facebook

Menguak Sejarah Hari Buruh

Selasa, 02 May 2017 - 10:11:01 WIB
Diposting oleh : Berry
Menguak Sejarah Hari Buruh

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Menguak Sejarah Hari Buruh

Hai Berrykitcheners! Apa kabar weekendmu? Semoga menyenangkan ya. Setelah long weekend, tentunya kamu makin bersemangat dalam beraktivitas di kantor. Di balik menikmati hari liburnya, tahukah kamu hari buruh memiliki sejarah yang panjang hingga bisa diperingati seperti sekarang? Bagaimana kisah perjalanan peringatan hari buruh yang mendunia dan mengapa diperingati setiap 1 Mei? Simak yuk!

Merayakan hari buruh yang jatuh tanggal 1 Mei setiap tahunnya, ratusan hingga ribuan buruh turun memadati beberapa jalan protokol di Jakarta untuk berorasi menyuarakan aspirasinya. Ya, peringatan hari buruh yang lebih dikenal dengan sebutan May Day di dunia internasional ini lekat dengan peristiwa yang terjadi di lapangan Haymarket, Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 4 Mei 1886.

ds

 

Di masa itu, Chicago merupakan salah satu kota yang menjadi pusat perorganisiran serikat-serikat pekerja di Amerika Serikat. Kemuakan kaum pekerja atas dominasi kaum borjuis saat itu pun mencapai puncaknya. Hal ini kemudian memicu ratusan ribu orang pekerja memilih bergabung dengan organisasi pekerja “Knights of Labour” yang bertujuan untuk menghentikan dominasi kalangan borjuis.

Pada bulan April hingga menjelang Mei 1886, sebanyak 50.000 pekerja turun ke jalan melakukan aksi mogok. Jumlah ini terus bertambah, tercatat 350.000 buruh yang diorganisir oleh Federasi Buruh Amerika melakukan demonstrasi dan aksi mogok kerja di berbagai negara bagian AS pada tanggal 1 Mei 1886.

eww

 

Aksi yang dilakukan secara masif ini kemudian berdampak pada kelumpuhan sektor industri di Chicago. Kalangan borjuis pun mulai panik. Polisi yang diutus pemerintah kala itu menembaki demonstran secara membabi buta, membuat empat orang tewas dan korban luka-luka yang tak terhitung jumlahnya.

Peristiwa itu lantas menimbulkan amarah di kalangan buruh. Beberapa kalangan pun menganjurkan para buruh untuk mempersenjatai diri. Serangkaian demonstrasi pun terjadi di hari-hari berikutnya. Bahkan ledakan bom pun sempat terjadi di barisan polisi, penembakan balasan yang dilakukan polisi pun menyebabkan 9 orang tewas dalam serangkaian persitiwa tersebut.

d3q3d

 

Hmm.. apa yang mereka perjuangkan pada serangkaian demonstrasi tersebut ya? Yap, mereka memperjuangkan ketentuan jam kerja menjadi 8 jam. Ketentuan tersebut beranalogi bahwa sebaiknya kehidupan seorang individu dalam sehari terbagi menjadi delapan jam kerja, delapan jam rekreasi, delapan jam tidur atau istirahat.

Perjuangan mereka ini lah yang kemudian dapat  kamu nikmati hingga sekarang. Karena setiap keinginan membutuhkan usaha bila ingin tercapai bukan? Sama seperti kaum pekerja yang bejuang pada masa itu untuk mewujukan keinginan mereka. Happy working, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Menguak Sejarah Hari Buruh
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup