika kamu menyukainya. Mencicipi tradisi yang sudah dimulai sejak 1923 ini? Why not?

 

5. Haiti

jhhb

 

Dari sekian banyak perayaan Paskah yang digelar di berbagai belahan dunia, perayaan Paskah di Haiti bisa jadi merupakan salah satu perayaan yang paling tidak biasa. Di Haiti perayaan Pekan Suci ditandai dengan parade warna wanri dan festival musik tradisional yang dikenal dengan nama Rara. Yang membedakannya dengan perayaan Paskah lainnya ialah, warga Haiti akan melakukan tradisi campuran Katolik dan Voodoo. Mereka akan memegang kapala kambing yang disembelih terlebih dahulu dan bagian tubuh lainnya sebagai persembahan kepada roh-roh sembari bersenandung. Tradisi ini menunjukkan pengabdian mereka kepada roh-roh.

 

Sebagai hari raya kebangkitan Kristus, Paskah dirayakan secara berbeda di berbagai belahan bumi. Dari yang paling religius, ceria hingga ekstrim. Mengintip aneka perayaan di atas, tradisi negara mana yang paling ingin kamu cicipi?

Kata Kunci: Paskah Dunia
Bagikan ke teman Kamu