facebook

Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa

Selasa, 30 May 2017 - 17:27:47 WIB
Diposting oleh : Berry
Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa

Berrykitchen.com > Tips > Lifestyle > Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa

Hai Berrykitcheners! Apa kabar puasamu hari ini? Semoga lancar dan penuh berkah ya. Jelang siang hingga sore hari, kamu mungkin mulai lemas atau sulit berkonsentrasi. Untuk itu, kamu bisa menenangkan pikiranmu sejenak dengan mendengarkan musik favorit dan membaca artikel menarik seputar puasa. Salah satunya apa yang terjadi pada tubuhmu saat menjalankan puasa. Berikut ulasannya!

 

1. Makan manis

zswqwq

 

Buat kamu yang berpuasa tentu sudah taka sing lagi dengan yang makanan manis saat berbuka puasa. Nggak cuma manis, kamu pun lebih menyukai makanan berminyakseperti gorengan. Kenapa sih tubuhmu cenderung menginginkan hidangan manis dan berminyak ketika berpuasa? Pakar nutrisi dan gizi Emilia E. Achmadi menuturkan, saat tubuh tidak mengonsumsi makanan dan cairan seharian maka gula darah turun. Hal itu memicu hormon manusia untuk mencari makanan yang tinggi gula dan minyak.

 

2. Tubuh beristirahat

xdw

 

Selama kurang lebih 12 jam berpuasa dalam sehari, kamu tidak mengonsumsi makanan dan minuman sehingga sistem pencernaanmu dapat beristirahat. Ini menjadi kunci utama mengapa puasa bisa menyehatkan tubuhmu. Tidak hanya sistem pencernaan, organ hatimu juga beristirahat lho. Ketika mengonsumsi makanan, tubuh akan bekerja keras untuk mengeluarkan enzim percernaan untuk mencerna dan menyalurkannya keseluruh tubuh. Lantaran tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, saat puasa, energi akan dialihkan dari sistem pencernaan. Energi yang ada pun digunakan untuk hal lain, sehingga menyebabkan sistem imunmu jadi lebih kuat.

 

3. Kekeringan

xsa

 

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat pasokan air sebanyak hari biasa. Hal ini tentu dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Bibir kering dan pecah, kulit kering dan terlihat keriput, hingga masalah yang paling sering dihadapi ketika puasa, bau mulut. Berkurangnya air liur dapat memicu bakteri berkembang di lidah dan gigi penyebab bau mulut. Cadangan lemak dalam tubuh pun melepas bahan kimia keton yang didorong seiring keluarnya nafas.

 

4. Beberapa keluhan tubuh

saas

 

Walau menyehatkan, puasa mengubah pola dan jadwal makan, minum, serta tidurmu. Tak heran bila tubuhmu mengalami beberapa keluhan dalam beradaptasi. Keluhan yang kerap dirasakan di antaranya, pusing, cepat lelah dan mengantuk, asam lambung yang naik terutama ketika berbuka puasa. Pusing dapat dialami bila tekanan darahmu rendah atau kadar gula rendah. Sementara asam lambung yang naik ketika berbuka dapat dipicu oleh makanan asam dan pedas yang dikonsumsi ketika berbuka puasa. Cepat lelah dan mengantuk pun terjadi karena kamu harus beradaptasi dengan menyisihkan waktu tidurmu untuk sahur. Psst..! Kamu bisa menyingkirkan cekungan kantung mata dan membuat matamu lebih segar dengan mengompres matamu selama 15 menit .

 

Beberapa hari mengawali puasa, tentu tubuhmu harus beradaptasi. Untuk menghindari beberapa keluhan, kamu bisa mencukupi kebutuhan nutrisimu dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat. Minum 8 gelas air dalam sehari pun sangat membantu tubuhmu lho. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa
Bagikan ke teman Kamu