facebook

Mengatasi Selera Makan Menurun

Kamis, 03 November 2016 - 17:22:54 WIB
Diposting oleh : Berry
Mengatasi Selera Makan Menurun

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Mengatasi Selera Makan Menurun

Hai Berrykitcheners! Kehamilan memang bisa jadi salah satu momen yang paling membahagiakan bagi wanita. Dalam rangka memasuki peran baru sebagai ibu, tidak jarang banyak keluhan yang kerap mengganggumu. Salah satunya nafsu makan yang berkurang atau bahkan menurun drastis. Penelitian yang dilakukan oleh American Pregnancy Association menemukan bahwa lebih dari 50 persen ibu hamil menderita kehilangan nafsu makan dan mual selama tiga bulan pertama kehamilan. Lalu bagaimana jika kamu termasuk salah satunya? Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut.

 

1. Porsi kecil

ewfwfe

Walau tidak memiliki selera makan, kamu tidak bisa membiarkan perutmu kosong seharian. Makan dalam porsi banyak sekaligus akan membuat perutmu terasa sangat penuh, oleh karena itu kamu disarankan untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Bila makan dengan porsi kecil namun dilakukan sepanjang hari, perutmu akan terisi dan rasa mual pun berkurang.

 

2. Makanan olahan kedelai

ewewf

Kedelai dikenal memiliki kandungan protein yang sangat baik bagi tubuh. Jika kamu tidak memiliki selera makan, kamu bisa mengonsumsi susu kedelai. Masih kurang kenyang? Kamu dapat menambahkan buah pisang di susu kedelai kok. Caranya, cukup blender pisang dengan susu kedelai. Selain nikmat, jus yang satu ini juga kaya nutrisi lho, Berrykitcheners.

 

3. Sup

wdq

Jika memang tidak bisa mengonsumsi nasi, kamu dapat menggantikannya dengan sup. Hidangan berkuah ini memang nikmat disantap selagi hangat. Paduan sayur segar dalam kuah kaldu bergizi dipercaya dapat menambah selera makanmu. Bila bosan dengan sup biasa, kamu bisa menggantinya dengan sup makaroni atau sup jagung. Seruput kuahnya selagi hangat. Mmm.. nikmat!

 

4. Asupan serat

efewefw

Selama hamil, tubuhmu sangat membutuhkan asupan serat. Hal ini berkaitan dengan resiko sembelit yang semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Lalu apa hubungannya asupan serat dan nafsu makan? Tubuh kekurangan serat akan menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Jika sudah begitu, perutmu praktis terasa begah atau tidak nyaman, seperti tidak ada ruang yang tersisa di perutmu untuk mengonsumsi makanan. Makanan dengan serat seimbang akan melancarkan pencernaanmu. Sehingga perutmu dapat menampung makanan dengan kapasitas yang normal.

 

 Tidak sulit bukan? Demi sehatnya buah hati tercinta di dalam perut, maka kamu perlu menjaga asupan makananmu sehari-hari. Jika selera makanmu tidak juga membaik, sebaiknya konsutasikan ke doktermu ya, Berrykitcheners. Ingat bila kesehatan ibu dan bayi adalah yang utama.

Referensi: Resep Masakan Nusantara

Kata Kunci: Mengatasi Selera Makan Menurun
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup