facebook

Kue Khas Natal dari Berbagai Negara

Kamis, 13 December 2018 - 08:38:41 WIB
Diposting oleh : Berry
Kue Khas Natal dari Berbagai Negara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Kue Khas Natal dari Berbagai Negara

Perayaan Natal tidak hanya identik dengan pohon Natal dan berbagai dekorasi khas, tapi juga jamuan makannya. Ada beberapa makanan yang selalu hadir saat Natal, tak terkecuali kue khas Natal yang umumnya berupa fruit cake. Di dalamnya terkandung buah kering sehingga teksturnya menjadi padat. Kue-kue ini populer di negara-negara Eropa.

 

Untuk menghangatkan badan di musim dingin, kue Natal terkadang diberi rempah dan alkohol. Selain cake yang biasanya berisi buah, ada pula kue-kue berdasar sponge cake dan roti.

 

Inilah kue-kue yang biasanya hanya ditemui saat Natal:

 

Christmas Pudding

christmas pudding

Definisi puding di sini tampaknya berbeda dengan puding di Bahasa Indonesia. Jika puding yang kita tahu biasanya terbuat dari agar-agar atau jeli, Christmas pudding terbuat dari sedikit tepung dan banyak buah kering. Bahan-bahannya disatukan dengan telur dan suet (lemak keras dari sapi atau kambing) lalu diberi rempah sebagai perasa.

 

Cara membuatnya cukup merepotkan karena adonan harus dibungkus sedemikian rupa lalu dikukus atau direbus selama berjam-jam. Namun, usaha tersebut terbayar karena kue ini tahan hingga berbulan-bulan berkat kandungan alkoholnya. Bahkan, kadang kue yang dibuat di Natal tahun ini bisa dinikmati di Natal tahun depan.

 

Saat akan dinikmati, Christmas pudding dikukus atau direbus dulu selama kira-kira satu jam, lalu dituangi alkohol dan dibakar. Penyajian yang unik tersebut menjadi atraksi tersendiri. Kue bertekstur padat ini menjadi hidangan khas Natal di negara Inggris, Irlandia, dan beberapa negara lain.

 

Cougnou

cougnou

Cougnou memiliki beberapa nama, namun secara simpel roti manis ini disebut roti Yesus (bread of Jesus). Seperti namanya, roti ini berbentuk Yesus waktu bayi. Roti tersebut dibuat dari tepung, telur, susu, ragi, kismis, dan gula. Cougnou enak dinikmati dengan secangkir minuman cokelat panas.

 

Biasanya cougnou diberikan kepada anak-anak saat Natal dan di Hari St. Martin. Roti ini dapat ditemui di Belanda, Belgia, dan Luxembourg.

 

Pandoro

pandoro

Roti manis tradisional Italia ini biasa disajikan saat Natal dan Tahun Baru. Kue yang berasal dari daerah Verona tersebut tinggi dan jika dilihat di atas bentuknya seperti bintang segidelapan. Bagian luarnya biasanya dilapisi gula halus beraroma vanilla supaya mirip puncak salju di Pegunungan Alpen saat Natal.

 

Panettone

panettone

Panettone adalah sebongkah roti manis yang berasal dari Milan yang populer di komunitas Italia. Bentuknya mirip cupcake besar, seperti silinder namun bagian atasnya membentuk sedikit kubah. Roti ini mengandung manisan kulit jeruk dan kismis.

 

Dasar adonannya asam seperti roti sourdough. Proses proofing (pengaktifan ragi) membutuhkan waktu berhari-hari sehingga tekstur akhirnya empuk dan lembut khas. Setelah jadi, panettone dipotong dan dinikmati bersama secangkir minuman panas atau wine manis.

 

Potica

potica

Dari Slovenia, ada pastry gulung isi kacang yang disebut potica. Kue ini dibuat dengan adonan tipis mengandung ragi yang biasanya diberi isi walnut. Sebelum disajikan, potica diiris-iris dulu sehingga terlihat penampang gulungannya. Selain dinikmati saat Natal, potica juga sering dihidangkan waktu Paskah.

 

Stollen

stollen

Orang Jerman punya kue khas Natal yang disebut stollen. Roti yang mengandung buah kering ini mirip cake. Bentuknya melebar tak beraturan dan memanjang, berlumur gula halus, dan disajikan dengan diiris-iris. Stollen tradisional memiliki berat mencapai dua kilogram, namun banyak pula yang berukuran lebih kecil.

 

Kandungannya terdiri dari manisan kulit jeruk, kismis, almond, serta rempah. Buah kering biasanya direndam dalam rum atau brandy dulu agar lebih enak. Di luar buah kering, adonan stollen termasuk rendah gula. Setelah roti selesai dipanggang, stollen diolesi mentega leleh lalu digulingkan di gula halus, sehingga rotinya menjadi lembap.

 

Tunis Cake

tunis cake

Tunis cake adalah salah satu kue yang biasa dinikmati saat Natal di Inggris Raya. Dasarnya adalah madeira cake, yakni sponge cake tradisional Inggris yang memiliki tekstur kokoh tapi ringan. Untuk tunis cake, bagian atasnya diberi lapisan cokelat tebal, lalu diberi hiasan marzipan bentuk buah atau bentuk lainnya.

 

Yule Log

yule log

Ciri khas yule log atau bûche de Noël adalah bentuknya yang mirip batang kayu. Dasarnya adalah sponge cake yang digulung dan diberi buttercream cokelat di luarnya. Gula halus kadang ditaburkan di atasnya agar menyerupai salju. Supaya lebih mirip batang kayu, hiasan seperti berry, jamur, atau dedaunan ditambahkan di atas kue.

 

Yule log biasa dinikmati saat Natal di negara-negara seperti Belgia, Prancis, Swiss, Quebec, dan beberapa negara jajahan Prancis.

 

Ada kue Natal yang pernah kamu coba, Berrykitcheners?

 

Foto: https://blog.harryanddavid.com

 

Kata Kunci: Kue Khas Natal dari Berbagai Negara
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup