facebook

Natal dan Nusantara

Rabu, 04 January 2017 - 18:20:24 WIB
Diposting oleh : Berry
Natal dan Nusantara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Natal dan Nusantara

Hai Berrykitcheners! Selain jadi bulan yang paling akhir dalam satu tahun, Desember juga dinantikan karena Natal pastinya. Untuk merayakannya, ternyata beberapa daerah di Indonesia memiliki upacara adat yang berbeda lho. Mau tahu keunikan natal di Nusantara? Berikut uraiannya!

 

1. Sumatera Utara

sefwe

Dimulai dari daerah Indonesia yang paling barat, Sumatra Utara. Natal yang dirayakan oleh suku Batak di Sumatera Utara memiliki tradisi mempersembahkan hewan yang dibeli dengan cara berpatungan bersama-sama. Tradisi ini disebut dengan marbinda. Hampir serupa dengan perayaan Idul Adha, marbinda dilakukan dengan cara menyembelih hewan hasil tabungan bersama lalu dibagikan kepada warga yang telah berpartisipasi menyumbang. Ini melambangkan kebersamaan dan gotong royong di tengah masyarakat. Hewan yang disembelih pun dapat berupa kerbau, lembu, babi, dan jenis lainnya.

 

2. Bali

ceferg

Masih kental dengan budaya Hindu-Balinya, perayaan Natal di pulau dewata diadakan dengan tetap mengusung budaya Bali. Selain penduduknya mengenakan pakaian tradisional, suasana Natal di Bali pun diramaikan dengan hiasan jalan berupa penjor. Penjor sendiri merupakan sebutan untuk hiasan bambu yang menyerupai janur. Hiasan ini melambangkan naga Anantaboga, salah satu tokoh mitologi Bali.

 

3. Toraja

grtuuty

Berbeda dengan Bali, Toraja punya cara sendiri dalam merayakan Natal. Untuk merayakan Natal, penduduk Toraja mengadakan festival yang biasa disebut Lovely December. Festival ini diisi dengan karnaval budaya, pertunjukkan musik bambu, tarian masal, pameran kerajinan tangan, dan festival kuliner. Puncak dari serangkaian festival ini diadakan tanggal 26 Desember lho, Berrykitcheners. Pada puncaknya sendiri akan diadakan pesta kembang api dan prosesi lettoan.

 

4. Papua

cregrth

Bahkan hingga ke bagian Indonesia yang paling timur, masyarakat Papua pun tentu memiliki adat tersendiri dalam merayakan Natal. Di Papua, setelah misa Natal usai dilakukan, penduduk akan merayakannya dengan barapen atau tradisi bakar batu. Penduduk akan memasak sayuran dan daging babi di atas batu yang dibakar dengan kayu. Uniknya, pembakaran ini tidak menggunakan korek, melainkan dengan menggesekkan kayu hingga menghasilkan serbuk panas yang kemudian menjadi api. Para pria bertugas untuk membuat lubang dan menaruh batu panas yang sudah membara. Sementara para wanita akan mempersiapkan seluruh bahan baku untuk memasak.

 

5. Jakarta

rgrt

Berbeda dengan daerah-daerah lainnya, sebagai kota metropolitan, Jakarta merupakan salah satu kota multikultural di Indonesia. Dihuni oleh penduduk yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, warga Jakarta merayakan Natal dengan berkumpul bersama keluarga dan teman. Selain ikut dimeriahkan oleh perayaan Natal di berbagai pusat perbelanjaan, nggak jarang beberapa orang di Jakarta akan mengadakan Christmas dinner dan bertukar kado, bisa jadi kamu salah satunya ya Berrykitcheners.

 

Tidak heran jika nusantara kerap dijuluki sebagai negeri seribu budaya. Untuk merayakan Natal saja, Indonesia memiliki berbagai upacara adat yang berbeda di masing-masing daerah. Bagaimana perayaan Natal di daerah mu?

 

Kata Kunci: Natal dan Nusantara
Bagikan ke teman Kamu