facebook

Mengenal Biji Kopi Yuk!

Kamis, 27 July 2017 - 15:16:11 WIB
Diposting oleh : Berry
Mengenal Biji Kopi Yuk!

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Mengenal Biji Kopi Yuk!

Hai Berrykitcheners! Apa kabar harimu? Semoga makin semangat ya. Bicara tentang semangat, kamu tentu setuju bila kopi bisa menjadi salah satu pembangkit semangatmu. Yap! Si pembangkit semangat instan ini ternyata bisa berwarna hitam atau cokelat karena proses pemanggangan atau sangrai lho. Apa saja jenis kopi hitam di dunia? Simak yuk!

 

1. Robusta

qwq

 

Berasal dari Bahasa Inggris “robust” yang berarti kuat, kopi robusta memiliki karakter yang kuat sesuai dengan namanya. Minuman yang terbuat dari kopi ini pun memiliki cita rasa yang kuat dan cenderung lebih pahit dari Arabika. Begitu juga kandungan kafeinnya yang lebih kuat dari Arabika. Kopi dengan nama ilmiah Coffea canephora ini pun memiliki karakter tanaman kopi yang lebih kuat dan tahan terhadap hama serta penyakit. Kopi ini pun kerap digunakan sebagai bahan baku kopi tubruk.

 

2. Arabika

wdew

 

Kopi Arabika atau Coffea arabica berasal dari hutan pegungunan Etiopia, Afrika. Kopi ini diduga pertama kali diklasifikasikan oleh seorang ilmuwan asal Swedia, Carl Linnaeus pada tahun 1753. Kopi Arabika memiliki aroma yang kuat, tingkat kekentalan yang ringan hingga sedang, dan tingkat keasaman yang tinggi. Kopi Arabika pun memiliki kandungan yang lebih rendah dari pada kopi robusta. Kabarnya, lebih dari 65 persen perdagangan kopi di dunia didominasi oleh kopi ini lho. Hingga kini, kopi arabika masih dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dari robusta. Kopi ini pun kerap diolah ke berbagai minuman kopi seperti espresso, latte, dan cappuccino.

 

3. Liberika

eww

 

Sesuai dengan namanya, liberika merupakan kopi yang berasal dari Liberia, Afrika. Kopi ini dibawa oleh Belanda ke Indonesia pada abad ke-19 lho. Awalnya, kopi ini dibawa untuk menggantikan varietas kopi arabika yang rentan terserang penyakit. Namun, hal itu nampaknya tidak jauh berbeda dengan kopi liberika. Di Indonesia, kopi ini dapat ditemukan di Jambi dan Bengkulu. Kopi liberika pun digemari di Malaysia, sehingga kopi liberika di Indonesia pun kemudian banyak diekspor ke negeri Jiran tersebut.

 

4. Excelsa

eww

 

Mirip dengan liberika, kopi yang berasal dari Afrika Barat ini diemukan oleh A. Chevalier tahun 1905. Excelsa memiliki cita rasa dan aroma yang bisa dikategorikan kuat dan pahit yang mendominasi. Kopi ini pun memiliki sejumlah keunggulan di antaranya, ukuran fisik yang lebih besar dari arabika dan robusta, berbuah sepanjang tahun, dan relatif tahan terhadap penyakit dan hama. Kendati begitu, sayangnya kopi excelsa bukan merupakan kopi yang populer di dunia.

 

Wah ternyata kopi tidak hanya sekadar hitam dan pahit ya. Memiliki jenis yang berbeda, aroma dan cita rasa masing-masing kopi pun akan ikut berbeda. Kini kamu jadi lebih mengenal minuman favoritmu bukan? Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya!

Kata Kunci: Mengenal Biji Kopi Yuk!
Bagikan ke teman Kamu