facebook

Jelajahi Idul Adha Dunia

Rabu, 30 August 2017 - 16:11:55 WIB
Diposting oleh : Berry
Jelajahi Idul Adha Dunia

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Jelajahi Idul Adha Dunia

Hai Berrykitcheners! Sebagai salah satu agama besar, hari raya agama Islam pun turut dirayakan di berbagai belahan dunia. Idul Adha salah satunya. Sesuai dengan hadits dalam Islam, Idul Adha diperingati dengan shalat Ied dan penyembelihan hewan kurban. Walau pada intinya menyembelih kurban, beberapa negara pun memiliki tradisi tersendiri dalam memeringati hari raya yang satu ini. Simak keseruannya yuk!

 

1. China

dwe

 

Berpikir China berseberangan dengan agama Islam? Well, kamu wajib tahu tradisi yang satu ini. Walau bukan kaum mayoritas, Idul Adha ternyata dirayakan umat Islam China dengan meriah. Meski diperingati selama 4 hari, di tanah air, Idul Adha ramai diperingati saat H-1 hingga saat hari H, maka di China Idul Adha diperingati seusai dengan sebagai mana mestinya, yaitu selama empat hari. Saat Idul Adha, masyarakat Nianxing, China melakukan shalat Ied di masjid. Uniknya, hanya kaum pria saja yang melaksanakan shalat Ied di masjid. Sementara para wanita dilarang untuk shalat Ied di masjid. Setelah itu, perayaan berlanjut dengan membaca ayat Al-Quran, menyanyikan kasidah dan nasyid keagamaan. Warga muslim Nianxing pun juga merayakan Idul Adha dengan bertukar bingkisan, hadiah, dan makanan. Pasar dadakan yang diadakan dalam perayaan pun kian menambah meriah Idul Adha di China.

 

2. Pakistan

fwef

 

Sebagai salah satu negara muslim, Pakistan dikenal sangat menjujung tinggi setiap hari raya Islam. Idul Adha jadi salah satunya. Demi berlangsungnya perayaan Idul Adha dengan khidmat, pemerintah Pakistan akan memberikan libur selama 4 hari pada warganya. Walau sama-sama menyembelih hewan kurban, Pakistan memiliki tradisi uniknya tersendiri. Sebelum disembelih, umat Muslim Pakisan akan memandikan hewan kurban untuk menjaga kebersihannya. Lalu hewan kurban akan dihiasi dengan kalung bunga dan aneka hiasan plastik. Hal ini merupakan bentuk simbolis dari penghargaan masyarakat Pakistan terhadap pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim.

 

3. Arab Saudi

23e2

 

Jika di China saja perayaan Idul Adha berlangsung meriah, terlebih bila Idul Adha dirayakan di salah satu negara pusat peradaban Islam, Arab Saudi. Idul Adha dirayakan sebagai salah satu hari raya besar di Arab. Pemeritah Kerajaan Arab Saudi pun disibukkan dengan pemotongan hewan kurban. Tak tanggung, hewan yang dikurbankan pun akan didistribusikan ke negara-negara Islam miskin yang terletak di kawasan Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tengah. Sebelum didistribusikan, jutaan daging hewan kurban tersebut dibekukan dan dikirim menggunakan kapal dan pesawat, agar distribusinya merata dan tepat sasaran.

 

4. Amerika Serikat

cecq

 

Walau bukan hari libur nasional, umat muslim di Ameika biasanya akan mengambil cuti atau izin saat Idul Adha tiba. Ibadah di masjid dilakukan sejak pagi hari, baru kemudian para umat akan berbagi makanan dan mengadakan acara makanan bersama. Jika berkunjung ke negara adidaya tersebut saat Idul Adha, kamu tidak akan menemukan hewan kurban yang disembelih di jalan atau di halaman masjid. Proses penyembelihan hewan kurban di Amerika dilakukan di tempat-tempat pemotongan hewan.

 

Terbukti, tidak hanya Indonesia yang merayakan Idul Adha secara meriah bukan? Perayaan Idul Adha sendiri merupakan salah satu bentuk cerminan budaya masing-masing negara. Tidak hanya sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama, Idul Adha juga sebaiknya diresapi dalam bentuk penguatan iman terhadap Allah SWT.

Kata Kunci: Jelajahi Idul Adha Dunia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup