facebook

Ide Olahan Mangga Lezat

Kamis, 06 September 2018 - 05:47:43 WIB
Diposting oleh : Berry
Ide Olahan Mangga Lezat

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Ide Olahan Mangga Lezat

Saat musim mangga, pemilik pohon mangga biasanya kewalahan mendapat mangga dalam jumlah banyak sekaligus. Diberikan ke mana-mana sudah, dimakan begitu saja bosan. Hmm… Enaknya mangga diolah jadi apa, ya?

Buah berdaging kuning ini sebenarnya enak disantap segar. Tapi kalau harus menghabiskan banyak mangga dalam waktu relatif singkat agar tidak busuk dan terbuang percuma, sulit juga.

 

Berrykitchen sudah merangkum beberapa ide olahan untuk mangga yang terlalu matang, mangga yang pas matangnya, dan mangga muda. Jadi, mangga berlebih yang kamu punya tak terbuang sia-sia!

 

Mangga Terlalu Matang

es krim mangga

 

Mangga yang terlalu matang biasanya memiliki tekstur lembek dan berair serta aroma yang lebih menyengat karena menjelang busuk. Namun, rasa manisnya lebih kuat dibanding mangga segar. Karena itu, mangga yang terlalu matang cocok diolah dengan cara dilumatkan lalu dimasak. Jangan gunakan gula terlalu banyak karena rasa mangga sudah manis.

 

Ini ide olahan untuk mangga yang terlalu masak:

  • Puding mangga. Blender buah mangga yang sudah dipotong-potong bersama susu, lalu rebus bersama agar-agar atau jeli bubuk rasa mangga atau plain. Tambahkan sedikit gula bila perlu dan sedikit garam untuk menyeimbangkan rasa manisnya. Sajikan begitu saja atau dengan vla susu atau mangga.
  • Selai mangga. Bahan utamanya hanya buah mangga yang sudah diblender dengan air dan gula secukupnya. Kedua bahan tersebut dimasak dengan api kecil sampai mengental. Kamu bisa menambahkan perasa seperti vanili, kayumanis, atau air lemon atau jeruk nipis jika suka. Kalau ingin teksturnya lebih kental, kamu bisa mencampurkan sedikit agar-agar bubuk atau maizena yang sudah diencerkan dengan sedikit air.
  • Es mangga, bisa berupa es krim, sorbet, maupun es loli. Es loli yang menggunakan stik paling mudah dibuat. Kamu tinggal memblender potongan buah mangga dengan air dan gula hingga menjadi jus, lalu masukkan ke cetakan es loli dan bekukan. Sorbet juga berawal dari jus mangga yang dibekukan, namun kemudian diblender lagi dan dibekukan lagi sampai 2-3 kali agar teksturnya halus. Kamu bisa menambahkan air lemon atau jeruk nipis agar rasanya segar. Nah, kalau sorbet tidak menggunakan susu, es krim lebih creamy karena dibuat dari mangga, whipped cream, susu kental manis, dan gula. Semuanya segar!

 

Mangga Masak (Manis)

mango sticky rice

 

Mangga yang pas matangnya sebenarnya enak disantap begitu saja. Tapi, kalau kamu sudah bosan, kamu bisa menggunakan buah mangga yang dipotong dadu untuk dijadikan topping.

 

Berikut contoh olahan mangga matang:

  • Es teh mangga. Ini simpel banget tapi bisa bikin es teh manis yang biasa kamu minum jadi lebih menyegarkan. Yup, tinggal tambahkan potongan buah mangga ke segelas es teh manis!
  • Mango sticky rice. Kudapan asal Thailand ini membutuhkan potongan mangga segar untuk disajikan di sebelah nasi ketan yang disiram santan. Gurih dan manis jadi satu!
  • Jus mangga. Tapi bukan jus mangga biasa, lho. Kamu bisa bikin versi yang lebih fancy dengan menambahkan whipped cream dan potongan buah mangga di atasnya, ala jus mangga Thailand. Atau, blender mangga beku dan pisang beku, lalu tuangkan ke mangkuk dan beri topping aneka buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jadi, deh, smoothie bowl mangga!

 

Mangga Muda (Asam)

sambal pencit

 

Rasa asam dari mangga muda makin mantap dipadukan dengan rasa pedas. Tekstur mangga muda yang renyah menambah sensasi saat menyantapnya.

 

Mangga muda cocok diolah jadi apa saja, ya?

  • Rujak. Buat sambal rujak dengan menghaluskan kacang tanah goreng, gula merah, cabai rawit, asam Jawa, dan garam. Kamu bisa menumbuk mangga dan mencampurnya dengan sambal rujak sehingga jadi rujak bebek, menyerut mangga agar jadi rujak serut atau rujak gobet, atau cukup memotong-motongnya dan mencocolkannya ke sambal rujak menjadi rujak manis.
  • Asinan. Cocok untuk kamu yang ingin makanan asam manis agak pedas dan dinikmati dingin. Setelah dipotong-potong, mangga dicampur dengan kuah yang terbuat dari air, gula, garam, asam/cuka/air jeruk nipis, dan irisan cabai rawit. Simpan di kulkas dan nikmati setelah dingin.
  • Sambal pencit. Sambal asam pedas ini cocok dinikmati bersama bebek goreng atau ikan bakar. Serut mangga, lalu aduk rata dengan campuran cabai rawit, terasi, gula, dan garam yang sudah diulek bersama. Walau merasa kepedasan, kamu seakan tak bisa berhenti mencoleknya!

 

Sudah tahu mau bikin apa? Yuk, segera eksekusi!

 

Foto: https://www.whiskaffair.com

 

Kata Kunci: Ide Olahan Mangga Lezat
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup