facebook

Mengenal 5 Jenis Es Krim

Kamis, 07 December 2017 - 16:59:32 WIB
Diposting oleh : Berry
Mengenal 5 Jenis Es Krim

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Mengenal 5 Jenis Es Krim

Hai Berrykitcheners! Berdomisili di kota besar seperti Jakarta, kamu tentu akrab dengan kemacetan dan cuaca panas yang hampir setiap hari menghiasi ibu kota. Pergi dan menikmati es krim pun bisa jadi pilihan tepat di tengah siang. Dari sekian banyak es krim yang ditawarkan di café maupun pusat perbelanjaan, kamu tentu wajib tahu perbedaannya. Biar nggak bingung milih yang mana, simak jenis-jenis es krim berikut yuk!

 

1. Es Krim

XASXQ

 

Sesuai namanya, es krim dibuat dengan menggunakan krim, kepala susu yang merupakan lemak kental yang ada di permukaan susu, dan kuning telur. Semua bahan tersebut kemudian diaduk dengan cepat dan kuat menggunakan mesin. Teknik pengadukan yang cepat ini kemudian menyebabkan banyaknya udara yang juga masuk dalam adonan hingga mengakibatkan adonan mengembang 25 hingga 90 persen. Kandungan udara yang tinggi juga membuat tekstur es krim lebih lembut dan mudah hancur. Dengan kandungan lemak sekitar 12 – 14 persen, es krim didinginkan pada suhu minus 20 – minus 12 derajat celcius. Sebab itu, es krim terasa tajam di lidah. Rasa krimnya pun lebih kuat.

 

2. Gelato

swasqdw

 

Berkunjung ke pusat perbelanjaan dan menemukan gerai gelato yang menjajakan hidangan yang terlihat seperti es krim? And now you wonder, what’s the difference between them. Gelato adalah bahasa Italia yang berati es krim. Kata gelato sendiri berasal dari kata ‘congelati’ yang berarti beku. Dalam perkembangannya, gelato menjadi jenis kudapan tersendiri. Gelato dibuat dengan menggunakan susu, kuning telur, gula dan air. Karena pembuatan gelato dilakukan secara ‘home made’, pembuat gelato pun bebas mengkreasikan gelato yang mereka hasilkan. Ada yang menambahkan kacang, menghilangkan unsur kuning telur dan susu. Gelato diaduk dengan kecepatan yang pelan sehingga teksturnya jadi lebih padat. Didinginkan pada suhu minus 10 derajat celcius, gelato memiliki sifat mudah cair, rasa yang tidak tajam, dan lemak di bawah 10 persen. Jika es krim memiliki rasa krim yang kuat, maka gelato memiliki rasa susu yang kuat.

 

3. Sorbet

dwdq

 

Berbeda dengan es krim dan gelato, sorbet dahulu merupakan hidangan yang terbuat dari salju. Sorbet pun memiliki tekstur seperti serbuk es. Bahan baku pembuatan sorbet modern pun cukup sederhana yakni terdiri dari buah, gula, dan air. Dengan proses pembuatan seperti gelato, sorbet menghilangkan unsur krim, susu, dan kuning telur dalam bahan bakunya. Rasa buah yang dominan pada sorbet didapat dari penggunaan buah asli dalam pembuatannya.

 

4. Frozen yogurt

sadq

 

Hadir di Indonesia Frozen Yogurt banyak ditawarkan dalam berbagai label. Yes, they are look like an ice cream, but once you taste it you’ll know the difference. Seperti namanya, frozen yogurt terbuat dari yogurt yang dicampur dengan stabilizer es krim dan perasa makanan. Selain efektif melancarkan pencernaan, kudapan ini juga memiliki kandungan lemak yang rendah atau bahkan tidak ada sama sekali. Rasanya yang masam segar juga cocok dipadukan dengan potongan buah-buahan.

 

5. Es puter

khuk

 

Anak 90-an pasti tahu nih. Saat main di tengah siang yang panas, penjual es puter selalu setia muter komplek untuk menjajakan esnya. Yap. Es puter memang banyak dinikmati anak 90-an di masa kecil. Es puter sendiri dikenal di daerah Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Es puter biasa dibuat dengan menggunakan santan tanpa memasukkan unsur krim di dalamnya. Cita rasanya juga biasa dibuat khas ala tanah air seperti alpukat, kelapa atau kopyor, dan kacang hijau. Duh, kangen deh sama jajanan satu ini!

 

Walau berbeda, 5 kudapan di atas dapat mengobati dahaga kamu di tengah panas yang mendera. Nggak perlu bingung lagi bila menemukan kelima jenis kudapan di atas dalam satu pusat perbelanjaan. Ajak sahabat dan orang terkasih untuk menikmatinya yuk!

Kata Kunci: Mengenal 5 Jenis Es Krim
Bagikan ke teman Kamu