facebook

It's All About Michelin Star

Kamis, 24 August 2017 - 19:31:43 WIB
Diposting oleh : Berry
It

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > It's All About Michelin Star

Hai Berrykitcheners! Doyan kulineran? Apa makanan favoritmu? Selain sederet panjang daftar makanan terenak, restoran dengan menu terlezat dan hal lainnya yang pasti bikin kamu ngiler, ternyata ada gelar “resmi” yang dianggap prestisius dan dikejar oleh banyak restoran dunia. Apa gelar tersebut? Kamu wajib tahu!

Tidak hanya enak untuk disantap, kuliner juga kerap menjadi topik yang “enak” untuk dibahas. Pembicaraan kuliner apa yang biasa kamu bahas? Kuliner dan café hype yang instagramable? Nggak hanya sekadar hype, ternyata ada predikat yang dikejar oleh restoran dunia lho, Michelin Star.

Michelin Star merupakan gelar prestisius untuk restoran yang diakui secara internasional. Hmm.. Mirip nama salah satu produsen ban ya? Well, you’re right. Gelar ini dimulai dari perusahaan produsen ban bernama Michelin yang merilis Michlein Guide, buku panduan perjalanan yang dibuat khusus untuk para pelanggannya.

dwdq

 

Terbit sejak sekitar tahun 1900-an, Michelin Guide awalnya secara tidak sengaja memuat daftar restoran terbaik dan termahal hingga chef terbaik dunia. Selain restoran, daftar hotel, pom benson, bengkel, dan tentu toko ban Michelin yang bisa dikunjungi saat pelanggan mereka melintasi rute tertentu.

Penentuan ini restoran terbaik ini nggak sembarangan lho. Untuk memasukan restoran dalam guide book mereka, Michelin membentuk tim khusus yang dikenal dengan sebutan inspektor bagi para anggotanya.  Inspektor tersebut juga anonim lho, sehingga tidak ada restoran yang tahu saat mereka datang.

Inspektor yang datang akan memeriksa restoran dan membuat memo yang kemudian akan dibahas bersama inspektor lain untuk menentukan restoran mana yang akan diberi penghargaan. Michelin Star pun terdiri atas peringkat bintang satu hingga bintang tiga yang berarti restoran terbaik.

qwq

 

Walau begitu, restoran yang mendapat bintang satu bukan berarti buruk. Sebaliknya, Michelin Star merupakan penghargaan yang sangat sulit didapat, bahkan hanya untuk masuk peringkat bintang satu yang hanya ada satu dari 10.000 restoran.

Inspektor Michelin pun menilai berbagai aspek restoran seperti kulitas makanan, teknik memasak, konsep restoran, dan pelayanan yang diberikan oleh restoran tersebut. Namun mereka tidak menilai interior dan tabble setting. Setiap bintang yang diberikan pun memiliki arti tersendiri.

Restoran dengan bintang satu merupakan restoran yang bagus untuk disinggahi bila kamu sedang berasa di kawasan tersebut. Restoran ini pun termasuk sebagai restoran yang sangat baik di kelasnya dan menyajikan hidangan dengan standar tinggi.

sdq

 

Sementara restoran dengan predikat bintang dua pun memiliki arti sebagai restoran yang worth it untuk dikunjungi walau kamu harus menempuh jarak atau rute perjalanan yang lebih jauh dari biasanya untuk datang ke restoran ini. Oleh para inspektor, restoran ini pun dianggap menyajikan hidangan berkualitas outstanding dan perlu keahlian dalam menyuguhkannya.

Restoran yang menyandang gelar bintang tiga merupakan restoran yang sangat istimewa. Restoran ini pun dianggap sangat worth it bila kamu merencakan perjalanan khusus hanya untuk menyambangi restoran ini. Sebab, menu yang disajikan di restoran ini sangat baik dan sempurna, dan biasa menggunakan bahan-bahan terbaik di dunia untuk membuatnya.

Dari sederet penilaian dan tingkat kesulitan untuk mendapatkan Michelin Star, tidak heran bila gelar ini menjadi salah satu bentuk prestasi yang prestisius bagi sebuah restoran sekaligus Chef di balik dapurnya. Tertarik menjajal kuliner restoran Michelin Star? Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: It's All About Michelin Star
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup