facebook

Makan Besar Khas Indonesia

Jumat, 17 March 2017 - 13:09:35 WIB
Diposting oleh : Berry
Makan Besar Khas Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Makan Besar Khas Indonesia

Hai Berrykitcheners! Indonesia dikenal sebagai negara dengan seribu budaya dan bahasa. Kemana pun kamu menginjakan kaki di Nusantara, maka kamu akan memiliki pengalaman seru yang berbeda. Wah, tentunya kamu setuju kalau kekayaan budaya inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa kita jatuh cinta banget sama negara ini. Nggak cuma budaya dan kulinernya, sejak dulu, beberapa daerah di Indonesia telah mengenal semangat kekeluargaan dan gotong royong dan mewujudkannya dengan makan bersama dalam masyarakat. Apa saja tradisi makan bersama yang ada di Indonesia? Berikut ulasannya!

 

1. Bajamba

d3e2

 

Di mulai dari salah satu daerah paling barat di Indonesia, Sawah Lunto, Sumatra Barat. Makan bajamba biasa dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun kota Sawah Lunto, maupun acara-acara besar seperti pernikahan dan panen raya sebagai simbol kebersamaan. Didahului oleh Pantun Pasambahan, tradisi ini memiliki ciri khas makan bersama dalam satu lingkaran yang beranggotakan beberapa orang.

 

2. Megibung

dewd

 

Sarat akan budayanya yang kental, Pulau Dewata juga memiliki tradisi makan bersama lho. Tradisi ini diawali dari Raja Karangasem yakni I Gusti Aglurah Ktut Karangasem yang berperang menaklukan kerajaan di Sasak yang kini dikenal dengan Lombok pada tahun 1614 Caka atau 1692 Masehi. Saat prajurit beristirahat untuk makan, maka sang Raja mengajak mereka makan bersama yang kemudian disebut dengan Megibung.

 

3. Patita

e3r2

 

Patita merupakan tradisi makan bersama yang kerap digelar di Maluku. Selain dihadiri keluarga, makan bersama ala Maluku ini dapat pula dinikmati oleh siapa saja yang datang kala acara diadakan. Salah satu desa yang masih setia menjaga tradisi ini ialah Desa Oma. Terdapat dua tradisi Patita di desa ini. Orang tua member makan pada anak, dan anak member makan pada orang tua. Tradisi makan ini digelar di atas meja yang panjangnya bisa mencapai 200 meter!

 

4. Besaprah

ewfw

 

Terdengar asing? Besaprah merupakan tradisi makan bersama yang dilakukan oleh suku adat Kutai. Dalam bahasa Kutai, besaprah berarti makan bersama dengan duduk bersila di atas tikar. Setiap orang akan memilih makanan yang disukai dan duduk di depan makanan tersebut. Karena duduk bersama di atas tikar, tradisi ini tidak mengenal batasan sosial dalam masyarakat. Rakyat dan pejabat dapat makan bersama sesuai makanan favorit mereka.

 

Tinggal dan hidup di Indonesia, tentu belum lengkap tanpa mengenal budayanya. Sejak dulu, Indonesia telah melestarikan budaya kekeluagaan, gotong royong yang selalu menjadi semangat kebersamaan. Tak heran, kentalnya rasa persaudaraan kerap tumbuh di nadi penduduk tanah air. Tentunya, tradisi ini yang membuat kita semakin bangga dengan Indonesia. Sampai bertemu di postingan selanjutnya, Berrykitcheners!

 Referensi: https://foodsoldier.com/

Kata Kunci: Makan Besar Khas Indonesia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup