facebook

Jakarta dan Landmarknya

Senin, 16 January 2017 - 15:32:03 WIB
Diposting oleh : Berry
Jakarta dan Landmarknya

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Jakarta dan Landmarknya

Hai Berrykitcheners! Momen pilkada DKI Jakarta 2017 sedikit banyak menumbuhkan kesadaran bagi kita untuk membuat Jakarta lebih baik. Apa yang pertama muncul di benakmu ketika kata Jakarta disebutkan? Macet atau panas? Wah, jangan sampai hanya itu yang kamu ingat dari Jakarta dong. Yuk lihat ulasan landmark ibu kota yang bikin Jakarta jadi Jakarta banget!

 

1. Monas

ijoi

 

Nah, monumen satu ini yang wajib masuk di benakmu kalau menyebut kota Jakarta. Setelah pusat pemeritahan kembali ke Jakarta, saat itu Soekarno mulai memikirkan pembangunan sebuah monumen nasional yang setara dengan menara Eiffel di Paris. Pembangunan monumen ini bertujuan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia di masa revolusi kemerdekaan tahun 1945. Sayembara perancangan pun dimulai pada tahun 1955 dan 1960, dan dimenangi oleh arsitek Frederich Silaban. Setelah melalui proses panjang, barulah monas dibangun pada 17 Agustus 1961 dengan berbagai unsur yang menggambarkan Indonesia di dalamnya.

 

2. Senayan

oihoih

 

Di samping menjadi pusat perkantoran, Jakarta juga menjadi pusat pemerintahan. Salah satunya, Senayan. Selain terdapat universitas dan banyak pusat perbelanjaan, di Senayan juga terdapat pusat olah raga kenamaan Indonesia, Gelora Bung Karno serta gedung DPR/MPR RI. Kebayang dong tentunya betapa sibuk dan menariknya belahan kota Jakarta yang satu ini. Psst! Ternyata terdapat beberapa cerita mengenai asal usul nama Senayan, salah satunya ialah Senayan yang berasal dari nama Wangsanaya yang berarti tanah milik seseorang yang bernama Wangsanaya. Wangsanaya sendiri diyakini berasal dari Bali.

 

3. Kota Tua

wqdq

 

Buat kamu yang berdomisili di Jakarta pasti sudah tidak asing dengan daerah wisata kota Jakarta yang satu ini. Memiliki nama lain Batavia Lama atau Out Batavia, Kota Tua dibangun di atas area seluas kurang lebih 1,3 kilometer. Di atasnya terdapat museum Fatahilah yang dulu merupakan Balai Kota Batavia VOC yang dibangun pada tahun 1707 – 1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan Van Hoorn.

 

4. Pasar Tanah Abang

unik

 

Pasar Tanah Abang dibangun oleh Yustinus Vinck pada 30 Agustus 1735. Vinck mendirikan Pasar Tanah Abang atas izin dari Gubernur Jendral Abraham Patramini. Saat itu, izin yang diberikan untuk Pasar Tanah Abang berupa pasar yang menjual barang kelontong dan tekstil yang hanya dibuka setiap hari sabtu. Oleh karena itu, dahulu pasar ini juga dikenal dengan sebutan Pasar Sabtu. Tak jauh dari pasar ini, terdapat stasiun Tanah Abang yang merupakan salah satu stasiun transit di Jakarta.

 

 

Setelah berabad lamanya berdiri, Jakarta kini kian dipadati oleh hiruk pikuk penduduk dan segala aktivitasnya. Nggak heran, kalau ibu kota kini menjadi macet. Daripada menggambarkan Jakarta dengan kata macet, yuk mulai mendeskripsikan Jakarta dengan landmark di atas!

Kata Kunci: Jakarta dan Landmarknya
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup