facebook

Kudapan Khas Ramadhan

Rabu, 31 May 2017 - 11:10:59 WIB
Diposting oleh : Berry
Kudapan Khas Ramadhan

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Kudapan Khas Ramadhan

Hai Berrykitcheners! Hingga tahun 2016, sebanyak 85 persen penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Diwariskan sejak dulu, puasa pun telah mengakar dalam budaya Indonesia. Melebur dengan budaya setempat, Ramadhan pun menghasilkan beberapa olahan makanan khas puasa tanah air. Apa saja hidangan yang hanya eksis di bulan Ramadhan? Simak yuk!

 

1. Kolang kaling

dewqq

 

Putih bening, kenyal dan memberi sensasi tersendiri ketika dikunyah. Yap! Kolang kaling. Sulit dijumpai di hari biasa, saat Ramadahan kolang kaling praktis jadi makanan eksis. Makanan yang berasal dari biji pohon aren ini pun sering diolah dengan berbagai macam bahan seperti air kelapa, minuman ringan, hingga kolak.

 

2. Timun suri

eww

 

Berrykitcheners tentu nggak asing dengan buah yang satu ini. Selama bulan Ramadhan, pedagang buah ini berseliweran di berbagai ruas jalan. Walau menggunakan nama timun, buah ini tidak memiliki kerabat dengan mentimun sayur. Lalu mengapa buah ini hanya muncul di bulan puasa? Timun suri tumbuh tanpa mengenal musim, namun permintaannya melonjak hanya saat bulan Ramadhan, sehingga asumsi pun muncul, membuat petani memutuskan untuk menanamnya bila menjelang lebaran.

 

3. Kurma

deww

 

Buah kecil manis ini menjadi sunah Rasulullah SAW sebagai teman berbuka puasa. Sejumlah penelitan pun membuktikan kurma sebagai buah kaya gizi yang dapat membunuh bakteri, mencegah sembelit, menurunkan kolesterol, hingga dapat merangsang enzim pencernaan dalam perut.  Tak heran permintaannya pun meningkat tajam saat bulan Ramadhan tiba. Walau tidak memiliki wilayah geografis seperti negara-negara Timur Tengah, Indonesia ternyata juga menghasilkan kurma lho. Namun pasokannya sendiri tidak pernah mencukupi kebutuhan kurma di bulan Ramadhan. Sebab itu, pemerintah selalu meningkatkan impor kurma dari negara-negara Timur Tengah di bulan puasa. Kenaikannya bahkan mencapai empat kali lipat dibanding bulan lainnya!

 

4. Takjil

dwdq

 

Mengalami banyak pergeseran makna, kini takjil dikenal sebagai istilah untuk menggolongkan makanan kecil untuk berbuka puasa. Kebanyakan takjil memiliki rasa manis yang lezat di lidah. Indonesia sendiri memiliki beberapa takjil favorit ala nusantara seperti kolak, biji salak, hingga sop buah yang manis dan menyegarkan. Tingginya permintaan takjil di bulan puasa membuat banyak pedagang takjil menjajakan dagangannya di berbagai ruas jalan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih takjil, karena tak jarang dibuat menggunakan biang gula atau pemanis lainnya yang tidak bersahabat dengan tenggorokanmu. Tenang, nggak perlu bimbang membeli takjil. Pastikan takjilmu hanya dibuat dengan gula aren pilihan, gula pasir murni, dan tanpa biang gula di Berrykitchen. Nikmati berbuka puasa dengan takjil manis dan bersahabat di tenggorokanmu.

 

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang patut untuk disyukuri dan dinikmati. Sejumlah makanan di atas pun kerap kamu dambakan di bulan suci ini. Manjakan lidahmu dengan sajian di atas serta perbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup agar kesehatanmu selalu terjaga. Nantikan postingan selanjutnya ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Kudapan Khas Ramadhan
Bagikan ke teman Kamu