facebook

Jajanan 90an

Jumat, 15 December 2017 - 10:25:23 WIB
Diposting oleh : Berry
Jajanan 90an

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Jajanan 90an

Hai Berrykitcheners! Ngomongin masa kecil memang nggak ada habisnya. Mulai dari mainan-mainan jadul, hingga boy band kesayangan dengan video klip mereka yang terlihat lucu bila ditonton saat ini. Selain mainan dan boy band masa sekolah kita juga diisi dengan uang jajan yang habis untuk dibelikan aneka jajanan lezat yang “langka” keberadaannya saat ini. Apa saja jajanan masa kecil kamu dulu di tahun 90an? Berikut daftarnya!

 

1. Ciki

uyuih

 

Nggak Cuma anak zaman sekarang saja, dari kecil kita juga suka sama jajanan yang satu ini. Hadir dalam aneka merk dan pilihan rasa, sejak dulu ciki rutin kita nikmati di sela jam istirahat. Selain renyah dan gurih, beberapa ciki juga menawarkan sejumlah hadiah menarik di dalam kemasannya, seperti kartu, hingga tazos yang jadi bahan kolesi kita waktu itu. Nggak hanya dikoleksi, tazos juga bisa disusun ke dalam aneka bentuk dan dimainkan. Tazos pun jadi komoditas pertukaran anak SD saat itu. Termasuk kita.

 

2. Permen

uhiu

 

Selain jajanan gurih kita juga suka banget dengan jajanan manis alias permen. Aneka merek permen pun hadir mengisi hari kita dari SD hingga SMA. Masih ingat akting ala sinetron yang pernah kita lakukan dengan permen mint Davos yang berbentuk seperti pil tablet berwarna putih? Iya, akting sakit dan menelan obat. Nggak cuma itu, kita juga bisa bebas “merokok” dengan permen rokok. Aneka permen hadir dengan berbagai konsep seperti Dreamy permen bantal, permen kaki, permen Jagoan Neon, Menta permen cinta, Yuppy, hingga permen pop yang meletup di mulut ketika kita menyantapnya.

 

3. Permen karet

dwefw

 

Dengan banyaknya jenis permen biasa dan permen karet, kedua jajanan ini nggak bisa digabungkan begitu saja. Nggak hanya rasa manisnya yang pas, permen karet juga memiliki keunggulan yang nggak dimiliki jenis permen lain. Iya, kamu bisa bikin balon dari permen karet atau bunyi-bunyian dari permen ini. Permen karet juga sering jadi pilihan kita ketika sedang bosan. Masih ingat permen karet apa saja yang kamu makan dulu? Mulai dari permen karet Yosan berhadiah tato, Big Babol yang punya teka teki di kemasannya, Chicklets, permen karet warna warni warungan, Lotte, hingga Double Mint yang buat kita berasa keren bila mengunyahnya.

 

4. Cokelat

hgv

 

Siapa yang nggak suka cokelat? Cokelat merupakan makanan yang masih masuk daftar makanan favorit kita hingga saat ini. Sedari kecil, cokelat memang sudah jadi primadona bagi kita dan teman-teman. Nggak seketat persaingan merek-merek permen dan permen karet, cokelat yang bisa kita jangkau dengan uang jajan kita dulu hanya sedikit. Siapa yang doyan ngemilin cokelat payung atau cokelat koin? Bentuknya yang lucu bahkan bisa kita mainkan. Bayar ini itu pas main rumah-rumahan sama teman? Pakai cokelat koin juga bisa.

 

5. Mie kremes

jhbu

 

Yes! Kriuk-kriuk bertabur bumbu yang paling bikin kita kangen dengan masa sekolah. Apa lagi kalau bukan mie kremes? Sama dengan ciki, jajanan ini juga hadir dalam berbagai merek dan rasa. Untuk menyantapnya, kamu harus meremas mie terlebih dahulu, taburkan bumbu, tutup kembali kemasan dengan genggaman tanganmu, lalu kocok hingga mie teraduk rata dengan bumbu. Mie kremes juga jadi jajanan langganan yang biasa kamu santap bersama teman. Siapa yang dulu pernah menyalahkan teman karena ngocoknya nggak rata?

 

6. Es

hgv

 

Jauh dari es krim yang terpampang di gerai-gerai pusat perbelanjaan, dahulu es warungan, abang-abang atau kantin sudah bisa memberikan kebahagiaan sendiri buat kita. Mulai dari es tongtong, es serut, es mambo yang biasa dibuat sendiri oleh ibu warung langganan, hingga es kul kul berupa buah berlapis cokelat beku. Walau sering dimarahi karena pilek dan batuk, nggak satu pun dari kita kapok untuk jajan kudapan dingin yang satu ini. Masih ingat Es Mony yang bikin kita ngerasa gaul bila menyantapnya?

 

Keenam makanan diatas memang punya segudang memori yang bikin kita kangen dengan masa kecil. Sejumlah jajanan hadir membawa keceriaan sendiri. Dengan bentuknya yang unik dan lucu, jajanan pun sering kita manfaatkan untuk melakukan beberapa kekonyolan seperti akting hingga menyembunyikan permen rokok di tas teman. Dari keenam makanan di atas, mana yang paling kamu rindukan?

 

Kata Kunci: Jajanan 90an
Bagikan ke teman Kamu