facebook

Mengenal Formalin

Selasa, 18 July 2017 - 14:25:44 WIB
Diposting oleh : Berry
Mengenal Formalin

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Mengenal Formalin

Hai Berrykitcheners! Meski sudah dilarang, penyalahgunaan bahan kimia seperti formalin pada pangan tetap berpotensi terjadi di pasaran. Seperti yang dilansir oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan, terdapat beberapa faktor penggunaan bahan kimia berbahaya pada makanan. Faktor itu antara lain, bahan kimia yang mudah diperoleh, harganya pun relatif murah. Apa itu formalin dan informasi apa saja yang wajib kamu tahu tentang bahan kimia tersebut? Berikut ulasannya!

Formalin adalah larutan tidak berwarna, berbau tajam, mengandung formaldehid sekitar 37 persen dalam air, biasanya ditambah methanol sebanyak 10 – 15 persen. Dalam dunia industri, formalin memiliki banyak kegunaan, di antaranya sebagai pembunuh kuman pada pakaian, lantai, hingga kapal. Formalin juga digunakan untuk mencegah korosi pada sumur minyak, pembuatan pupuk hingga cairan pengawet mayat.

 

wedw

 

Penyalahgunaan formalin sendiri dapat ditemukan di beberapa makanan. Formalin biasa digunakan untuk mengawetkan makanan. Bagaimana cara kerja pengawetan formalin dan mengapa berbahaya bila digunakan sebagai pengawet makanan?

Formalin mengandung unsur aldehida yang mudah bereaksi dengan protein. Sebab itu, ketika disiram pada makanan berprotein seperti tahu, formalin akan mengikat protein yang ada pada permukaan hingga meresap di dalam tahu. Formalin membuat protein dalam tahu mati sehingga tidak akan diserang oleh bakteri pembusuk.

Tidak seperti desinfektan lainnya yang membunuh bakteri namun tidak bereaksi dengan bahan yang dilindungi, formalin justru bereaksi secara kimiawi terhadap bahan yang dilindungi. Nggak hanya membunuh bakteri, formalin membentuk lapisan baru yang melindungi lapisan di bawahnya agar tahan terhadap serangan bateri lain. Formalin pun tetap ada di dalam materi tersebut untuk melindungi materi dari serangan berikutnya. Sifat formalin yang mudah bereaksi dengan protein membuat bahan kimia ini akan menyerang protein yang ada dalam tubuh manusia bila tertelan.

Paparan formaldehid pun dapat memberikan beberapa efek samping terhadap kesehatan. Bila terhirup dalam jangka pendek, formalin dapat mengakibatkan iritasi dan luka pada saluran pernapasan, hidung dan tenggorokan. Sementara bila terhirup dalam jangka waktu yang lama, formalin dapat menyebabkan luka pada ginjal, sensitasi paru, hingga kemandulan dan kanker hidung, mulut, tenggorokan, paru dan otak. Paparan pada mata pun dapat menyebabkan kerusakan pada lensa mata. Bila tertelan, formalin dapat menimbulkan rasa terbakar pada mulut, tenggorokan, dan perut, sakit kepala, kejang, koma. Dalam dosis 30 ml, formalin dapat berakibat kematian pada manusia.

Mengutip pada laman Badan Pengawas Obat dan Makanan, sejumlah survey dan pemeriksaan laboratorium menemukan sejumlah produk pangan yang menggunakan formalin sebagai pengawet. Beberapa produk tersebut ialah ikan, ayam potong, mie basah dan tahu.

wfwfw

 

Bahan kimia berbahaya dalam dosis yang sangat kecil pada makanan tidak memberikan efek negatif seketika setelah dikonsumsi. Kurangnya pengetahuan serta pola penggunaan bahan kimia berbahaya yang telah dipraktekan secara turun temurun pun juga disinyalir ikut andil dalam menyebabkan penggunaan bahan ini pada makanan.

Sebab itu, kamu wajib mengetahui nama lain formalin agar tidak terkecoh saat membeli produk makanan. Formalin pun memiliki banyak nama yaitu, formol, formalith, morbicid, methanal, formic aldehyde, methyl oxide, oxymethylene, methyl aldehyde, oxomethane, formoform, oxomethane, karsan, methylene glycol, paraforin, poly-oxymethylene glycols, superlysoform, tetraoxymethylene dan trioxane.

Pangan memang jadi kebutuhan primer setiap manusia. Kebutuhannya yang meningkat pun menuntut beberapa produsen mengambil alternatif menggunakan bahan kimia. Kendati begitu, penggunaan formalin pada makanan tetap dilarang oleh pemerintah melalui Menteri kesehatan. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Mengenal Formalin
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup