facebook

Pantangan Makan Ibu Hamil

Selasa, 01 November 2016 - 18:00:04 WIB
Diposting oleh : Berry
Pantangan Makan Ibu Hamil

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Pantangan Makan Ibu Hamil

Hai Berrykitcheners! Bicara tentang kehamilan, kamu pasti setuju bila kehamilan merupakan salah satu momen terpenting bagi wanita. Menjaga buah hati yang masih berada di dalam perut merupakan kewajiban setiap ibu.  Selain mengonsumsi bahan makanan terbaik bagi ibu hamil, tentunya ada beberapa jenis makanan, minuman, hingga buah yang justru wajib kamu hindari selama hamil lho. Apa sajakah makanan tersebut? Yuk disimak!

 

1. Alkohol

ytfytfy

Jika dalam keadaan normal saja kamu tidak disarankan untuk meminum minuman yang mengandung alkohol, terlebih ketika hamil. Paparan alkohol pada bayi ketika masih di dalam perut akan menyebabkan kondisi Fetal Alcohol Syndrome yang dapat menggangu pertumbuhan bayi dalam janin. Fatalnya lagi, alkohol juga dapat menyebabkan kerusakan otak bayi.

 

2. Kafein

adwef

Selain dapat meningkatkan detak jantung ibu hamil dan janin di dalam kandungan, sebuah studi yang tercantum dalam American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa wanita hamil yang minum delapan hingga 10 cangkir kopi sehari dapat mengalami resiko kematian janin, aborsi spontan, hingga kematian bayi saat dilahirkan. Hmm.. jadi kamu harus meminimalisir meminum apa pun yang mengandung kafein ya.

 

3. Makanan mentah atau tidak dicuci

dafdad

Jika selama ini kamu mencuci buah atau sayur ala kadarnya, tentu saat hamil kamu harus lebih teliti dalam mencucinya. Sayur dan buah yang tidak dicuci memungkinkan bakteri tertinggal. Hal tersebut juga berlaku untuk seluruh jenis daging. Salmon dan tuna mentah memang membawa sensasi tersendiri saat dicicipi, namun kamu wajib menghindarinya ketika hamil. Tentunya kita tidak mau si buah hati di dalam perut terkena bakteri-bakteri tersebut bukan? Sebab itu, kamu sebaiknya mengonsumsi bahan makanan yang sudah dicuci bersih dan matang selama hamil.

 

4. Buah dan sayuran

ytwqd

Eits! Budah dan sayuran di sini bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi buah dan sayuran sama sekali ketika kamu mengandung. Buah dan sayur sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Tapi ada beberapa jenis  buah dan sayur yang perlu kamu hindari lho. Sayuran yang wajib kamu hindari ialah sayuran yang memiliki rasa pahit, seperti daun pepaya, pare, dan daun katuk. Untuk buah-buahan, kamu tidak boleh mengonsumsi nanas dan buah delima. Terlalu banyak megonsumsi buah delima dapat menyebabkan kontraksi hingga kram rahim yang akan berujung pada keguguran. Sementara untuk nanas, kamu memang wajib menghindarinya. Ini bukan hanya sekedar mitos. Nanas terbukti secara medis dapat menggugurkan janin.

 

5. Makanan kadar gula tiggi dan pemanis buatan

dad

Makanan dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan bayi di dalam kandungan mu terkena obesitas lho. Obesitas ini terjadi karena kelebihan glukosa. Selain itu, makanan dengan kadar gula tinggi juga dapat memicu terjadinya komplikasi terahadap ibu. Sementara makanan yang mengandung pemanis buatan dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, gangguan saraf, hingga kanker saluran kemih pada bayi.

 

Menyimak patangan makan di atas, kamu tentu perlu ekstra hati-hati dalam memilih makanan yang kamu konsumsi, terlebih ketika hamil. Penting untuk diingat, selama hamil, kamu wajib mengonsumsi segala sesuatu dalam keadaan bersih dan matang ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Pantangan Makan Ibu Hamil
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup