facebook

Makanan yang Pernah Hits di 2018

Kamis, 27 December 2018 - 04:40:04 WIB
Diposting oleh : Berry
Makanan yang Pernah Hits di 2018

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Makanan yang Pernah Hits di 2018

 

Tahun lalu beberapa macam jajanan, baik minuman maupun makanan, viral di sosial media. Kebanyakan merupakan modifikasi dari produk yang sudah ada sebelumnya. Ada yang tetap diminati hingga sekarang, tapi ada juga yang popularitasnya hanya seumur jagung. Kalau mau, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

 

Coba ingat-ingat, makanan dan minuman apa yang pernah hits di 2018?

 

Es Kepal Milo

Jajanan bernama asli ‘Ais Kepal Milo’ ini pertama kali dijual di sebuah kedai minuman kecil di pinggir jalan di Malaysia pada akhir tahun 2017. Es kepal Milo langsung menjadi viral dan di awal 2018 trennya juga merambah Indonesia.

 

Kios-kios penjual es kepal Milo pun menyebar di berbagai daerah. Selain es kepal Milo, kios-kios ini biasanya juga menjual es kepal Nutrisari, es kepal Dancow, dan sebagainya.

 

Cara membuat es kepal Milo simpel. Es serut dibentuk menjadi setengah bola dan ditempatkan di sebuah mangkuk, lalu dituangi campuran susu kental manis dan Milo. Setelah itu, kamu bisa menambahkan topping seperti kacang tanah, Koko Krunch, meses, dan sebagainya.

 

Donat Indomie

Tahukah kamu, meski pernah dijual di sebuah restoran Indonesia, kreasi makanan ini pertama kali diviralkan oleh sebuah toko donat di Australia? ‘MiGoreng Donut’ kerjasama antara Donut Papi dan Indomie Australia awalnya dijual terbatas dan cepat sekali ludes. Kemudian, sebuah kafe di Jakarta mengikuti jejaknya.

 

Kamu bisa membuatnya dengan cukup mudah. Mi instan yang sudah direbus dicampur dengan telur lalu dicetak berbentuk donat dan dikukus. Kemudian, donat Indomie dilapisi tepung panir dan digoreng. Bagian atasnya bisa kamu beri topping gurih seperti saus sambal, mayones, abon, daging asap, dan sebagainya.

 

Sosis Telur

Sosis jadi makanan dan jajanan favorit anak-anak sejak dulu. Setelah sosis bakar, sekarang sosis telur banyak dijajakan di booth kecil di pinggir jalan atau di tempat perbelanjaan. Biasanya sosis yang ditusuk dengan semacam tusuk satai dimasukkan ke sebuah alat, lalu dituangi telur kocok. Setelah panas, telur akan mengembang sehingga sosis telur akan naik keluar mesin.

 

Sosis telur lalu diberi mayones, saus sambal, saus tomat, dan bumbu barbecue lalu disajikan. Jajanan ini dijual dengan harga sekitar Rp 10.000 per tusuk.

 

Roti John

Roti John sebenarnya bukan makanan baru. Ini adalah hidangan populer di negara-negara jiran seperti Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Namun, memasuki caturwulan ketiga 2018, roti John mulai populer di Surabaya dan kemudian di Jakarta. Sekarang, gerai penjual roti John ada di mana-mana.

 

Cara membuatnya khas. Pertama, telur, daging cincang, dan daun bawang dikocok lalu dituangkan di atas wajan datar. Setelah itu, baguette yang sudah dibelah dua ditempelkan dan ditekankan di atasnya sehingga menempel dengan telur.

 

Ketika telur mulai matang, roti dibalik. Sambil mematangkan sisi roti sebelah bawah, aneka topping dan saus ditambahkan ke atas telur. Baguette lalu ditutup dan dipotong-potong sebelum disajikan. Di Jakarta, roti John bisa sepanjang 40 cm bahkan 52 cm!

 

Konon, roti John pertama kali diciptakan oleh seorang penjual makanan di Singapura. Ia sering diminta membuat telur dadar untuk dimakan dengan roti oleh orang-orang asing yang tinggal di sana. Iapun beride menggabungkan kedua bahan tersebut menjadi roti John.

 

‘John’ sendiri merupakan sebutan warga lokal untuk orang asing berkulit putih, sedangkan baguette digunakan karena pengaruh orang Barat yang pernah menjajah Malaysia dan Singapura.

 

Long Potato

Kentang goreng adalah camilan favorit sepanjang masa. Selain French fries, kentang tornado pernah menjadi tren, dan sekarang ada long potato. Kalau kentang goreng panjangnya paling-paling hanya 5 cm, long potato ini bisa mencapai 30 cm! Di Jakarta pun sudah ada beberapa merek long potato.

 

Secara tradisional memang tidak ada kentang yang bisa dipotong sepanjang ini. Untuk mengakalinya, kentang dihaluskan dan dicampur dengan tepung serta bumbu, kemudian dicetak panjang dengan alat khusus atau piping bag dan digoreng. Setelah jadi, long potato ditaburi bumbu bubuk serta saus sambal dan mayones.

 

Selain berbagai jajanan tadi, ada beberapa makanan yang sudah populer di 2017 namun tetap hits di 2018. Contohnya banana nugget, jus mangga ala Thailand, Thai tea, ayam geprek, cheese tea, dan pillow cake. Ada makanan yang jadi favoritmu?

 

Foto: lolahuss via steemit.com

 

Kata Kunci: Makanan yang Pernah Hits di 2018
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup