facebook

Makanan Tahun Baru di Berbagai Negara

Rabu, 19 December 2018 - 23:30:43 WIB
Diposting oleh : Berry
Makanan Tahun Baru di Berbagai Negara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Makanan Tahun Baru di Berbagai Negara

Di berbagai belahan dunia, makanan hampir selalu dilibatkan dalam perayaan. Tak terkecuali saat Tahun Baru. Untuk menyambut tahun yang akan datang, makanan khas yang dianggap membawa kemakmuran dan keberuntungan disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau teman. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari mi, ikan, babi, sampai kue.

 

Makanan apa saja yang biasa dihidangkan di malam dan hari H Tahun Baru di berbagai negara? Berikut rangkuman Berrykitchen dari berbagai sumber:

 

Acar ikan haring – Polandia dan Skandinavia

acar ikan haring, pickled herring

Ikan haring (herring) banyak terdapat di Polandia dan beberapa negara Skandinavia. Karena warna peraknya, ikan haring yang sudah dibuat menjadi acar biasa disantap menjelang pergantian tahun dengan harapan tahun berikutnya akan membawa kesejahteraan dan karunia. Ada yang menyantapnya dengan saus krim, ada pula yang menikmatinya dengan bombai.

 

Di Polandia, ada makanan khas malam Tahun Baru yang disebut Sledzie Marynowane. Makanan ini berupa acar haring yang direndam dalam air selama 24 jam lalu ditata di stoples bersama bombai, bumbu allspice, gula, dan cuka. Orang Skandinavia juga sering memadukan haring bersama ikan asap dan ikan acar, pâte (pasta padat dari daging cincang), dan bola daging dalam santap malam besar.

 

Cotechino con lenticchie – Italia

cotechino con lenticchie

Setiap 1 Januari, orang Italia makan hidangan tradisional yang disebut cotechino con lenticchie atau sosis dan lentil. Sosisnya adalah sosis babi yang mengandung bagian kaki babi (lo zampone) sebagai simbol kemakmuran. Sementara itu, lentil mewakili uang dan keberuntungan.

 

Kransekage - Denmark dan Norwegia

kransekage, kransekake, tårnkake

Di Denmark dan Norwegia, ada kue tradisional yang biasa hadir di acara-acara spesial seperti pernikahan, pembaptisan, Natal, dan malam Tahun Baru. Namanya kranskekage, kransekake (kue lingkaran), atau tårnkake (kue menara).

 

Kue yang tinggi ini terdiri dari tumpukan cake (biasanya 18 tumpuk atau lebih) berbentuk cincin mulai dari yang paling besar sampai yang paling kecil, sehingga tampilannya seperti kerucut. Kue-kue tersebut ditempel dengan icing. Bahan pembuat kransekage adalah marzipan alias campuran almond, gula, dan putih telur.

 

Bagian tengah kransekage biasanya diisi dengan botol wine atau aquavit (minuman beralkohol), sedangkan bagian luarnya dihias dengan bendera dan icing. Sebelum dimakan, tumpukan kue dilepas dulu lalu dipatahkan menjadi potongan kecil. Teksturnya keras saat disentuh, namun lembut dan kenyal saat dikunyah.

 

Kransekage juga tersedia dalam bentuk camilan batangan yang dijual di supermarket. Kue ini biasanya dijual menjelang Natal dan Tahun Baru.

 

Marzipanschwein - Austria dan Jerman

marzipan schwein

Austria dan Jerman menyebut malam Tahun Baru sebagai Sylvesterabend yang berarti ‘malam Saint Sylvester’. Ia adalah paus dari abad keempat yang kematiannya diperingati setiap tanggal 31 Desember.

 

Babi menjadi tema makan malam Tahun Baru di dua negara ini karena dianggap mewakili perkembangan dan kesejahteraan. Selain menikmati babi muda panggang, orang Jerman dan Austria juga menghiasi meja makan dengan babi kecil yang terbuat dari marzipan (marzipanschwein) sebagai lambang keberuntungan.

 

Mi soba – Jepang

toshikoshi soba

Mi soba yang terbuat dari buckwheat, toshikoshi soba, biasa dinikmati orang Jepang menjelang tengah malam Tahun Baru. Tradisi ini berawal sejak abad ke-17.

 

Di balik sajian yang juga disebut ‘mi pergantian tahun’ ini tersimpan banyak makna. Mi yang panjang melambangkan panjang umur dan kemakmuran. Soba yang mudah dipotong saat dimakan mewakili lepasnya kesulitan di tahun lalu. Sementara itu, tanaman buckwheat yang dapat bertahan di cuaca keras menjadi simbol kekuatan dan kelenturan.

 

Semoga harapan-harapan yang tersirat dalam makanan-makanan tadi menjadi kenyataan di tahun depan, ya, Berrykitcheners!

 

Foto: Wild Apple Acres

 

Kata Kunci: Makanan Tahun Baru di Berbagai Negara
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup