facebook

Imlek Megah 5 Negara

Selasa, 24 January 2017 - 15:56:11 WIB
Diposting oleh : Berry
Imlek Megah 5 Negara

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Imlek Megah 5 Negara

Hai Berrykitcheners! Berasal dari Tiongkok, Imlek merupakan sistem penanggalan yang menggabungkan bulan dan musim. Tiongkok sendiri merupakan bangsa agraris, sehingga masyarakatnya pun memiliki keyakinan bahwa tahun baru harus jatuh pada musim semi, saat panen tiba. Musim semi pun dipandang sebagai momen keberuntungan. Tidak hanya dirayakan di negara asalnya, Imlek pun kini dirayakan di berbagai balahan dunia. Negara mana saja yang merayakan Imlek dengan megah? Berikut ulasannya.

 

1.Tiongkok

weqwe

 

Yap! Sebagai negara asal kebudayaan Tionghoa, Tiongkok senantiasa menempati urutan nomor satu dalam merayakan Imlek. Jika pada umumnya orang Indonesia melakukan tradisi pulang kampung saat Lebaran tiba, maka di Tiongkok tradisi tersebut dilakukan saat perayaan Imlek. Perayaan Imlek di Tiongkok dapat terlihat di berbagai sudut, terlebih di Beijing dan Harbin. Di Beijing, perayaan dilakukan dari mulai bersifat agamis hingga pesta pora. Salah satu kuil favorit untuk dikunjungi di Beijing ketika Imlek ialah Dongyue yang merayakan Dongyue Temple Fair. Sementara Harbin sendiri dikenal sebagai wilayah bersalju terindah di Tiongkok. Tak heran, Harbin kerap dijadikan sebagai tempat winter festival. Menyambut Imlek, lampion-lampion merah dinyalakan hingga berpadu dengan dinginnya salju putih yang membukit. Dalam winter festival kamu juga bisa menemukan wahana permainan salju dan pahatan-pahatan es raksasa. Merayakan Imlek di sini, kamu akan mendapat sensasi yang berbeda!

 

2. Singapura

ewewqq

 

Negara tetangga Indonesia ini juga turut merayakan Imlek dengan meriah. Setiap tahun tercatat ada kurang lebih 2  juta turis Indonesia yang berkunjung ke Singapur. Berhubung jatah liburan Imlek yang singkat di Indonesia, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Beijing. Cukup ke Singapur, dan kamu akan mendapatkan kemeriahan luar biasa di sana. Sungai Hongbao, Marina Bay salah satunya. Di sungai ini biasa diadakan parade perahu lampion dan kembang api. Tak hanya sampai di sana, kemeriahan pun menghambur hingga di jalanan. Ada  tarian barongsai, liong, samba, sulap hingga acrobat yang siap menghiburmu. Kamu juga bisa pergi ke kuil-kuil yang terletak di Chinatown untuk merayakan Imlek dengan lebih khusyuk.

 

3. Hongkong

dde

 

Satu lagi perayaan Imlek termegah dari Asia, Hongkong. Perayaan Imlek di Hongkong sendiri bersifat seru, ceria, dan menghibur. Kamu bisa berkunjung ke Victoria Harbor yang biasa akan menyuguhkan serangkaian pertunjukkan kembang apiyang akan memanjakan matamu. Nggak hanya di sana, kemeriahan Imlek juga terasa di jalanan Tsim Sha Tsuji yang mengadakan berbagai tarian dan parade kostum. Bahkan uniknya, Hongkong memiliki arena pacuan kuda yang menyelenggarakan lomba khusus Imlek!

 

4. Amerika Serikat

uh

 

Jika kamu pikir hanya negara Asia yang merayakan Imlek, maka berbeda kali ini. Bukan, Amerika Serikat tidak merayakannya secara masal seperti beberapa negara Asia lain. Perayaan Imlek dirayakan di San Fransisco, Amerika Serikat. Sejak tahun 1860, keturunan Tionghoa di sana memadukan kebiasaan mereka dengan tradisi Amerika. Serangkaian acara pun digelar saat perayaan Imek, diantaranya pawai Golden Dragon hingga pemilihan Miss Chinatown, USA. Walau berlibur di benua Amerika, jangan khawatir, kamu masih dapat merasakan suasana Imlek di sana kok.

 

5. Inggris

ew

 

Beranjak dari Benua Amerika, Imlek juga dirayakan dengan meriah di salah satu dataran di benua Eropa. Tepatnya di ibu kota Inggris, London, Imlek dirayakan secara meriah di sini. Meski populasi keturunan Tionghoa di London hanya sekitar 130 ribu orang atau 1,5 persen dari jumlah penduduknya, London senantiasa mengadakan perayaan Imlek dengan meriah. Ada tiga tempat yang wajib kamu datangi untuk merayakannya, Trafalgar Square, Shaftesbury Avenue, dan tentunya Chinatown. Trafalgar akan menggelar panggung besar serta atraksi barongsai. Sementara Shaftesbury akan mengadakan parade jalanan yang diisi dengan tari-tarian dan lampion di sepanjang jalan. Chinatown sendiri sudah pasti senantiasa siap mengisi perut laparmu dengan kuliner khas negeri Tirai Bambu yang terkenal dengan kelezatannya. Keunikan perayaan Imlek di London sendiri terlihat dari ornament parade ala Tiongkok yang kontras dengan gedung-gedung bergaya Eropa.

 

 

Wah, seru sekali ya, Berrykitcheners! Liburan hari raya memang terasa menyenangkan jika diisi dengan berkunjung ke negara-negara yang merayakan hari raya tersebut. Menyimak ulasan di atas, negara mana yang kamu pilih untuk menjadi target destinasi perayaan Imlekmu selanjutnya?

 

Kata Kunci: Imlek Megah 5 Negara
Bagikan ke teman Kamu