facebook

Kisah Di Balik Valentine

Selasa, 14 February 2017 - 17:33:37 WIB
Diposting oleh : Berry
Kisah Di Balik Valentine

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Kisah Di Balik Valentine

Hai Berrykitcheners! Gimana valentine kamu tahun ini? Selain hari kasih sayang, Valentine juga kerap diduga sebagai hari raya yang diciptakan untuk mendongkrak penjualan cokelat, bunga dan beberapa “barang manis” lainnya. Eits, jangan berpikir buruk dulu. Valentine ternyata memiliki sejarah yang romantis namun mengharukan. Apa itu valentine dan bagaimana ia bisa dirayakan? Berikut kisahnya!

Bila ditelisik dari namanya, Gereja Katholik mengakui ada tiga orang suci atau yang biasa dikenal dengan santo yang bernama Valentine atau Valentinus, dan ketiganya merupakan martir. Martir sendiri memiliki makna orang yang memberi kesaksian atau orang yang rela berkorban hingga mati demi kepercayaannya.

And guess what? Ketiganya hidup pada masa 200 masehi dan wafat dengan mengharukan.

 

uhoiho

 

Salah satu kisah menuturkan, dulu Kaisar  Romawi Claudius II melarang tentara mudanya menikah agar tak mudah terganggu atau jadi melankolis di medan perang. Namun uskup Valentine melanggar peraturan itu dengan menikahkan salah satu pasangan secara diam-diam. Ia dijatuhi eksekusi mati ketika penguasa saat itu mengetahui pernikahan rahasia tersebut.

Kisah pun berlanjut, saat di penjara, uskup asal Genoa itu jatuh cinta dengan putri orang yang memenjarakannya. Sebelum dieksekusi secara sadis, ia pun menulis surat untuk sang kekasih yang ditutup dengan kata ‘Dari Valentine-mu’.

 

knikini

 

Valentine ke-2 dalam kisah selanjutnya ialah seorang pemuka agama di zaman Kekaisara Romawi yang membantu orang-orang beragama Kristen yang dianiaya pada masa Claudius II. Ia pun dipenjara lalu dieksekusi mati.

Namun saat dipenjara, Valentine mengembalikan penglihatan seorang gadis buta yang kemudian jatuh cinta padanya. Kisah tersebut pun berakhir dengan mengharukan ketika Valentine dieksekusi penggal pada tanggal 14 Februari.

 

loe

 

Valentine yang ke-3 merupakan seorang imam saleh dari Terni yang disiksa selama pemetintahan Claudius II dan dieksekusi pada tanggal 14 Februari. Jadi kedua Valentine tersebut dieksekusi di hari yang sama? Tentu tidak. Valentine ke -3 dieksekusi pada tahun yang berbeda dari Valentine asal Genoa.

Keterkaitan Valentine dan perayaan hari kasih sayang pun tak lantas tercipta. Butuh waktu dan sejarah perjalanan yang panjang dalam menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari Valentine. Senantiasa dirayakan pada tanggal yang sama setiap tahunnya, valentine kerap jadi momen menyatakan kasih sayang bagi dua insan maupun bagi para sahabat terkasih. Tentunya kamu juga setuju bukan? Happy valentine day, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Kisah Di Balik Valentine
Bagikan ke teman Kamu