facebook

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Rabu, 18 January 2017 - 17:13:05 WIB
Diposting oleh : Berry
Oleh-Oleh Khas Jakarta

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Oleh-Oleh Khas Jakarta

Hai Berrykitcheners! Apa kabar harimu? Semoga makin bersemangat ya. Bicara tentang ibu kota, Jakarta menyimpan berbagai pesona ala kota besar yang bisa kamu temukan di hampir setiap sudutnya. Namun bukan berarti hanya barang-barang pusat perbelanjaan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Jakarta. Penasaran apa saja oleh-oleh khas Jakarta yang identik dengan suku aslinya,Betawi? Yuk simak!

 

1. Kerak telor

o;ij;oi

 

Ini dia makanan Jakarta yang tidak dijual di daerah mana pun selain Jakarta! Berbahan telur dan beras ketan, kerak telor sendiri digemari karena rasa dan teksturnya yang khas. Proses pembuatan yang tergolong unik pun kerap jadi daya tarik sendiri bagi kuliner yang satu ini. Sayangnya, kini kerak telor menjadi salah satu kuliner yang terbilang cukup langka di daerah asalnya sendiri. Kamu bisa mendapatkannya di Pekan Raya Jakarta atau mengunjungi Setu Babakan, sebuah kampung khas Betawi yang menjual kuliner dan wisata khas Betawi. Mau mudah? Cukup kepoin resepnya di artikel resep Berrykitchen, dan kamu bisa membuat kuliner nikmat ini sendiri di rumah!

 

2. Roti buaya

io;ijj

 

Bicara tentang Jakarta, maka bicara tentang suku Betawi.  Sebagai suku asli Jakarta, Betawi juga memiliki makanan khas diantaranya yakni roti buaya. Roti buaya biasa menjadi bagian dari tradisi pernikahan Betawi. Jika menikah, maka mempelai pria harus membawa roti buaya sebagai salah satu bahan seserahan kepada mempelai wanita. Dalam budaya Betawi, roti buaya melambangan kesetiaan. Masyarakat Betawi meyakini bahwa buaya hanya melakukan perkawinan sekali dalam seumur hidup. Sebab itu, mempelai pria diharapkan dapat memiliki karakter dan sifat penyayang serta setia seumur hidup. Tenang, kamu nggak perlu menunggu pernikahan suku Betawi untuk mendapatkannya kok. Roti buaya kini dijual di berbagai pusat oleh-oleh khas Jakarta.

 

3. Dodol Betawi

wew

 

Nggak cuma beberapa daerah di Jawa yang memiliki dodol khas, ternyata Jakarta juga punya lho! Dodol Betawi. Lalu apa bedanya dengan dodol yang lain? Dodol Betawi sendiri terbuat dari campuran ketan hitam, ketan putih dan durian. Pembuatannya yang tergolong cukup sulit, membuat dodol ini cukup sulit ditemukan di toko kue. Namun, kamu bisa menemukan dodol ini di acara pernikahan adat Betawi, syukuran atau hari raya besar seperti Lebaran.

 

4. Bir pletok

deww

 

Ups! Meski namanya menggunakan kata “bir”, minuman ini 100 persen bebas alkohol kok. Bir pletok terbuat dari bahan tradisional seperti sari jahe asli, gula, sari bunga selasih, dan beberapa jenis akar-akaran. Tenang, kamu nggak akan mabuk bila meminumnya, justru bir pletok akan memberi sensasi pedas jahe di lidah, lalu kehangatan pun akan menjalar ke tubuhmu. Biasa disajikan sebagai pelengkap dari Dodol Betawi, bir pletok juga pas diminum saat cuaca dingin dan baik untuk kesehatan.

 

5. Asinan Betawi

dwedew

 

Nggak cuma Bogor yang punya asinan, Betawi ternyata juga memiliki asinan lho, Berrykitcheners. Tentunya kuliner ini bernama asinan karena mengacu pada proses pembuatan sayuran yang diasinkan dengan garam. Asinan Betawi menggunakan paduan sayur seperti sawi, tauge, kubis, selada, tahu yang telah diasinkan, lalu disiram dengan bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai. Asinan Betawi pun dilengkapi dengan taburan kacang goreng dan kerupuk, umumnya menggunakan kerupuk mie.

 

 

Sebagai pusat pemerintahan, perkantoran dan hiburan, Jakarta kerap menjadi target destinasi imigran daerah maupun turis asing untuk mengadu nasib atau sekadar berwisata. Deru invasi budaya asing di kota besar ini nggak lantas membuat Jakarta kehilangan budayanya sendiri, terlebih soal oleh-oleh khas daerah. Jangan khawatir, Jakarta masih punya oleh-oleh yang bisa kamu jadikan buah tangan jika berpergian kok. Cukup bawa oleh-oleh di atas untuk orang-orang tercinta!

Kata Kunci: Oleh-Oleh Khas Jakarta
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup