facebook

Kamu Kidal atau Kinan? Coba Kuis Ini!

Kamis, 09 August 2018 - 01:41:55 WIB
Diposting oleh : Berry
Kamu Kidal atau Kinan? Coba Kuis Ini!

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Kamu Kidal atau Kinan? Coba Kuis Ini!

Setelah dewasa, biasanya kita sudah tahu bahwa kita cenderung menggunakan anggota tubuh kanan (kinan) atau kiri (kidal). Namun, kadang ada beberapa hal yang tidak kita sadari dan sebenarnya menunjukkan kalau kita cross-dominant (menggunakan satu tangan untuk kegiatan tertentu dan tangan lain untuk aktivitas berbeda) atau bahkan ambidextrous (terampil menggunakan kedua tangan untuk berbagai aktivitas).

 

Coba tes berikut ini dan lihat hasilnya. Pilih tangan yang dominan saat menjawab. Kalau kamu menjawab ‘bisa keduanya’, berarti sehari-hari kamu terampil dan sering menggunakan kedua tangan untuk aktivitas berikut ini:

 

1. Menurutmu, kamu kidal atau kinan?

a. Kidal

b. Kinan

c. Bisa menggunakan tangan kanan dan kiri sama baiknya

 

Dengan tangan apa kamu…

 

2. menulis?

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

3. menggunting?

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

4. memegang tongkat baseball dengan satu tangan?

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

5. makan pakai sendok?

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

6. memegang sikat gigi?

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

7. menyisir rambut?

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

8. Saat pakai teleskop, kamu menggunakan mata sebelah…

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

9. Saat menelepon, kamu biasanya menggunakan telinga sebelah…

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

10. Saat menendang bola, kamu menggunakan kaki sebelah...

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

11. Coba bersedekap (melipat kedua tangan di atas perut). Lengan mana yang ada di atas?

a. Kiri

b. Kanan

 

12. Saat bertepuk tangan, tangan mana yang ada di atas?

a. Kiri

b. Kanan

 

12. Bawa kedua tangan ke belakang punggung. Lalu, satu tangan memegang pergelangan tangan lainnya. Tangan mana yang memegang?

a. Kiri

b.Kanan

 

13. Kamu melempar bola dengan tangan mana?

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

14. Tangan mana yang kamu gunakan untuk membuka-buka halaman buku?

a. Kiri

b. Kanan

c. Bisa keduanya

 

Jika jawabanmu…

 

Lebih banyak A: Kidal

Kamu termasuk 10% orang di dunia ini yang lebih pandai menggunakan tangan kiri saat beraktivitas. Sayangnya, karena populasi dunia didominasi oleh orang kinan, kamu seringkali dipandang negatif, tidak sopan, dan terpaksa menyesuaikan diri dengan berbagai alat dan aturan yang diciptakan untuk orang kinan.

 

Meski demikian, orang kidal biasanya cerdas, kreatif, dan memiliki keuntungan saat menjadi atlet olahraga satu lawan satu, lho. Yuk, cintai dirimu apa adanya karena kamu unik!

 

Lebih banyak B: Kinan

Seperti sebagian besar (70-95%) orang di dunia ini, kamu biasa menggunakan tangan kanan untuk melakukan berbagai kegiatan. Hampir semua hal di dunia ini diciptakan mengikuti cara kerja orang kinan, jadi bersyukurlah karena hidupmu jadi lebih mudah.

 

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko sebagian penyakit seperti kanker payudara dan penyakit jantung lebih tinggi pada orang kidal. Namun, jangan terlena. Tetap jaga kesehatan, ya.

 

Jawaban A dan B hampir seimbang: Cross-dominant

Dikenal juga dengan istilah mixed-handedness, hand confusion, atau mixed dominance, cross-dominance berarti lebih suka menggunakan anggota tubuh kanan untuk mengerjakan tugas tertentu dan menggunakan anggota badan kiri untuk melakukan pekerjaan lain. Misalnya, saat makan kacang, kamu biasa menggunakan tangan kanan, tapi saat menendang bola kamu lebih sering menggunakan kaki kiri.

 

Orang cross-dominant memiliki performa lebih baik di olahraga yang memerlukan pergerakan aktif dan kemampuan merespon di kedua sisi, seperti basket, hoki es, dan hoki lapangan. Beberapa tokoh dalam sejarah yang dikenal cross-dominant adalah Nikola Tesla, Michaelangelo, Beethoven, dan Gandhi. Prevalensi cross-dominant hanya 1% di dunia.

 

Banyak jawaban C: Ambidextrous

Kamu bisa menggunakan kedua tangan dengan sama baiknya saat mengerjakan aktivitas apapun. Orang yang ambidextrous alami sangat langka. Biasanya, orang ambidextrous terlahir kidal namun belajar menggunakan kedua tangan saat beraktivitas, salah satunya untuk beradaptasi di dunia yang didominasi kinan. Orang kinan juga bisa belajar menggunakan tangan kirinya karena tangan kanannya terluka.

 

Ambidexterity bermanfaat untuk aktivitas yang memerlukan keterampilan dua tangan seperti mengetik, juggling, bermain musik, membedah, dan bela diri.

 

Kamu dapat hasil yang mana, Berrykitcheners?

 

Sumber: lefthandersday.com dengan beberapa penyesuaian

Foto: http://sarahfulcher.com

 

Kata Kunci: Kamu Kidal atau Kinan? Coba Kuis Ini!
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup