facebook

Makna Idul Adha

Rabu, 30 August 2017 - 15:54:42 WIB
Diposting oleh : Berry
Makna Idul Adha

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Makna Idul Adha

Hai Berrykitcheners! Apa kabar harimu? Tinggal menghitung hari sampai perayaan Idul Adha tiba nih Berrykitcheners. Tradisi menyembelih hewan kurban pada perayaan Idul Adha sudah dilakukan turun temurun bahkan sejak zaman Nabi. Tidak hanya memeringati perintah Allah SWT terhadap Nabi Ibrahim, tradisi berkurban ternyata memiliki maknanya tersendiri lho. Simak ulasannya yuk!

 

1. Bentuk rasa syukur

sqwq

 

Pernah berpikir bagaimana kamu dapat bernapas dan mendapat rejeki setiap harinya? Iya, kamu tentu pernah mendapat segudang pelajaran mengenai kuasa Tuhan yang tanpa batas dan kekal. Berkurban pada Idul Adha sendiri merupakan salah satu bentuk ibadah yang bisa kamu lakukan untuk mengungkap rasa syukur pada Allah SWT.

 

2. Menyucikan rezeki

ddq

 

Tidak hanya beribadah, umat Islam juga meyakini sebagian rezeki yang diperoleh merupakan milik dari kaum dhuafa. Kaum dhuafa sendiri merupakan golongan manusia yang hidup dalam zona kemiskinan, ketertindasan, ketidakberdayaan, kelemahan dan penderitaan yang terus menerus. Karena rezeki yang kita dapatkan sebagain kecil merupakan rezeki yang dititipkan-Nya untuk kaum dhuafa, maka dengan berkurban dapat membersihkan rezeki yang kita peroleh.

 

3. Meneladani iman Nabi Ibrahim

dwdq

 

Tidak hanya memeringati perintah Allah pada Nabi Ibrahim, berkurban juga dapat kita jadikan sebagai bentuk meneladani iman Nabi Ibrahim pada Allah SWT. Karena imannya yang begitu besar, Ibrahim pun bersedia mengorbankan putranya demi mengikuti perintah Allah SWT. Demikian pula dengan putra Nabi Ibrahim yang bersedia dikurbankan semata untuk mengikuti perintah Allah SWT. Namun saat akan dikurbankan, Allah SWT mengganti putra Nabi Ibrahim dengan domba. Dari sini kita tentu belajar untuk meneladani iman Nabi Ibrahim pada Sang Pencipta.

 

4. Meningkatkan solidaritas

de

 

Berkuban biasa diwajibkan bagi kaum yang mampu. Setelah shalat Ied, hewan kurban akan disembelih untuk kemudian dibagikan pada kaum yang tidak mampu. Nggak hanya itu, bila masih tersisa, masyarakat sekitar juga dapat ikut menikmati hasil daging kurban. Selain sebagai bentuk berbagi, berkurban dapat meningkatkan komunikasi, silahturahmi, dan solidaritas kita terhadap sesama.

 

5. Pendekatan diri kepada Allah

de2

 

Bagi umat Islam, Idul Adha merupakan salah satu bentuk perayaan sekaligus penyataan iman terdahap Allah SWT. Umat yang mampu pun diwajibkan untuk mengurbankan kambing, domba, sapi, atau kerbau. Namun dibalik serangkaian prosesi yang berlangsung, Idul Adha juga memberi makna pendekatan diri pada Allah SWT.

 

Tidak hanya di daerah, denyut perayaan Idul Adha pun juga terasa di Ibu Kota, yang salah satunya berpusat di Masjid Istiqlal. Selain sebagai tempat beribadah, Istiqlal pun menjadi sarana bagi banyak perusahaan atau instansi yang berkurban. Setelah shalat Ied, hewan kurban disembelih untuk kemudian dibagikan ke Masjid lain, panti asuhan, dan kaum dhuafa. Sebagai kota besar, kata siapa Jakarta kehilangan budayanya?

Kata Kunci: Makna Idul Adha
Bagikan ke teman Kamu